Korupsi Pegawai yang Merugikan Bisnis, Begini Cara Menanganinya

Saya memiliki banyak kenalan pegawai dan diantara mereka banyak pula yang sering melakukan hal tidak terpuji di tempat kerja. Dari pengakuannya, para pegawai ini sering melakukan tindak korupsi dan merugikan atasannya.


Salah satu cerita yang sangat khas datang dari bisnis jasa transportasi, saya mendapat cerita ini dari para sopir dan kernetnya yang melakukan tindakan korupsi. Hal paling sering yang dilakukan adalah dengan korupsi uang solar dimana jika mereka membeli bahan bakar 100 ribu maka mereka meminta nota hingga 200 ribu.

Cerita lama yang masih ada hingga sekarang, pihak perusahaan juga susah membuktikan kecurangan pegawainya karena ada bukti berupa nota pembelian meski sebenarnya mereka melakukan tindakan curang itu dengan kongkalikong bersama pihak lain.

Berbahagialah anda jika punya pegawai yang jujur dan dapat dipercaya, namun untuk anda yang tidak mau ambil resiko kerugian karena pegawai yang curang, ada baiknya anda memperbaiki sistem bisnis anda.

Minimalkan pengeluaran demi menambah pendapatan dari bisnis anda!

Terdengar mudah namun sulit untuk diterapkan jika anda tidak melakukannya dengan sistem bisnis yang baik.

Tak ada salahnya anda memperhatikan jumah pengeluaran dari bisnis anda, misalnya dari listrik, sewa, makanan, transportasi, iuran, dan lain sebagainya. Jika anda cermati, pasti ada angka yang tidak sesuai jika memang terjadi masalah dalam pengeluaran bisnis anda.

Biasanya para pegawai sering melakukan kecurangan karena merasa gajinya kurang, selain itu mereka juga sengaja mencari keuntungan pribadi dengan memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan.

Bayangkan jika seorang pegawai melakukan korupsi hingga 100 ribu sedangkan ada 100 orang yang melakukan korupsi di tempat anda, tentu saja anda harus kehilangan 10 juta yang seharusnya bisa masuk ke dalam keuntungan bisnis.

Untuk menghindari korupsi dalam bisnis anda yang dilakukan oknum pegawai, ada baiknya sejak awal anda memberikan pengarahan kepada para pegawai agar bekerja dengan jujur dan sesuai dengan tugasnya. Berikan pula jatah mereka untuk melakukan saran atau kritik agar anda mengetahui masalah mereka.

Jika anda punya sistem yang aman dan hubungan baik dengan pegawai, anda bisa meminimalisir kasus korupsi yang dilakukan pegawai anda. Itu bisa dilakukan dengan perlahan karena jika terlalu frontal bisa membuat mereka kabur.

Wirausahakan Updated at: 9:41 PM

0 komentar:

Post a Comment