Analisa Bisnis Layanan Jasa Aqiqah yang Sesuai dengan Syar'i Menguntungkan

Aqiqah merupakan kewajiban pengurbanan hewan dalam syariat Islam sebagai rasa syukur kepada Allah SWT atas kelahiran bayi dari pasangan yang berbahagia. Biasanya dilakukan pada hari ke-7 setelah kelahiran sang bayi, untuk laki-laki 2 ekor kambing dan untuk perempuan 1 ekor kambing.


Masalahnya di jaman modern ini banyak orang yang punya uang namun tak punya waktu dan kemampuan untuk menyiapkan akikah. Mulai dari membeli kambing, menyembelihnya, memasaknya, menghidangkannya dengan berbagai acara keagamaan memang membutuhkan banyak waktu dan biaya.

Untuk itulah kenapa banyak sekali jasa aqiqah yang ada di Indonesia, khususnya kota-kota besar yang tenggang rasa antar tetangganya semakin kurang.

Bisnis jasa akikah ini merupakan bisnis yang cukup menggiurkan dan banyak dijalankan oleh para pengusaha loh, kalau tidak percaya silakan anda mengetikkan kata kunci "jasa aqiqah" di google dan lihatlah betapa banyaknya iklan yang menawarkan jasa akikah ini di mesin pencari tersebut.

Jika anda ingin memulai bisnis ini, hal yang perlu anda persiapkan diantaranya adalah :
  • Kambing yang akan dijual (usahakan harganya murah dan sesuai syariat Islam untuk akikah)
  • Pegawai yang siap untuk menyembelih kambing, memasak, menyiapkan makanan, dll
  • Promosi yang dilakukan terus menerus dengan menggunakan media modern jaman now
  • Sistem bisnis yang profesional agar anda bisa menawarkan bisnis yang dipercaya konsumen
Bisa dibilang untuk memulai bisnis ini memang membutuhkan modal yang cukup besar, harga kambing saat ini berada di kisaran Rp 1-3 jutaan. Jika anda menerima 10 orderan, maka paling tidak anda harus menyiapkan dana hingga 40 jutaan lebih.

Keuntungan dalam bisnis kuliner biasanya sekitar 50%, artinya jika anda menjual kambing seharga 1 jutaan, anda bisa menawarkan harga jasa akikah sekitar 2 jutaan mengingat anda harus mempersiapkan juru masak, perlengkapan untuk nasi box, dan berbagai keperluan lainnya.

Jika orderan sepi, anda juga masih bisa mengolah kambing itu untuk dijadikan menu kuliner untuk dijual, misalnya saja sate, sop kambing, semur, tongseng, gulai, dan lain sebagainya yang mungkin bisa jadi bisnis tambahan untuk anda ke depannya.

Anda berminat untuk memulai bisnis jasa aqiqah ini? Tunggu apa lagi!

Wirausahakan Updated at: 12:54 AM

0 komentar:

Post a Comment