5 Bisnis Online yang Paling Banyak Dijalankan di Indonesia

Bisnis online merupakan trend terbaru dalam dunia bisnis di sekitaran tahun 90an hingga sekarang karena mudahnya mengakses internet dengan dukungan komputer dan smartphone yang semakin banyak. Bisnis online sudah menjadi pilihan yang paling bagus di masa sekarang karena jaman terus berubah dan bisnis offline sudah mulai ditinggalkan.


Saya tidak akan mengajari bagaimana menjalankan bisnis online satu per satu karena jenisnya ada banyak sekali dan saya juga bukan orang yang bisa menjalankan atau bahkan tahu segalanya. Namun saya akan mencoba memberikan pilihan untuk anda yang ingin menjalankan bisnis online namun masih bingung.

Berikut ini adalah 5 bisnis online yang paling banyak dijalankan di Indonesia :

1. Jual-beli produk online
Menjual produk dan membeli produk sudah jarang dilakukan di dunia nyata sehingga banyak pengusaha yang merasakan imbasnya dimana omset mereka semakin menurun. Banyaknya toko online dan marketplace di Indonesia memaksa banyak penjual dan pembeli melakukan transaksi melalui dunia maya.

2. Blogger
Bukan hal yang aneh lagi jika saat ini ada banyak blogger sukses dari Indonesia yang bisa mendapatkan uang hingga puluhan bahkan ratusan juta setiap bulannya. Dengan modal website yang mereka buat, uang bisa mengalir ke rekening bank mereka dengan kerja yang cukup unik.

3. Jual-beli jasa
Apa saja jasa di dunia maya yang dijual? Ada banyak sekali jenisnya. Setau saya, ada jasa penulis, jasa SEO, jasa edit template, jasa perbaikan data, dan lain sebagainya yang dilakukan oleh mereka yang punya keahlian khusus.

4.Broker
Yang paling terkenal tentunya broker forex, namun sebenarnya ada banyak sekali jenis broker di dunia maya dan meski tak begitu dikenal publik, mereka bisa mendapatkan banyak sekali uang dari pekerjaannya itu.

5. Orang jahat
Jenis pekerjaan yang satu ini sebenarnya ilegal dan tidak baik untuk dijalankan, sayangnya ada banyak sekali orang yang menjalankan bisnis gelap ini. Mulai dari perjudian, p*rno, tukang tipu, pencurian, hacker, dan lain sebagainya yang intinya merugikan orang lain.

Setelah melihat 5 besar jenis bisnis online yang dijalankan di dunia maya, kira-kira bisnis ada saja yang sudah pernah anda coba? Atau anda baru saja memulai salah satunya? Saya sarankan anda mencoba melakukan jual-beli online terlebih dahulu saja.

Wirausahakan Updated at: 8:58 PM

0 komentar:

Post a Comment