10 Desain Mata Uang Paling Unik Di Dunia, Salah Satunya Rupiah!

Mata uang yang ada di setiap negara berbeda-beda, namun salah satu mata uang paling dikenal dan populer adalah Dollar. Di Indonesia sendiri kita menggunakan mata uang Rupiah yang nilai tukarnya terus menurun dibandingkan dengan mata uang dari negara lainnya. Di tahun 2017 ini saja mata uang Rupiah terus mengalami penurunan, bayangkan saja USD 1 senilai dengan Rp 13.300.


Nah daripada pusing memikirkan nilai mata uang kita yang tidak stabil, ada baiknya kita kembali ke masa lalu mengetahui beberapa desain mata uang yang terbilang kontroversional. Dilansir dari laman list25, berikut ini adalah 10 desain mata uang paling kontroversional yang pernah ada di dunia ini :

1. Concentration Camp Money
Nazi Jerman membuat desain mata uang di kamp konsentrasi Cecko sebagai propaganda untuk menunjukkan bahwa mereka memperlakukan kaum Yahudi dan tahanan perang lainnya dengan baik, nyatanya itu hanya sebuah kebohongan publik kepada PMI dan dunia.

2. Benin´s 100-Franc Marijuana Coin
Koin dari negara Afrika Barat ini cukup kontroversional karena ada simbol daun ganja dan kalau digosok akan mengeluarkan bau ganja yang khas. Mungkin saja mereka memang menyukainya?!

3. Rp 20.000, 00 Indonesia
Entah kenapa mata uang kita juga dimasukkan dalam daftar ini, konon katanya dalam keadaan krisis moneter yang terjadi dulu, desain uang 20ribuan ini menggambarkan sosok Ki Hadjar Dewantara yang terlihat bingung dan memperlihatkan situasi di negerinya yang sedang kacau, benarkah?

4. Germany´s 50-Pfennig Bill
Mata uang dadakan Jerman ini gambarnya cukup menakutkan, konon dibuat oleh para seniman untuk menunjukkan keadaan di negara yang porak poranda akibat perang yang berkepanjangan di negara tersebut.

5. Zimbabwe´s 100-Trillion-Dollar Bill
Dunia akan mengingat salah satu mata uang yang paling tidak berharga di dunia pada jaman modern ini, yah mata uang Zimbabwe ini dianggap paling tidak berharga karena nilainya sangat-sangat murah dan mereka bahkan mengeluarkan nominal yang sangat tinggi untuk mengimbangi nilai tukarnya dengan Dollar Amerika.

6. Mongolian Talking Coins
Koin Mongolia yang satu ini menampilkan wajah John F Kenndedy dari USA, ada tombol kecil di belakangnya yang jika ditekan maka akan mengeluarkan suara pidato berbunyi "Ich bin ein Berliner".

7. Cook Islands´10-Dollar Bill
Negara di Pasifik ini punya desain mata uang yang sangat aneh, salah satunya adalah uang yang bergambar wanita cantik yang telanjag sedang menaiki hiu. Mungkin ini adalah mata uang paling erotis dan mesum di seluruh dunia.

8. Northern Ireland 5-Pound Bill
Irlandia Utara mengingat mantan pemain MU, George Best dan menggunakan fotonya untuk desain mata uang mereka. Ini merupakan hal yang sangat keren untuk seorang pesepakbola yang wajahnya dipampang dalam mata uang resmi sebuah negara.

9. Uang kertas tertua di dunia
Konon uang kertas tertua berasal dari China di masa Dinasti Tang (618-907 M). Abad ke 17 uang China itu masuk ke daratan Eropa yang konon berasal dari tahun 1380.

10. Philippines´ 100,000-Peso Bill
Uang kertas asal Filipina ini masuk rekor dunia sebagai uang kertas terlebar yang pernah ada, lebarnya 8,5 inchi dan panjangnya 14 inchi.

Wirausahakan Updated at: 11:10 PM

0 komentar:

Post a Comment