Mengintip Bisnis Perabotan Rumah Tangga Kelas Kakap yang Sukses

Kali ini saya ingin membagikan sebuah pengalaman saat berkunjung ke salah satu tempat bisnis yang membuat saya menelan ludah karena merasa cukup kaget dengan isi di dalamnya. Bisnis seperti ini terbilang masih jarang di tempat saya, namun kalau melihat kesuksesannya mungkin banyak yang ingin menjalankannya juga.


Suatu ketika saya ingin membeli karpet untuk dijual, kebetulan agen yang biasa saya ambil sedang kosong dan tidak punya stok. Akhirnya saya mencari agen yang dekat karena memang sedang butuh mumpung pesanan lagi banyak.

Setelah mencari informasi, akhirnya saya mendapatkan alamat penjual karpet yang ternyata ada di desa, tempatnya terpencil di ujung gang dan tidak terlihat dari jalan utama. Saat itu saya pikir "kalau di tempat seperti ini, siapa yang mau beli yah?".

Pertanyaan di dalam kepala semakin banyak setelah saya masuk ke dalamnya, karena saya mendapati sesuatu yang menurut saya luar biasa. Itu bukan toko, tapi lebih tepat disebut gudang penyimpanan karena di dalamnya ada banyak sekali barang khusus rumah tangga seperti sendok, gelas, ember, baju, karpet, dan lain sebaginya. Karyawan di dalamnya juga ada banyak, mereka sibuk mencatat orderan dan saya tidak dilayani karena pada sibuk sendiri (sedih).

Iseng aja masuk ke dalam sambil lihat-lihat dan ternyata nyasar ke dalam rumah pemiliknya yang merupakan seorang bapak-bapak. Melihat saya lagi bingung, si bapak menyuruh saya masuk dan malah diajak ngobrol sembari makan cemilan di dalam.

Di dalam rumah saya nanya-nanya sama si bapak dan beliau memberitahukan sistem bisnis yang cukup unik kepada saya. Jadi ternyata dia tidak punya toko lain, gudang itulah yang jadi tokonya meski tidak dipasarkan dengan baik (menurut saya).


Pemasaran yang dia gunakan adalah dengan jaringan bisnis, dia punya beberapa mobil yang membawa dagangan itu keliling (pernah lihat penjual perabotan rumah tangga keliling kan?). Selain itu, ternyata ada beberapa reseller dan dropshipper yang setia mengambil produk dari tempat itu.

Rahasia kesuksesan bisnis perabotan rumah tangga ini adalah harga grosir yang murah dan stok yang sangat banyak sehingga kalau mau belanja di sini malah bingung sendiri karena banyaknya pilihan yang ada.

Setelah lama berbincang-bincang akhirnya saya mengambil karpet yang ingin saya beli, dikasih harga murah dan kualitasnya bagus. Sepulangnya dari situ, saya malah jadi penasaran dengan bisnis perabotan rumah tangga yang ternyata keuntungannya lumayan besar.

Jadi bongkar rahasia nih, ternyata penjual perabota rumah tangga keliling mendapat keuntugan yang lumayan besar loh gan, setidaknya dia menjual barangnya dengan harga 2x lipat dari harga setorannya :P.

Ini mungkin bisa menjadi salah satu pilihan bisnis yang bisa anda jalankan, terserah mau keliling menjajakan perabotan rumah tangga seperti mang Ocad, mau dijual dengan sistem kredit, mau dijajakan dengan mobil keliling, atau bahkan membuka toko langsung juga bisa.

Wirausahakan Updated at: 10:43 PM

6 komentar:

  1. Boss sya pngen punya usaha jualan prabotan kelil8ng klok mobi'a keredit kira2 sesuai tidak ya sama penghasilan'a. N berapa ya modal awal buat menuhin 1 mobil. Mohon pencerahan-nya boss. Terima kasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetangga saya banyak yang menjual perabotan keliling dengan mobil kredit, sebagian jalan dan sebagian berhenti karena hasil kurang maksimal. strategi pemasaran harus tepat, mencari lokasi yang sesuai dan jangan menyerah.
      Masalah modal tergantung kebutuhan dan banyaknya dagangan, tambah modal tambah lengkap dagangannya.

      Delete
  2. Boleh tahu lokasi grosirannya dan cobtactnya?

    ReplyDelete
  3. aku pengen buka toko perabot rumah tangga tapi belum tahu link suplayer nya

    ReplyDelete
  4. Dimana saya bisa mendptkan suplyer peralatan rumah tangga

    ReplyDelete
  5. Bisa jadi suplayer hubungi no WA 087888580057 Perkenalkan nama saya MUCHLIS . Alamat di Delanggu , Klaten , jawa tengah . Kami menyediakan berbagai alat alat dapur tradisional , plastik dan lain lain .

    Bisa langsung call ... (Wa) 0878 8858 0057

    ReplyDelete