3 Masalah Bisnis yang Sering Membuat Pengusaha Bangkrut dan Menyerah

Biasanya saya menulis artikel untuk para pemula dalam dunia bisnis agar bisa dimanfaatkan sebagai informasi dan inspirasi bagi mereka yang hendak memulai jejaknya dalam dunia usaha. Namun kali ini saya akan memberikan sebuah artikel khusus untuk para pengusaha yang sudah ada di tengah jalan.


Halo bos, bagaimana kabar bisnisnya? Apakah saat ini anda sedang merasakan posisi yang nyaman dalam bisnis anda? Segalanya nampak berjalan lancar dan keuntungan anda masih stabil bahkan terus bertambah di tiap waktunya?!

Semoga anda bisa bertahan lama dengan keadaan yang menyenangkan seperti itu, aamiin.

Namun tahukah kalian bahwa setidaknya ada 3 jenis masalah yang sering menghancurkan bisnis, baik yang masih kecil maupun yang sudah besar sekalipun. Terkadang kita tidak menyangka bahwa ada sebuah bisnis besar yang tiba-tiba saja bangkrut dalam waktu yang sangat singkat.

Masalah apa saja yang saya maksud?

1. Persaingan yang semakin ketat

Jangan senang dulu kalau bisnis anda saat ini maju sendirian tanpa ada pesaing yang berarti, mungkin belum waktunya saja. Ingat betapa besarnya Yahoo! di masa dulu? Bahkan Google saja mau dibeli oleh Yahoo!, namun saat ini Yahoo! ditinggalkan dan malah dijual dengan harga murah.

Alasannya sepele saja! Yahoo tidak siap dalam persaingan bisnis karena mereka terlau bersenang-senang dengan kesuksesannya hingga lupa bahwa pesaing mereka seperti Google sedang bekerja keras dan akhirnya menumbangkan mereka.

Persaingan bisnis adalah hal yang pasti, jika kita tidak siap dengan persaingan maka bersiaplah untuk kalah.

2. Keuntungan yang berkurang

Sebagian teman-teman saya yang menjadi pengusaha mengungkapkan permasalahannya mengenai keuntungan yang terus berkurang di tiap waktu. Bagaimana tidak kurang untunya, harga belinya naik tapi tidak bisa menaikkan harga jual karena persaingan harga yang ketat banget di pasaran.

Kalau saat ini anda mengeluhkan keuntungan yang berkurang, maka segeralah memperbaiki sistem bisnis anda. Entah dengan menemukan produk baru atau merubah sistem pemasaran anda yang kurang bagus demi mendapatka penjualan yang lebih baik lagi.

3. Susah bangkit dari keterpurukan

Sudah kalah saing terus keuntungan berkurang tapi masih terpaku dengan zona nyaman, siap-siap deh bangkrut! Jika tidak segera menyadari keadaan, maka dipastikan anda akan susah bangkit dari keterpurukan yang sedang dialami.

Di awal usaha, kita bisa menjalani bisnis yang susah, keadaan yang mencekik, bahkan harapan yang tidak mungkin saja bisa kita pertahankan. Namun saat sudah sukses dan sampai tujuan, semangat itu biasanya akan hilang dan menyebabkan kita susah bangkit saat menderita kerugian atau bahkan bangkrut.

Bisnis selalu berubah tiap waktunya, bersiaplah jika tetap ingin eksis!

Wirausahakan Updated at: 11:54 PM

0 komentar:

Post a Comment