Pengalaman Jualan Jaring Jok Motor yang Mengesankan

Jaring jok motor merupakan salah satu aksesoris motor yang mulai diproduksi pada kisaran tahun 2010-an oleh para pengusaha kreatif. Alasan dibuatnya jaring jok motor atau yang biasa dikenal dengan cover motor adalah untuk melindungi jok motor, membuat nyaman pengguna, dan tahan ketika panas maupun hujan sehingga membuat kulit jok motor lebih awet.


Saya punya pengalaman pribadi ketika menjual jaring jok motor di kisaran tahun 2012 (kalau tidak salah), dan itu merupakan salah satu pengalaman dagang yang cukup mengesankan.

Ketika itu saya ditawari oleh salah seorang teman yang berada di luar kota untuk menjualkan produk jaring jok motor. Pada awalnya saya sempat menolak karena ragu apakah produk itu akan laku di daerah saya yang masih terbilang pinggiran, namun teman saya meyakinkan bahwa dia akan membantu saya dalam usaha yang satu ini.

Seperti jenis usaha yang lain, pada awalnya saya juga mengalami berbagai masalah seperti :
  • Produk yang belum terlalu dikenal luas, membuat saya harus bekerja keras dalam memperkenalkan produk ini dan fungsinya.
  • Harga produk yang cukup mahal, karena pada saat itu saya menjual produk original sedangkan sudah banyak produk palsu yang lebih murah.
  • Komplain dari pelanggan yang mendapatkan produk yang cepat rusak dan kurang bermanfaat (karena belum tahu manfaatnya).
  • Persaingan dengan pedagang lain yang semakin ketat membuat saya harus berfikir keras untuk memasarkannya.
  • Minat pelanggan yang lama kelamaan semakin menurun membuat saya bingung menjualnya.
Namun semua masalah itu membuat saya semakin tertantang untuk menemukan cara agar bisa mendapatkan solusi dari berbagai permasalah dalam dunia usaha.

Saya memasarkan jaring jok motor melalui berbagai media yang bisa saya lakukan, kalau tidak salah ingat, saat itu saya menjualnya lewat mulut ke mulut, melalui media sosial, blog, selebaran, dan lain sebagainya sebagai tempat promosi saya.

Hasilnya lumayan loh jualan produk yang kurang terlalu terkenal ini, satu produk bisa ambil untung kisaran Rp 20.000, 00 - 40.000, 0. Dan setelah hampir 3 bulan saya jualan produk ini, dalam satu hari saya bisa menjual hingga 5 pcs jaring jok yang artinya saya bisa mendapat keuntungan hingga lebih dari Rp 100.000, 00 dan saya tidak mengeluarkan modal sama sekali karena semua modalnya dari teman saya.

Seperti jenis usaha lainnya, semua memang ada masanya! Setelah beberapa tahun jualan produk ini, akhirnya saya mulai mendapatkan kenyataan bahwa produk jaring jok motor sudah tidak terlalu laku di pasaran dan saya harus mulai melupakannya, meski saya masih menyediakan produk yang satu ini.

Namun dari pengalaman tersebut saya mendapatkan banyak sekali pelajaran dan keuntungan yang tentunya tak akan bisa didapatkan hanya dengan sebuah teori saja. Saya benar-benar melakukan praktek jual-beli dengan modal produk yang sama sekali belum terkenal saat itu, dan perjuangan itu membentuk karakter jiwa dagang saya hingga saat ini.

Wirausahakan Updated at: 12:34 AM

0 komentar:

Post a Comment