Rahasia Sukses Bisnis Kue Rumahan yang Perlu Anda Perhatikan

Bisnis kue rumahan merupakan salah satu jenis usaha yang sangat diinginkan terutama oleh ibu-ibu yang suka memasak dan membuat menu makanan sesuai dengan keinginannya. Banyak sekali orang yang suka memasak, bisa membuat makanan enak, namun tidak bisa membuat hobinya menjadi sebuah bisnis yang menghasilkan.


Perlu diingat bahwa : bisnis adalah sesuatu yang tidak lagi mementingkan selera hobi!

Banyak orang yang punya keahlian memasak, kemudian mencoba membuka usaha kue rumahan, mengeluarkan banyak modal dan akhirnya hanya bertahan 1-2 bulan saja. Ada pula yang punya modal tapi tidak bisa membuat makanan, bisa membuka usaha tapi setelah kokinya pergi, usahanya bangkrut.

Kegagalan adalah hal yang wajar dalam dunia usaha, namun bangkit dari kegagalan adalah jiwa seorang pengusaha!


Untuk memulai bisnis kue rumahan sebenarnya sederhana saja, anda hanya perlu mempersiapkan keahlian, modal, peralatan, perlengkapan, bahan baku, dan lain sebagainya yang memang dibutuhkan untuk memulai bisnis yang menguntungkan ini.

Namun dibalik itu semua, tentunya ada rahasia sukses dari masing-masing pengusaha yang jarang diketahui oleh para pengusaha muda yang baru saja memulai usahanya tersebut.

Saya pernah melihat sebuah pabrik pembuatan kue kering, lokasinya ada di dalam gang kecil, tertutup dari lingkungan, tidak membuka cabang di tempat lain, namun entah kenapa saya malah penasaran untuk masuk ke dalamnya.

Setelah saya masuk ke dalamnya, saya bisa melihat beberapa pegawai yang sedang mengangkut kue kering ke mobil untuk dikirim ke toko dan kota lainnnya. Saya masuk ke dalam dan dilayani oleh salah satu pegawai, dia menunjukkan sebuah ruangan yang menyediakan berbagai jenis kue olahan di tempat itu, saya mencobanya satu per satu, jujur rasanya biasa saja namun yang membuat saya penasaran adalah sistem bisnisnya.

Setelah kepo dan berubah menjadi wartawan, saya menanyakan banyak hal kepada pegawai tersebut. Katanya, pabrik itu sudah lama berdiri dan jaringan bisnisnya sudah cukup luas di hampir ratusan kota di Indonesia. Selain itu, pabrik ini tidak membuka cabang untuk tetap menjaga keaslian produknya, dan masalah lingkungan sekitar, mereka memang tidak terlalu terbuka namun masih menerima pesanan dari tetangganya meski sedikit.

Dari beberapa informasi yang saya dapatkan selama ini, ternyata ada rahasia dan tips sukses yang bisa anda jalankan untuk bisnis kue rumahan ini, berikut adalah rahasianya :

1. Tidak perlu enak, yang penting banyak
Seperti yang saya alami tadi, kue kering yang saya coba tidak terlalu enak dan biasa-biasa saja, namun mereka bisa sukses. Ternyata rahasianya adalah karena mereka punya kuanititas dalam produksinya, mereka tidak takut rugi kalau kue yang dibuat tidak segera laku.

Masalahnya, pengusaha muda yang baru memulai bisnisnya kadang hanya punya modal sedikit dengan harapan yang tinggi. Mereka terlalu fokus dengan keuntungan dan omsetnya, namun melupakan jaringan bisnis yang sedang dibangunnya.

2. Pemasaran adalah ujung tombak sebuah usaha
Mau bisnis apa saja, asalkan promosinya keren, pemasarannya kuat, saya pikir lebih baik ketimbang menjual produk bagus dengan pemasaran yang loyo.


Untuk pemasaran kue kering atau basah ini, tidak wajib ada di pinggir jalan namun lebih baik punya lapak di pinggir jalan untuk memasarkannya secara langsung. Setidaknya ada pegawai yang rajin menawarkan produk ke berbagai toko, mini market, super market, dan tempat lainnya.

Tujuan pemasaran ini bukanlah untuk langsung menjual kepada konsumen, tapi mendapatkan jaringan bisnis yang mau menerima kue produksi anda.

3. Kenalkan merk di setiap produknya
Saya pernah melihat sebuah produk makanan yang enak, namun tidak ada merk dagangnya, dan hal itu membuat saya bertanya-tanya. Padahal kalau saja ada merk dagangnya, dicari di internet ketemu, dan ada kontak yang jelas, bukankah lebih menarik untuk kita yang ingin bekerja sama dengannya?

4. Perluas jaringan bisnis
Promosikan kue rumahan anda dengan mudah, entah melalui sales yang memasarkannya, brosur, spanduk, dan media offline lainnya. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan media online yang sangat hebat efeknya di era digital saat ini.

5. Konsisten
Baru buka 3 bulan, usaha sepi, langsung tutup, kan gak banget! Kalau seperti ini, usaha apapun yang dijalankan, akan sulit untuk berkembang dan sukses karena anda terlalu konsisten dengan omset dan keuntungan.

Usaha itu seperti sebuah pohon, dia akan tumbuh dengan perlahan, bercabang, akarnya kuat menjalar ke dalam, daunnya rindang, dan setelah siap, maka dia akan berbuah dengan sendirinya. Usaha yang instant bukan pilihan yang baik jika anda ingin sebuah bisnis jangka panjang.

Wirausahakan Updated at: 1:34 AM

0 komentar:

Post a Comment