Modal Usaha Dari Pinjaman Bank, Apakah Efektif?

Pinjaman atau kredit dari bank merupakan salah satu sumber modal usaha yang sepertinya paling banyak digunakan oleh pengusaha untuk menjalankan bisnisnya. Dari pengalaman saya dengan beberapa pengusaha, mereka nekad hutang ke bank dengan nominal tertentu, uang itu digunakan untuk menjalankan bisnisnya, dengan harapan keuntungannya bisa digunakan untuk membayar cicilan bank tiap bulannya.


Sayangnya hampir 50% dari pengusaha tersebut akan mengalami kesulitan ketika usahanya mengalami kemunduran dan dia masih tetap harus membayar tanggungan di bank setiap bulannya. Beberapa malah ada yang nekad kabur demi menghindari kejaran petugas bank.

Apakah modal usaha yang bersumber dari pinjaman bank efektif untuk memulai atau mengembangkan bisnis?

Jawabannya tidak ada yang pasti karena sebagian besar akan menjawab "iya" dengan pengalaman suksesnya sendiri, dan sebagian lainnya akan menjawab "tidak" setelah mereka mengalami masa sulit dengan bisnisnya dan masih terus dikejar kewajiban melunasi hutangnya ditambah bunga pinjaman.

Sekedar ucapan saja, kalau anda memang ingin meminjam uang ke bank sebagai modal usaha, pastikan anda sudah punya rencana jangka panjang ke depannya. Beberapa hal yang harus anda pikirkan diantaranya adalah :
  • Apakah sudah siap dengan perjuangan bisnis yang hasilnya minim? (pasalnya sebagian keuntungan dipakai untuk setoran bank)
  • Sudah siapkah jika di tengah usaha ada masalah dan bisnis harus gulung tikar?
  • Bagaimana anda melunasi hutang bank jika bisnis tidak berjalan semestinya?
  • Ketika target jangka pendek tidak sesuai, bagaimana strategi dadakan yang anda ambil?
  • Sadarkah bahwa uang yang anda pakai bukan milik anda?
Dan berbagai pertanyaan lainnya yang harusnya anda sendiri mengetahuinya (saya tidak membahas dari segi agama karena akan menjadi pro dan kontra).

Manusia selalu menghadapi pertempuran antara nafsu dan akal di saat mengambil keputusan, nafsu akan memaksa anda mengambil keputusan cepat dan akal akan memaksa anda untuk terus memikirkan resiko yang ada. Keduanya memang dibutuhkan, namun saya sarankan anda lebih mengutamakan akal sehat anda sendiri.

Efektif atau tidaknya modal yang berasal dari pinjaman bank tentu tidak bisa dijawab pasti oleh orang yang berbeda. Jadi jika anda sudah mantap ingin meminjam uang ke bank untuk memulai atau mengembangkan usaha, maka pastikan anda sudah punya rencana yang matang ke depannya.

Namun bagi anda yang masih ragu-ragu, alangkah baiknya anda mencari pinjaman dari sumber yang lainnya dulu, kalau anda punya niat dan berusaha, niscaya Allah SWT akan menunjukkan jalan terbaik-Nya pada anda.

Wirausahakan Updated at: 12:38 AM

0 komentar:

Post a Comment