10 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Usaha Waralaba

Waralaba adalah salah satu jawaban tepat bagi anda yang tidak ingin memulai bisnis dari 0, karena dengan membeli hak waralaba maka anda tinggal melanjutkan bisnis yang sudah berjalan tersebut. Sistem franchise memang sudah dikenal sejak lama, namun bisnis tetaplah bisnis, dan di dalamnya ada rahasia yang tidak diketahui semua orang.


Ada banyak jenis waralaba yang populer di Indonesia, salah satunya adalah waralaba mini market yang memiliki syarat cukup banyak.
Waralaba atau franchise bisa menguntungkan dan bisa juga membuat rugi pembelinya (namun jarang untuk pemiliknya atau franchisor). Jika dilihat-lihat, sistem bisnis waralaba sebenarnya mirip seperti sistem bisnis MLM atau MMM namun berbeda. Jika para pembeli waralaba (frachisee) sukses dengan bisnisnya, maka sang pemilik produk atau jasa itu juga pasti akan sukses, namun jika pembeli waralaba gagal bukan tidak mungkin pemiliknya tetap mendapat untung.

Beberapa hal yang wajib anda perhatikan sebelum membeli waralaba atau franchise diantaranya adalah :

1. Pilih jenis waralaba yang sesuai dengan pasion anda
Jika anda hobi memasak namun anda mmbeli waralaba pakaian, apakah tidak terjadi pertempuran hati di dalam diri anda?

2. Jangan memilih waralaba hanya karena sedang trend
Salah satu kesalahan pembeli franchise yang pernah ada di Indonesia adalah waralaba minuman (tidak saya sebutkan namanya). Mereka membeli hak franchise dengan cukup mahal, namun ternyata tidak tenar lagi sedangkan banyak pesaing dadakan yang menjual produknya dengan harga lebih murah.

3. Pelajari sistem waralaba yang hendak anda pilih
Perhatikan sistem bisnis mereka, cabangnya, fasilitas yang diberikan, modalnya, dan berapa royalti yang anda dapatkan darinya. Jangan sampai anda hanya membuat pemilik produk atau jasa itu semakin kaya, namun anda sengsara karena tak dapat untung.

4. Anda sudah punya modal dan tempat yang tepat
Modal yang dibutuhkan untuk membeli hak franchise tidak sedikit, belum lagi anda harus menyiapkan tempat dan biaya lainnya untuk memulai bisnis ini. Jadi, siapkan semua itu sebelum anda memilih jenis yang tepat, jangan sampai menyesal di belakang.

5. Perhatikan perkembangan waralaba tersebut
Apakah semakin sukses, tetap di tempat, atau malah semakin hancur dan akan bangkrut? Semua itu harus anda ketahui sebelum memutuskan bekerja sama dengan waralaba tersebut.

6. Bagaimana mereka mempromosikan bisnisnya
Apakah mereka memiliki jaringan promosi yang baik dan terus menerus? Misalnya saja MCd atau KFC yang tetap melakukan promosi iklan meski sudah terkenal di seluruh dunia.

7. Bagaimana sistem bisnis yang mereka jalankan
Apakah mereka mementingkan ketersediaan produk dan jasa yang mereka punya? Atau mereka malah sering kehabisan stok? Perhatikan hal ini jika anda hendak membeli hak dari mereka.

8. Respon pelanggan terhadap produk atau jasa mereka
Bagaimana pelanggan menilai produk atau jasa mereka, apakah pelanggan menyukai dan ingin membelinya lagi, atau mereka kapok setelah membeli satu kali saja. Ini akan menentukan masa depan bisnis ini. Setidaknya anda bisa melakukan riset kecil-kecilan dulu.

9. Anda tetap perlu bekerja keras jika ingin sukses
Banyak yang berfikir jika membeli waralaba maka tinggal melihat bisnisnya bekerja sendiri dan anda tinggal menikmati hasilnya, namun kenyataannya? Anda masih tetap harus bekerja keras.

10. Waralaba tidak menjamin anda sukses
Sekali lagi saya tegaskan bahwa waralaba apapun tidak menjamin kesuksesan anda, meski waralaba itu sudah sangat besar dan populer sekalipun.

Wirausahakan Updated at: 1:10 AM

0 komentar:

Post a Comment