Ketika Karyawan Anda Meminta Gaji yang Terlalu Tinggi

Karyawan atau pegawai di tempat bisnis anda mungkin tidak berfikir tentang bagaimana pusingnya anda dalam menjalankan bisnis, yang mereka pikirkan adalah bagaimana rasa lelas yang mereka rasakan dan betapa besarnya harapan mereka dengan upah yang tinggi. Terkadang semua itu tidak bertemu antara anda sebagai bos dan karyawan anda, hal ini yang menyebabkan karyawan malas dan anda naik pitam.


Sebenarnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi besar kecilnya salary karyawan yang bekerja di tempat usaha anda atau di tempat lain sekalipun. Namun terkadang karyawan tidak mempedulikan hal itu, mereka sering merasa sudah bekerja terlalu keras namun menerima gaji yang terlampau kecil.

Saya pikir semua bos atau pemilik bisnis saat ini mengalami kejadian seperti ini, dimana banyak karyawan yang meminta kenaikan gaji namun kinerja kerja mereka pas-pasan saja.

Sebagai bos, terkadang anda harus berbenturan antara kasihan dengan keamanan. Kasihan dalam hal ini, karena karyawan yang mengiba dan mengutarakan masalah hidupnya, sedangkan anda mengutamakan kemanan bisnis agar tidak goyah hanya karena satu dua karyawan yang rewel.

Jika karyawan rewel meminta kenaikan gaji yang tidak wajar, ada baiknya anda beri penjelasan kepada mereka.

Pertama, beritahukan kepada mereka dimana posisi bisnis anda. Jika anda hanya memiliki bisnis yang masih baru dan masih merangkak, jelaskan kepada mereka bahwa anda hanya bisa menggaji mereka sebesar itu, namun jika mereka enggan menerimanya dengan legowo, ada baiknya anda mempersilahkan mereka lewat.

Kedua, jelaskan kepada pegawai anda seberapa berharganya posisi kerja mereka. Jika mereka adalah admin dan meminta gaji sebesar marketing, maka ada baiknya anda bersiap-siap melengserkan mereka. Posisi admin memang penting, namun marketing adalah ujung tombak usaha, itulah kenapa kebanyakan gaji marketing lebih tinggi.

Ketiga, kinerja karyawan anda sudah level berapa? Jika kerja saja masih ogah-ogahan, isinya membantah perintah, suka bolos, dan kerjaan tidak beres, alasan apa yang bisa membuat mereka naik gaji?! Namun jika karyawan rajin dan meningkatkan kinerjanya, anda tentu punya niat untuk menaikkan gajinya bukan?!

Gaji adalah permasalahan di semua sektor bisnis, tidak hanya bisnis kecil seperti kita-kita ini, namun terkadang bisnis besar sekalipun juga mengalami permasalah gaji yang tidak bisa dipecahkan secara sepihak. Ada baiknya anda adakan sebuah pertemuan dengan para karyawan untuk bisa mendapatkan jalan keluar yang bisa diterima semua pihak.

Wirausahakan Updated at: 7:29 PM

0 komentar:

Post a Comment