Ini Resiko 10 Penyakit Karena Terlalu Lama Duduk Di Kursi, Bos

Apakah anda seorang pengusaha yang seperti saya? Sering duduk lama di depan layar komputer, suka minum kopi dan merokok, jarang olahraga, dan hobi begadang? Hati-hati! Saya sendiri agak khawatir dengan gaya hidup saya saat ini, dan Bismillah mari kita sama-sama berubah dan kembali ke pola hidup sehat yang akan membuat kita bahagia.


Ternyata ada banyak sekali bahaya penyakit yang beresiko muncul karena kegiatan kita setiap hari, hal ini sangat berbahaya kalau tidak disadari dari awal. Kita semua sepakat bahwa kesehatan adalah suatu hal yang sangat berharga, jadi meskipun bisnis lancar namun kalau kita sakit, rasanya sia-sia sudah perjuangan kita dalam bisnis ini.

10 penyakit yang bisa timbul akibat terlalu sering duduk di kursi diantaranya adalah :

1. Obesitas
Biasanya orang yang kelebihan berat badan, memiliki waktu duduk yang lebih lama ketimbang orang yang punya postur ideal. Jadi jangan heran kalau banyak bos besar yang punya perut buncit dan badan gemuk, mungkin mereka terlalu lama duduk di kursi empuknya dan lupa olahraga.

2. Menurunnya fungsi otak
Jarang bergerak membuat kita malas, dan rasa malas yang timbul akan membuat kita mengantuk, namun jika anda paksakan untuk tidur akan sulit. Hal tersebut ternyata diakibatkan oleh duduk yang terlalu lama, jadi ada baiknya anda mengimbanginya dengan olahraga rutin setiap harinya.

3. Penyakit Jantung
Duduk terlalu lama akan menyumbat peredaran darah karena asam lemak yang tidak terbakar, hal ini bisa memicu penyakit jantung yang sangat mematikan. Berhati-hatilah bagi anda yang punya riwayat penyakit jantung, budayakan hidup sehat mulai saat ini.

4. Diabetes
Duduk terlalu lama juga ternyata bisa memicu pankreas memproduksi insulin terlalu banyak, hal ini adalah salah satu penyebab penyakit diabetes. Apalagi ditambah dengan minuman manis seperti teh dan kopi, hmm sepertinya saya harus banyak-banyak mengkonsumsi air putih.

5. Resiko kanker
Duduk terlalu lama di kantor menyebabkan organ di dalam tubuh tidak terkendali dengan baik, hal ini sering menyebabkan gejala kanker yang sangat beresiko dengan kematian.

6. Gangguan pencernaan
Saya sering mengalami hal ini, di kala saya banyak duduk dan kurang bergerak, nafsu makan saya berkurang dan kalau dipaksakan untuk makan rasanya eneg dan lambung nyeri. Ternyata hal ini disebabkan oleh proses pencernaan yang terhambat karena terlalu lama duduk manis di kursi.

7. Sakit punggung
Ini juga sering saya alami ketika terlalu banyak duduk dan memandang layar komputer, malam harinya tubuh saya di bagian belakang rasanya nyeri dan sakit, namun ketika saya pergi untuk refreshing tubuh saya enakan kembali.

8. Postur tubuh tidak semestinya
Pernah lihat orang yang bungkuk punggungnya? Duduk terlalu lama ternyata bisa menyebabkan hal seperti itu loh, hal ini terjadi karena kebiasaan yang dilakukan setiap hari dan menyebabkan tulang tumbuh tidak semestinya.

9. Kolesterol
Penyakit yang timbul akibat kelamaan duduk berikutnya, duh ini sudah banyak dibuktikan oleh penelitian dimana kebanyakan orang kota yang bekerja di kantor akan lebih beresiko mengalami kolesterol.

10. Kaki terasa pegal
Ketika kaki anda jarang digunakan, dan lebih banyak duduk, maka tak heran jika suatu ketika kaki anda akan terasa nyeri dan kaku. Lebih baik anda kurangi duduk di kursi dan lakukan jalan-jalan kecil.

Mari lakukan hidup sehat agar kita bisa menikmati hasil dari bisnis kita hingga masa tua kelak. Kesehatan sangat mahal harganya, bahkan banyak orang yang mengeluarkan uang hingga miliaran atau triliunan hanya untuk kesehatannya, namun semua itu sia-sia ketika penyakit sudah parah, waspadalah!

Wirausahakan Updated at: 12:42 AM

0 komentar:

Post a Comment