10 Tips Cerdas Dalam Membeli Mobil Bekas Berkualitas

Mobil bekas merupakan salah satu pilihan yang tepat bagi anda yang punya keinginan membeli mobil namun dengan dana yang pas-pasan. Saat ini banyak sekali mobil bekas yang ada di pasaran, harganya jauh lebih murah ketimbang harga barunya, dan kualitasnya tidak jauh berbeda dengan deretan mobil baru yang ada di showroom atau dealer.


Anda yang sudah lama berbisnis mobil bekas tentunya sudah memiliki cara sendiri dalam memilih jenis mobil yang bagus untuk sekedar dijual kembali, namun bagi para pengguna yang ingin membeli mobil bekas untuk urusan pribadi, ada baiknya anda membaca 10 tips cerdas dalam memilih mobil bekas berikut ini :

1. Periksa bodi mobil
Hal pertama yang biasa dilakukan orang yang akan membeli mobil bekas adalah memeriksa keadaan bodi mobil bagian luarnya, jika bodinya bagus biasanya pemilik sebelumnya bisa merawat dengan baik, namun jika bodinya kurang mulus, mungkin bagian dalamnya masih bagus, karena kita tidak boleh sekedar menilai penampilan luarnya saja.

2. Memeriksa kondisi mesin mobil
Bagi anda yang paham dengan kondisi mesin mobil, bisa memeriksanya sendiri, namun bagi anda yang tidak terlalu paham, ada baiknya mengajak mekanik atau orang yang paham untuk memeriksa keadaan mesin mobil yang hendak anda beli.

3. Cek kelengkapan di dalam mobil
Mulai dari jok, ac, dan kelengkapan lainnya wajib anda periksa terlebih dahulu, Pastikan belum banyak perubahan di dalam mobil yang hendak anda beli ini.

4. Tes drive adalah hal wajib
Entah mobil atau motor bekas sekalipun, anda wajib melakukan test drive jika hendak membelinya agar terhindar dari kekecewaan yang mungkin timbul belakangan setelah anda membeli mobil tersebut.

5. Kelengkapan perkakas mobil
Tool kit merupakan hal yang penting untuk kendaraan, karena suatu ketika anda pasti membutuhkannya entah saat hendak memperbaiki kerusakan ringan maupun sekedar membersihkan mobil di bagian dalamnya. Pastikan peralatan tempurnya lengkap.

6. Jika ada asuransi, cari informasinya
Biasanya mobil yang diasuransikan akan menamba nilai jual, hal in penting demi mempersiapkan hal-hal yang tidak terduga di masa depan. Ada baiknya anda mengingat masalah asuransi ini karena suatu ketika anda bisa membutuhkannya.

7. Periksa kelengkapan surat kendaraan
BPKB dan STNK adalah hal yang wajib ketika anda hendak membeli kendaraan, jangan nekad membeli mobil bodong harga murah karena bisa saja mobil itu adalah hasil kriminal yang akhirnya membuat anda susah sendiri.

8. Anda wajib mengetahui informasi mobil itu
Ada baiknya anda mencari informasi tentang spesifikasi dan harga mobil yang hendak anda beli, karena dengan hal ini bisa mengurangi resiko kemahalan atau bahkan tertipu sekalipun.

9. Tanyakan latar belakang mobil
Anda bisa menanyakan alasan kenapa dijual, berapa umurnya, jarak tempuhnya, kemampuannya, dan lain sebagainya yang perlu anda ketahui agar anda lebih mantap lagi dalam membeli mobil itu.

10. Usahakan menghindari calo
Jika ingin membeli mobil dengan harga murah, belilah kepada pemiliknya langsung. Kalau anda membeli dari tangan kedua, ketiga, atau bahkan keempat, maka sudah ada tambahan harganya dan akan semakin mahal tentunya.

Wirausahakan Updated at: 12:58 AM

0 komentar:

Post a Comment