Panduan Lengkap Membangun Nama Bisnis Di Internet Agar Terkenal

Apa kegunaan nama bisnis? Kenapa harus dikenal orang lain? Bagaimana cara membangun nama bisnis dari 0? Berapa biaya membangun nama bisnis profesional? Dan masih banyak lagi pertanyaan demi pertanyaan yang dulu muncul di kepala saya ketika di awal membuka usaha. Kala itu saya masih benar-benar tidak paham manfaat dari kepopuleran nama bisnis, bahkan saya awalnya sempat salah memberikan nama pada usaha saya, dan namanya sangat lucu serta menggelikan, untungnya sebelum dipublikasikan sudah diganti terlebih dahulu.


Sedikit cerita pengalaman saya, dulu di awal usaha saya merasakan beratnya promosi produk, sekalipun ada yang nanya di online, mereka kurang percaya karena nama bisnis saya yang masih baru dan belum terkenal. Yah, terkadang malah ada yang mengira saya penipu dan toko online abal-abal, saya terima itu karena di awal usaha kala itu memang sedang marak penipuan online. Namun kini seiring perkembangan waktu, nama usaha saya semakin terkenal dan Alhamdulillah responnya positif, hingga pelanggan yang hendak membeli produk saya secara online tidak lagi takut kena tipu, tentu saja itu adalah salah satu efek dari testimoni yang saya berikan selama menjalankan bisnis.

Lalu bagaimana caranya membangun nama bisnis yang mudah agar bisa terkenal? Kali ini saya ingin memberikan panduan lengkap, apa saja yang saya lakukan untuk membangun nama bisnis saya sendiri melalui internet. Kenapa saya memakai media online? Karena saat ini internet adalah sumber informasi terbaik yang dipakai banyak orang.

1. Membangun nama bisnis melalui mesin pencari
Beberapa mesin pencari yang sering digunakan oleh orang Indonesia dalam mencari informasi adalah Google, Yahoo!, Bing, Duck Duck Go, Ask, Wikipedia (bukan search engine), dan lain sebagainya. Untuk bisa berada dalam mesin pencari dan ditemukan oleh pengguna internet, paling tidak kita harus punya sebuah website atau blog, bisa website e-commerce atau toko online, maupun blog personal yang memperkenalkan nama bisnis kita.


2. Membangun nama bisnis melalui sosial media
Ini adalah era sosial media, banyak orang menghabiskan hari-harinya dengan aktif di akun sosmed mereka. Mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, Google Plus, Linkedln, dan lain sebagainya. Ingat salah satu hukum bisnis "dimana ada keramaian disitu ada peluang", meskipun banyak orang hanya ingin bersosial di internet, namun tidak menutup kemungkinan mereka akan tertarik ketika melihat bisnis kita. Saya sudah membuktikan sendiri bagaimana hebatnya efek sosial media dalam mempromosikan bisnis saya.

3. Membangun nama bisnis melalui profil komunitas
Banyak sekali komunitas di internet, salah satu yang paling terkenal ada Kaskus. Silakan anda membuat profil bisnis anda dengan membuat akun dan memberikan informasi tentang bisnis anda. Aktiflah dalam komunitas itu dan perkenalkan diri anda, lambat laun nama bisnis anda akan terus terkenal dan bukan tidak mungkin teman-teman anda di forum akan bekerja sama dengan anda.

4. Memanfaatkan marketplace yang tersedia
Di Indonesia kita mengenal Bukalapak, Tokopedia, Lazada, OLX, Elevania, dan lain sebagainya sebagai toko online terbaik yang ada. Sebenarnya kita bisa mengambil banyak keuntungan dari mereka loh, kita bisa numpang promosi gratis sembari membangun nama bisnis, salah satunya dengan membuat akun dan aktif dalam forum jual beli itu. Ketika kita bisa lancar berjaulan di situ, maka nama bisnis kita akan terus terkenal seiring dengan keaktifan kita.

5. Membuat perlombaan kontes blogger
Ini salah satu cara klasik yang dipakai oleh para blogger guna menaikkan nama website mereka, dan saat ini juga masih banyak yang memakainya. Dengan menggunakan bantuan para blogger, mereka akan membuat artikel tentang bisnis kita, dan tentu saja semakin banyak blogger yang ikut serta dalam kontes itu, maka bisnis kita akan semakin terkenal (namun harus hati-hati). Biasanya dalam kontes sederhana, kita cukup menyiapkan hadiah yang tidak terlalu besar, namun efeknya luar biasa untuk bisnis kita.

6. Membuat sebuah wadah berupa website atau blog di internet
Menurut saya, untuk bisa aktif dalam bisnis online, paling tidak kita punya wadah sendiri yang menampung isi dari toko kita. Mulai dari produk, pengumuman, promosi, informasi, dan lain sebagainya yang nantinya bisa diakses oleh pelanggan di internet. Anda bisa membuat website atau blog, namun manfaat yang dituju bukan hanya untuk mesin pencari saja, melainkan untuk pelanggan.

7. Memanfaatkan aplikasi pencari tempat
Salah satu yang paling terkenal adalah Google Maps, manfaatkan aplikasi ini dengan menaruh alamat bisnis anda agar mudah ditemukan orang lain. Menurut pengalaman saya, tiap bulannya ada puluhan pelanggan yang datang ke tempat saya dengan memanfaatkan petunjuk di Google Maps, yah ini merupakan sebuah hal yang sangat penting.

Sebenarnya masih sangat banyak cara yang bisa dipakai untuk membuat nama bisnis kita terkenal, mungkin anda bisa memakai 7 cara sederhana di atas terlebih dahulu. Jika sudah jalan dan punya nama, selanjutnya anda bisa menambah lagi dengan cara lain yang lebih modern, mungkin dengan memanfaatkan program periklanan seperti Google Adwords maupun FB Ads.

Seberapa penting nama bisnis kita? Silakan anda jawab sendiri dengan pengalaman ketika menjalankan bisnis anda. Bagi saya, nama bisnis sangatlah penting, itulah kenapa banyak terjadi kasus perebutan nama bisnis di dunia ini.

Wirausahakan Updated at: 8:39 PM

0 komentar:

Post a Comment