Obrolan dengan Tukang Becak Tentang Kerasnya Hidup

Saya adalah seorang yang kadang suka mengeluhkan kesulitan hidup, namun entah kenapa ketika saya hendak mengeluh, tiba-tiba saja Allah SWT menghadirkan seseorang yang membuat saya malu. Hal seperti ini sudah sering saya alami dalam hidup, dan lama kelamaan saya belajar bahwa saya tidak boleh mengeluhkan hidup karena nyatanya masih banyak orang yang punya beban kesulitan lebih parah ketimbang saya.

foto : ambillahpelajaran.blogspot.com

Kali ini saya akan membagikan sebuah kisah sederhana ketika ngobrol dengan seorang tukang becak, semoga dengan membaca kisah saya ini, kita semua akan bertambah rasa syukurnya dan mengurangi keluh kesah kita terhadap berbagai masalah hidup yang selama ini kita alami.

Siang itu hujan turun dengan derasnya kala saya ada di dalam toko, hari ini dagangan tidak terlalu laris namun Alhamdulillah masih ada rejeki untuk saya. Terlihat beberapa sepeda motor menepi untuk berteduh di depan toko, dan ada 1 tukang becak yang parkir tepat di depan pintu toko. Hmm, saya tidak berani menyingkirkannya, ah mungkin tukang becak ini terburu-buru sehingga parkir sembarangan, ya sudahlah.

Lalu saya keluar toko dan mengajaknya masuk ke dalam toko, kala itu hujan semakin deras disertai angin sehingga mengenai bapak tukang becak, saya kasihan dia kehujanan di depan toko. Awalnya si bapak tidak mau karena kakinya kotor, namun setelah saya paksa akhirnya dia mau masuk dan istirahat di dalam. Sengaja saya buatkan kopi hangat dan akhirnya kami larut dalam obrolan yang cukup romantis siang itu,

Saya : habis narik becak ya pak?
Tukang becak (TB) : Iya mas, abis bawa penumpang tadi, ini mau pulang malah hujan
Saya : Gak bawa jas hujan apa pak?
TB : Bawa si mas, tapi gak berani kalau hujannya gede kaya gini, dada saya sudah lama sakit
Saya : owh gitu pak, iya mending istirahat dulu sambil ngopi sama saya nih
TB : wah malah jadi ngerepotin nih mas, maaf ya
Saya : gak papa kok pak

Kemudian si bapak mulai ngobrol enak dengan saya, memperkenalkan dirinya dan menanyakan tentang saya, dan kami semakin asik saja ngobrol meski hujan turun dengan derasnya kala itu,

Saya : becaknya gak dimodif aja pak jadi bentor?
TB : penginnya si gitu mas, tapi gak ada dana, lagian saya juga gak bisa naik motor
Saya : wah kasian bapaknya ngontel becak tiap harinya, kalau pakai bentor kan enak pak
TB : iya nih mas, umur 60 tahunan tapi masih doyan makan, jadi mau gak mau harus kerja keras hehehee
Saya : wah keren nih bapaknya, udah tua masih kuat aja. Niatnya kerja sembari olahraga lah y pak
TB : Iya mas bener, biar tetep sehat

Setelah ngobrol lama, kemudian si tukang becak menceritakan masa awal dirinya menjadi tukang becak serta masalah hidupnya selama ini kepada saya,

TB : Saya ini jadi tukang becak dari umur 25 tahun mas, jadi kalau dihitung-hitung sudah lebih dari 35 tahun jadi tukang becak
Saya : wah udah lama banget ya pak, hebat bapaknya
TB : kalau rekan-rekan saya sekarang kebanyakan udah pada pensiun jadi tukang becak
Saya : loh kenapa pak?
TB : gak dapat penumpang mas. Sekarang pada seneng naik motor, sementara kami para tukang becak dan angkot misalnya, pada gak dapat penumpang.
Saya : owh iya juga si ya pak, lah yang lain sekarang pada kerja apa pak? Bapaknya awet aja nih jadi tukang becak.
TB : yang lain pada jadi kuli bangunan mas, saya kalau masih kuat juga ikut jadi kuli aja. Sayangnya dulu kena penyakit, batuk-batuk sampai perut sakit banget, setelah itu hampir saja mati mas, orang badan udah tinggal kulit sama tulang aja. Ini masih dikasih umur panjang, bisa ngontel becak lagi walaupun tenaga udah gak sekuat dulu.
Saya : owh begitu ya pak, yah rejeki udah diatur ini pak, mungkin rejekinya bapak di becak itu
TB : kayaknya si gitu mas, meskipun sepi ya masih ada aja penumpang yang mau naik becak saya. Lumayan buat makan sama istri saya, anak-anak udah punya rumah sendiri gak mau gabung sama orang tua kayaknya hehehe.

Yah, hampir saja saya menangis melihat perjuangan hidup tukang becak itu, di masa tuanya dia harus terus bekerja keras demi menafkahi istrinya, sementara anak-anaknya sudah punya keluarga sendiri dan memilih untuk tinggal di rumahnya sendiri. Bapak itu mengingatkan saya kepada kakek saya dulu, sebelum meninggal kakek saya adalah pedagang keliling yang menjual kerajinan tangan, dan perjuangannya benar-benar keras karena saat itu keadaannya sungguh menyedihkan, kakinya sakit dan tidak bisa berjalan dengan normal, matanya sudah tidak jelas untuk melihat, dan tenaganya sudah berkurang, namun semangat bekerjanya luar biasa kala itu.

Kejadian demi kejadian yang saya alami selama ini benar-benar menampar kemanjaan saya dalam menjalani hidup, terkadang saya adalah orang yang kurang bersyukur dan lebih banyak mengeluh, padahal masih banyak orang yang mengalami kesulitan hidup lebih dari saya.

Wirausahakan Updated at: 12:39 AM

0 komentar:

Post a Comment