10 Ide Usaha Sampingan Modal Kecil yang Cocok Untuk Karyawan

Bekerja sambil berwirausaha adalah hal yang sering saya dengar dari beberapa teman saya yang menjadi pegawai. Namun kebanyakan dari mereka masih berfikiran bahwa untuk membuka sebuah bisnis, maka modal yang besar harus mereka sediakan, padahal pemikiran seperti itu tidaklah benar. Banyak sekali karyawan yang bisa nyambi membuka usaha, dan modal mereka sangat kecil bahkan ada banyak yang tidak mengeluarkan modal sama sekali.


Usaha sampingan bisa dijadikan sebagai pembelajaran bagi sebagian orang, bisa pula dijadikan sebagai investasi jangka panjang kalau-kalau sudah tidak ingin bekerja lagi. Untuk mendapatkan modal awalnya, anda bisa mulai menyisihkan gaji bulanan anda, kalau sudah menemukan ide bisnis yang cocok, langsung saja mulai dan nikmati tahap demi tahap perjuangannya.

Salah satu keuntungan bisnis sampingan ini adalah pekerjaan anda tidak akan terganggu dengan usaha yang dijalankan, jadi minimalkan kegiatan usaha yang akan mengganggu jam kerja anda. Silakan saja pilih jenis usaha yang anda inginkan, bisa dari bidang jasa, online, kuliner, jual-beli, atau lainnya yang anda sukai. Berikut adalah beberapa ide bisnis yang bisa anda jadikan referensi untuk memulai bisnis sampingan sebagai seorang karyawan :

1. Menjual pulsa elektrik
Tidak seperti counter yang membutuhkan tempat usaha, bisnis yang satu ini hanya membutuhkan handphone untuk bisa mengirimkan pulsanya. Saya sendiri menjalani bisnis yang satu ini, dan hasilnya lumayan untuk sekedar mengisi pulsa pribadi, paketan internet, dan kadang masih ada sisa untuk menambah modal bisnis.

Untuk memulai bisnis pulsa elektrik, modalnya tidak besar karena minimal deposit saldo pulsa biasanya berkisar antara Rp 5-100 ribu saja.

2. Jual makanan kepada teman kantor
Ini merupakan salah satu ide bisnis yang cocok untuk anda yang suka dengan kuliner. Jika anda bisa memasak, silakan buat masakan yang enak dan tawarkan kepada teman-teman sekantor anda, namun jika anda tidak bisa memasak, silakan jalin kerja sama dengan penjual makanan yang anda kenal.

Bisnis yang satu ini juga tidak terlalu besar modalnya, mungkin di kisaran Rp 500 ribu saja anda sudah mulai bisa menjalankannya.

3. Jasa laundry
Sebagian teman anda pastinya tidak punya mesin cuci, ada yang ngekost, ada pula yang tidak sempat mencuci sendiri. Jika anda melihat sebuah peluang usaha, maka mulailah sebelum diambil orang lain. Tawari jasa laundry anda, mulai dari teman dekat di kantor, dan berikan harga promo yang murah, dan kembangkan bisnis anda.

Modal untuk memulai bisnis ini seharga mesin cuci dengan perlengkapannya, yang anda butuhkan adalah waktu ekstra di rumah untuk mencuci. Atau anda juga bisa mempekerjakan orang lain untuk menjalankan usaha yang satu ini.

4. Bisnis online
Saat ini anda tidak perlu kerja di luar negeri untuk bisa merasakan pendapatan dollar, cukup di depan komputer atau bahkan smartphone saja dan jalankan bisnis anda lewat dunia maya.

Bisnis online jenisnya sangat banyak, mulai dari blogger, penjual online, broker, penulis artikel, jasa-jasa online, dan lain sebagainya.

5. Jasa cuci motor
Salah satu teman saya yang bekerja di KAI memiliki bisnis sampingan cuci motor, dia mempekerjakan tetangganya dan kala libur dia membantunya mencuci banyak motor pelanggannya.

Modal untuk bisnis ini cukup besar untuk menyediakan tempat dan perlengkapan mencuci motor, namun hasilnya juga lumayan besar loh.

6. Jual beli barang bekas
Saat ini penghasilan dari bisnis jual-beli barang bekas lebih besar ketiimbang gaji bulanan kamu, gak percaya? Teman saya yang bekerja di salah satu kantor, digaji sekitar 3 jutaan. Namun dari bisnis jual beli barang elektronik bekas, dia bisa mendapatkan penghasilan hingga 5 jutaan tiap bulannya.

7. Membuka warung kelontong
Ini saya banget! Saya buka warung dan mengajak teman saya nongkrong di rumah kalau malam, dan hasilnya omset saya naik dan bisnis berkembang pesat, selain itu saya juga jadi irit pengeluaran karena jarang main keluar tapi masih bisa nongkrong.

8. Jasa les privat
Kalau anda memiliki pengetahuan dalam dunia pendidikan, minimal SD. Cobalah tawari tetangga anda untuk memberikan les kepada anaknya, di tempat saya les privat bayarannya mencapai 500 ribu per bulan dengan pertemuan hanya 4 kali saja, dan siswa yang ada di dalamnya mencapai puluhan, bayangkan sendiri berapa pendapatannya.

9. Jasa menjahit pakaian
Banyak sekali orang yang membutuhkan jasa menjahit pakaian, namun sayangnya mereka tak punya waktu untuk menjahitnya. Kalau anda bisa menjahit, ada baiknya anda memulai bisnis tersebut, mulai dari vermak levis atau yang lainnya. Di blog ini, saya telah menuliskan kisah sukses vermak levis, anda bisa mencarinya.

10. Menjadi makelar
Anda pandai bicara? Bisa meyakinkan orang? Bisa melihat peluang? Kenapa tidak mencoba menjadi seorang makelar?! Bisnis yang satu ini modalnya hanya ngomong saja, kalau target anda membeli apa yang anda tawarkan, maka anda mendapatkan uang komisi dari jasa anda tersebut, hebat kan?

Wirausahakan Updated at: 3:14 AM

0 komentar:

Post a Comment