Tips dan Strategi Bisnis Agar Promosi Diskon Menarik Perhatian Pelanggan

Promosi diskon adalah hal yang wajar dan biasa dilakukan oleh para pedagang menjelang momen-momen tertentu seperti ulang tahun perusahaan, momen hari besar, dan momen lain yang sesuai dengan diskon harga. Biasanya diskon yang ada di mall-mall besar sangat menarik perhatian pengunjung, hal ini karena banyaknya nominal diskon yang diberikan, namun sayangnya tidak semua promosi diskon itu adalah sesuatu yang menyenangkan.


Beberapa promo diskon yang dibenci oleh pelanggan diantaranya adalah diskon besar yang harganya dinaikkan terlebih dahulu, diskon barang yang sudah rusak, diskon yang disertai cuci gudang juga kadang dianggap remeh karena produknya dikira rusak atau sudah tidak layak dijual lagi. Hati-hati dengan promosi diskon seperti ini karena bisa saja promo seperti ini malah menghancurkan usaha anda.

Perlu kita pahami terlebih dahulu tujuan utama promosi ini, yaitu menarik pelanggan ke tempat usaha anda, dan diskon adalah salah satu bentuk promosi yang paling khas kita temui di dunia ini. Diskon yang sejujurnya adalah potongan harga tentu saja mengurangi keuntungan penjual (kalau beneran diskon loh yah), namun penjual juga tidak memberikan diskon dengan percuma, ada tujuan lain dalam potongan harga ini. Tujuan utama dari promo diskon tentu saja menambah omset, menyebar luaskan bisnis, menambah pelanggan, dan berbagai tujuan lain yang hanya penjual dan Tuhan yang mengetahuinya.

Agar promosi diskon anda tidak salah langkah dan dibenci oleh pelanggan, ada baiknya anda menerapkan tips dan strategi promo diskon berikut ini :
  1. Berikanlah pengumuman tentang tujuan umum diadakannya potongan harga tersebut, misalnya saja "untuk menyambut pergantian tahun, maka kami memberikan potongan harga hingga sekian %".
  2. Jadilah pedagang yang jujur! Berikanlah diskon kecil-kecilan, namun sesuai dengan harga yang umum di tempat anda. Misalnya harga pembalut yang biasa anda jual dengan harga 2 juta, jika anda ingin memberikan diskon 10%, maka berikanlah harga 1,8 juta dengan keterangan yang benar. Jangan menambah harga dulu baru memberikan diskon, pelanggan gak suka digitu-gituin :D
  3. Batasi waktu promosi, menurut saya paling lama hanya 1 bulan saja dan paling singkat hanya 1 minggu saja, itu adalah waktu yang menurut saya paling adil untuk penjual dan pembeli.
  4. Jangan menjual barang rusak dengan harga diskon, bisa saja anda jadi sasaran bully para pelanggan yang marah (amit-amit)
  5. Promosikan diskon anda di berbagai tempat, baik secara online maupun offline agar banyak orang yang melihatnya. Menurut saya, jika diskon anda bagus maka setidaknya 1 dari 10 orang yang melihat promosi anda akan tertarik.
  6. Jangan terlalu banyak memberikan diskon, hal ini akan membuat pelanggan curiga. Misalnya anda biasa menjual tempe dengan harga 10juta, jangan berikan diskon hingga 5 juta, nanti pelanggan malah curiga jika anda terlalu banyak mengambil keuntungan bisnis.
  7. Buatlah promosi diskon yang wajar, jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil, buatlah pelanggan menilai promo anda dengan adil dan bijaksana.

Wirausahakan Updated at: 12:12 AM

0 komentar:

Post a Comment