Rumah Makan Sambel Layah, Hanya Butuh Waktu 3 Tahun Sudah Bisa Punya Puluhan Outlet

Sambel Layah (SL) merupakan salah satu rumah makan yang kini memiliki puluhan cabang di sekitaran daerah Jawa Tengah dan sekitarnya. Kalau tidak salah, katanya ada lebih dari 60 cabang sambel layah yang tersebar di berbagai kota di sekitaran Jawa Tengah, dan lebih menakjubkannya lagi pencapaian itu bisa diraih dalam waktu sekitar 3 tahun saja.

salah satu menu andalah sambel layah, paket lele bakar

Menurt informasi yang saya baca, sambel layah buka pertama kali di daerah Purwokerto pada 4 April 2013, pemiliknya adalah Bapak Andin dan Bapak Wawan (pemilik bebek goreng H. Slamet). Keduanya berjuang bersama untuk mengembangkan bisnis mereka dan hingga saat ini hasilnya sudah mulai terlihat dan saya acungkan jempol dengan kisah sukses pengusaha kuliner yang satu ini.

Sedikit informasi tentang sambel layah, rumah makan ini adalah rumah makan yang biasa dan standar seperti rumah makan lainnya. Menu yang tersedia adalah ayam, lele, ikan, sayur, lalaban, minuman, dan lain sebagainya yang kalau di tempat lainnya juga mungkin tersedia. Namun yang berbeda dari tempat makan yang satu ini adalah gebrakan di awal kemunculannya, kalau tidak salah pada saat pembukaannya SL memberikan paket makan yang sangat murah, 7 ribu sudah dapat nasi, ayam, dan satu gelas es manis dengan ukuran jumbo.

Dari gebrakan promosi itu, banyak orang yang tertarik dengan menu yang disediakan di rumah makan ini hingga akhirnya menjadikan SL salah satu rumah makan yang paling laris di Purwokerto. Setelah sukses di outlet pertamanya, kemudian sambel layah membuka cabang di berbagai kota di sekitarnya hingga saat ini ada puluhan outlet yang sudah buka di sekitaran Jawa Tengah.

Selain manajemen bisnis yang profesional, makanan yang enak, dan pelayanan yang baik, sebenarnya ada salah satu program SL yang memuat saya sangat tertarik untuk mencari informasi mengenai bisnis yang satu ini. Kalau tidak salah, mereka sangat menjaga syariat Islam dan mereka sangat hati-hati dalam pelayanannya, bahkan pegawai wanita diwajibkan memakai jilbab dan berpakaian rapi menutup aurat, begitu pula dengan pegawai laki-lakinya harus menutup aurat.

SL juga memberikan program umroh gratis kepada karyawannya, mereka menyediakan ambulance untuk umum, dan berbagai program sosial lainnya membuat SL menjadi salah satu RM yang sangat cepat berkembang dan sukses. Bayangkan saja, 3 tahun bisa punya puluhan cabang di berbagai kota, ini adalah pencapaian yang menurut saya luar biasa.

Tips sukses sambel layah ada 3 poin utama, yaitu cita-cita, Iptek, dan Ibadah. Ketiga poin utama itu dibangun dengan tambahan komitmen, kebersamaan, fokus dan loyalitas yang akhirnya menghasilkan sebuah hasil yang memuaskan.

Mungkin kisah sukses Sambel Layah bisa anda jadikan sebagai salah satu sumber inspirasi yang sesuai, bisnis kuliner memang punya banyak pesaing namun dengan sedikit kreatifitas dan kerja keras, maka rasanya tidak menutup kemungkinan bisa sukses dengan mudah dan dalam waktu yang cepat.

Wirausahakan Updated at: 8:25 PM

0 komentar:

Post a Comment