Kisah Sukses Seorang Kuli yang Berhasil Menjadi Peternak Ayam Broiler

Wirausahakan.blogspot.com - Kali ini saya ingin menuliskan sebuah kisah nyata dari tetangga saya sendiri, dia adalah kakak kelas saya kala di SD dulu. Cerita ini bermula ketika dia lulus SD, di saat teman-teman satu kelasnya meneruskan ke SMP, dia terpaksa harus berhenti sekolah karena tidak memiliki biaya, orang tuanya tidak mampu untuk membiayai sekolahnya, dan rumahnya sangat jauh dari pemukiman penduduk. Percaya atau tidak, untuk berangkat ke sekolah dasar saja, dia harus melewati hutan, sungai, dan sawah selama hampir setengah jam perjalanan dengan berjalan kaki, bisa anda bayangkan betapa sulitnya teman saya ini?!


Selepas lulus SD dengan nilai seadanya, tetangga jauh saya ini kemudian bekerja sebagai kuli panggul untuk bisa mendapatkan uang guna membantu kebutuhan keluarganya. Pada waktu itu, adiknya masih sekolah, sedang ayahnya hanya bekerja seadanya dan dia yang masih kecil sudah harus membantu beban keluarganya.

Setelah beberapa tahun menjadi kuli, singkat cerita pemuda ini kemudian bekerja kepada salah satu bos barunya, dia diberikan tugas untuk membantu mengurusi peternakan ayam broiler atau ayam pedaging yang saat itu memang sedang banyak dijalankan oleh warga di desa saya. Hampir 2 tahun pemuda ini bekerja di situ, sang bos sudah mendapatkan banyak keuntungan dari usahanya, dan pemuda ini mendapatkan gaji yang terbilang sangat kecil, namun dia bertahan selama itu karena dia ingin belajar usaha.

Berkat ketekunan dan kesabarannya, pemuda ini kemudian menjadi tangan kanan si bos, bahkan dia diberikan kepercayaan untuk menjaga seluruh peternakan ayam yang ada, dia dibantu oleh pegawai lain yang masih baru. Namun beberapa waktu kemudian terjadi permasalahan ketika peternakan itu mengalami kerugian, si bos tidak mau tahu dan menyalahkan pemuda ini atas kerugian yang dia terima, hal itu sempat membuat pemuda ini disidang karena tuduhan menyalah gunakan kepercayaan bosnya, namun akhirnya dia terbebas dari tuduhan dan malah bosnya yang harus membayar ganti rugi atas fitnah yang dibuatnya.

Pemuda ini memutuskan untuk keluar kerja, meski dengan hati yang kecewa karena perlakuan bosnya, namun dia juga berterima kasih atas pengalaman dan segala hal yang telah diajarkan bosnya. Berbekal dengan pengetahuan dan sedikit modal yang dia punya, akhirnya pemuda ini nekad membuka bisnis peternakan ayamnya sendiri.

Mulai dari 1 buah peternakan kecil, dia merawatnya dengan baik, keuntungan yang dia dapatkan digunakan untuk menambah usahanya itu, hingga akhirnya dia memiliki banyak peternakan ayam broiler. Hanya membutuhkan waktu sekitar 2 tahun saja, pemuda ini menjadi bos di peternakannya sendiri dan kini dia memiliki beberapa karyawan yang membantunya merawat ayam-ayamnya.

Banyak keuntungan yang dia dapatkan dari bisnisnya itu, hingga dia bisa membeli motor baru, menyekolahkan adik-adiknya, membiayai kebutuhan keluarganya, mengembangkan bisnisnya hingga cukup besar, dan tak lupa dia juga akhirnya bisa mempersunting seorang gadis cantik yang dia sukai. Kini dia menjadi salah satu pengusaha sukses yang ada di desanya, dan mantan bosnya sebalinya, nasibnya kurang begitu bagus karena peternakan yang dia punya bangkrut dan kini dia pergi keluar kota untuk mencari pekerjaan lainnya. Yah, roda hidup terus berputar, tak peduli dari mana asalmu, kamu bisa berada di atas dan di bawah!

Wirausahakan Updated at: 1:23 AM

0 komentar:

Post a Comment