Inilah 5 Produk yang Membuat Google Mendapat Penghasilan Besar

Google memang dikenal sebagai salah satu perusahaan teknologi raksasa dari USA, kebanyakan orang hanya mengenal Google sebagai mesin pencari nomor 1 di dunia, sehingga di Indonesia sendiri Google dijuluki sebagai "mbah Google" karena kita bisa mendapatkan banyak informasi yang dibutuhkan darinya.


Google sendiri merupakan perusahaan yang mendapatkan banyak penghasilan dari berbagai produk "gratis" yang mereka luncurkan, yah kita memang bebas menggunakan mesin pencari google secara gratis, begitu pula dengan berbagai aplikasi lain yang dikeluarkan oleh Google semacam Gmail, Google Plus, Youtube, dan lain sebagainya.

Sudah banyak orang yang menuliskan pendapatan google yang mencapai triliunan Rupiah setiap tahunnya, namun tahukah bahwa ada 5 produk Google yang memberikan penghasilan paling besar untuk perusahaan ini. Berikut ini adalah 5 produk google yang menghasilkan uang paling banyak untuk perusahaan ini sehingga 2 pemiliknya, Sergey Brin dan Larry Page masuk dalam daftar 10 orang terkaya di dunia saat ini.

1. Adwords
Silakan anda mencoba mencari salah satu informasi yang memiliki nilai komsersil "misalnya anda ketikkan kata : bisnis", nantinya di halaman pertama Google akan muncul beberapa halaman yang berbeda, halaman itu adalah situs yang bekerja sama dengan google, mereka membayar google untuk menempatkan situsnya di jajaran teratas agar langsung dituju oleh para pelanggannya. Tarif iklan di adwords beragam nilainya, namun dari informasi yang saya dapatkan, google bisa mengantongi hampir Rp 700 triliun per tahun dari adwords.

2. Android
Sistem operasi paling laris di pasaran, yah semenjak dirilis ke pasaran, android langsung menjadi pilihan para pemakai smartphone. Tersiar kabar bahwa google mendapatkan penghasilan dari pemakaian OS Android yang terpasang di produk ponsel pintar hingga Rp 400 Triliun, angka ini sangat wajar mengingat saat ini hampir semua produk smartphone di pasaran memakai OS android.

3. Adsense
Program periklanan yang dikeluarkan oleh Google yang bekerja sama dengan para publisher blog dan youtube guna menyalurkan iklan dari advertiser ini memberikan penghasilan mencapai Rp 200 triliun tiap tahunnya. Penghasilan ini memang masih kalah dari adwords dan android, namun dengan nilai sebesar itu rasanya ini merupakan salah satu produk yang cukup sukses membuat google semakin kaya raya.
4. Admob
Admob adalah program periklanan yang dikeluarkan google khusus untuk aplikasi mobile yang biasa diunduh di play store, program periklanan ini cukup ramai dipakai oleh para developer aplikasi dan game untuk meraih keuntungan dari aplikasi mereka. Belum jelas berapa pendapatan google dari admob, namun banyak yang mengira bahwa keuntungan mereka hampir sama seperti adsense karena saat ini playstore laris manis di pasaran.
5. Drive
Program freemium adalah upgrade yang diberikan oleh google pada produk google drive, saat ini kita bisa memakai produk penyimpanan file dari google secara gratis dengan batas 15 GB, untuk bisa mendapatkan tambahan ruang penyimpanan, maka google menawarkan harga hingga hampir $ 100 untuk memori 1 terabyte. Disinyalir google mendapatkan keuntungan hingga Rp 100 triliun dari aplikasi ini.

Penghasilan itu belum ditambah dengan penghasilan lain dari produk Google yang lainnya, semisal produk ponsel mereka yang sudah tersebar luas di pasaran. Belum lama ini Google merilis smartphone Pixel mereka, dan kabarnya penjualan smartphone ini cukup laris di pasaran karena memiliki spek yang gahar.

Wirausahakan Updated at: 11:34 PM

0 komentar:

Post a Comment