Curhatan Pedagang : Melayani Calon Pembeli Cerewet Kala Lagi Bete

Namanya pedagang jaman modern, ada stok baru pastinya diupdate di akun jualan seperti FB, Twitter, Toko online, BBM, WA, dan lain sebagainya. Nah, hari ini saya sudah pasang iklan sebagai informasi untuk calon pembeli, fotonya sudah sangat jelas, dan informasi tentang produknya juga sudah detail sedetail-detailnya, sebagai contoh seperti ini :


Nah, disitu kan udah jelas yah ada gambarnya, ada jenis barang lengkap dengan penjelasannya, harganya juga udah ditulis dan dikasih keterangan net yang artinya tidak boleh ditawar. Kontak penjual juga sudah dituliskan dengan sangat jelas bukan?

Nah yang paling nyebelin tuh yah, ada calon pembeli (atau calon pembuat masalah) nanya-nanya yang gak penting banget, misalnya saja itu orang nanya :
  • Harga berapa bos?
  • Bisa kurang gak bos?
  • Yang rasa pisang ada gak bos?
  • Beli 1 kasih harga grosir dong bos?
  • Minta kontaknya bos?
  • Liat penampakan bos?!
  • Masih segar gak bos? Kalau busuk gimana?
  • Kegunaannya apa yah bos?
Dan lain sebagainya yang sebagian besar pertanyaan itu sudah ada jawabannya di keterangan produknya, tapi anehnya itu pelanggan masih nanya juga, kan nyebelin?! Sudah begitu, kalau kita telat jawab dia ngotot, kalau kita cuekin dia marah-marah, kalau balasnya pendek juga baper, itu pelanggan apa cewek lagi dapet cobak?!

Ada lagi yang lebih nyebelin, udah nanya hal-hal yang gak penting, dia nanya di waktu yang tidak tepat sama sekali. Pernah loh saya ditanyain tentang produk yang saya jual di tengah malam, bayangin aja orang baru tidur kebangun dan ditanya-tanya hal gak penting yang sudah ada jawabannya, murka bener dah kalau pas kayak gitu.

Pedagang juga manusia, bukan?! Kadang kala ada masalah pribadi, kadang kala lagi bete, lagi bosen, lagi gak pengin makan, dan yang paling bahaya kala lagi galau, beuhhh! Bayangin aja, kalian lagi ada masalah terus ditambah masalahnya sama pelanggan kayak gini modelnya. Udah nanya panjang-panjang, kagak jadi beli dan cuma banding-bandingin harga aja, geleng-geleng kepala deh pokoknya.

Jika anda adalah seorang pembeli yang membaca tulisan ini, ada baiknya kalian lebih pintar dikit lah, kalau mau nanya yang kira-kira penting dan emang gak dijelasin. Kalau bisa tanya 1-3 pertanyaan aja, kalau mau beli ya lanjut kalau emang cuma pengin nanya dulu ya jangan terlalu ganggu banget, coba aja penjualnya cewek, bisa dikira modus deh.

Wirausahakan Updated at: 12:40 AM

0 komentar:

Post a Comment