Tips Menghindari Kerugian yang Membuat Bisnis Bangkrut

Bisnis adalah sebuah matematika yang diimplementasikan secara langsung dalam kehidupan, yah mau tidak mau anda harus pandai membaca angka jika ingin sukses dalam dunia bisnis. Sayangnya masih banyak pengusaha yang tak mengindahkan ilmu matematika dan lebih mengutamakan filling mereka dalam urusan bisnis.


Berawal dari perhitungan yang tidak benar, berkelanjutan dan tidak disadari, akhirnya sedikit demi sedikit bisnis yang sedang berjalan akhirnya mulai ambruk dan siap untuk gulung tikar. Yah, kebangkrutan sebuah bisnis sebenarnya bisa diprediksi dari beberapa kelakukan pemiliknya, mulai dari permasalahan dengan hutang, kurang produktif, dan gaya konsumerisme yang kadang hanya untuk memenangkan sebuah gengsi tak penting.

Bangkrut memang bukanlah akhir dari segalanya, namun dengan kebangkrutan kita akan kehilangan banyak hal, maka alangkah baiknya kita menghindari yang namanya kebangkrutan usaha. Salah satunya adalah dengan mencegah kerugian bisnis yang bisa menyerang siapapun dan apapun jenis bisnis yang dijalankan. Berikut ini adalah tips menghindari kerugian yang bisa anda terapkan dalam menjalankan bisnis anda :
  • Perhitungan bisnis yang benar
Jika anda membeli sebuah baju dengan harga 10 ribu, lalu ongkos kirim dan pengemasan 5ribu, apakah anda akan menjualnya dengan harga 15ribu? Tentu saja anda sudah mengalami kerugian karena pekerjaan anda tidak dihargai. Bisnis harus menguntungkan, artinya anda hanya akan menjual produk anda ketika itu memberikan keuntungan untuk anda, disini keuntungan bukan hanya uang dan angka saja karena nyatanya masih banyak penjual yang menjual produknya tanpa mengambil untung secara langsung, biasanya mereka mencari nama dulu.
  • Manajemen bisnis yang baik
Keuntungan 5juta dalam 1 bulan, pengeluaran 2 juta, namun anda memakai uangnya 4 juta, berapa lama bisnis anda bisa bertahan kalau tidak segera dibenahi? Manajemen bisnis sangatlah penting dalam kelangsungan usaha, dan pembukuan bisnis sangat anda perlukan untuk bisa menjaga kestabilan usaha. Kalau anda kurang paham dengan manajemen bisnis, anda bisa belajar dari anak SMK atau mahasiswa yang belajar akuntansi, mereka paham dengan angka-angka yang berhubungan dengan bisnis anda.
  • Apa pentingnya "anggaran tak terduga?"
Saya pernah mengalami hal ini, ketika saya tidak menyiapkan anggaran tak terduga dan tiba-tiba ada kebutuhan mendesak dalam bisnis, akhirnya saya kalah dan harus mengeluarkan uang pribadi bahkan berhutang hanya untuk bisa melanjutkan bisnis. Dalam hal ini sebenarnya tidak usah dibuat pusing, anda ingat-ingat saja pentingnya sebuah tabungan kesehatan dan pendidikan, itu merupakan hal yang tak jauh berbeda dengan anggaran tak terduga.
  • Hindari faktor-faktor yang menyebabkan kerugian
Apa saja yang bisa membuat bisnis anda rugi? Pelanggankah? Rekan bisnis anda? Pasangan anda? atau bahkan diri anda sendiri yang membuat bisnis merugi? Coba evaluasi kembali permasalahan anda dan segera benahi agar tidak terjerembab ke dalam kerugian yang terus menyiksa.
  • Berdo'alah agar tidak menjadi manusia yang rugi dunia akhirat
Percaya atau tidak, kadang Allah SWT sengaja membuat bisnis hambanya merugi, hal ini agar hambanya datang dan menangis kepada Allah SWT dan memohon bantuan. Halo, kita kadang lupa kepada yang memberikan kenikmatan kepada kita semua, namun kita ingat ketika susah saja. Kalau tidak mau susah terus ya ingat sama Allah SWT dan minta petunjuk yang benar agar tidak rugi dunia akhirat.

Wirausahakan Updated at: 8:33 PM

0 komentar:

Post a Comment