Analisa & Tips Bisnis Jasa Percetakan Digital

Percetakan digital atau digital printing bisa menjadi salah satu pilihan usaha yang tepat untuk anda, karena bisnis yang satu ini sangat dibutuhkan orang dan prospek ke depannya terus berkembang dan luas. Keuntungan dari bisnis yang satu ini bisa dibilang menggiurkan, namanya juga bisnis dalam bidang jasa, modal utama hanya untuk peralatan dan bahan baku, yang penting kepercayaan pelanggan sudah di tangan anda, maka berapapun harganya tidak terlalu masalah untuk pelanggan asal mereka puas dengan hasil kerja anda.


Produk percetakan seperti banner, baliho, spanduk, kaos printing, mug, kartu nama, pin, dan lain sebagainya merupakan barang yang dibutuhkan oleh banyak orang khususnya para pengusaha. Hal inilah yang membuat bisnis yang satu ini terbilang sangat penting di masyarakat, apalagi dengan semakin banyaknya usaha baru, maka kebanyakan orang akan membuat spanduk untuk promosi mereka.

Untuk memulai bisnis digital printing, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar bisa memulainya, berikut ini adalah hal-hal yang harus anda siapkan jika ingin mencoba bisnis percetakan digital :
  1. Mesin digital printing (harganya berkisar di angka ratusan juta)
  2. Tempat usaha (bisa di rumah atau menyewa ruko)
  3. Promosi yang berkelanjutan (ini sangat penting untuk bisa bersaing)
  4. Tenaga ahli yang berkualitas (paling tidak anda bisa membuat desain grafis, atau punya karyawan yang ahli di bidang ini)
  5. Sistem bisnis yang baik dan benar (banyak bisnis jenis ini yang bangkrut karena tidak mengindahkan sistem bisnis yang benar)
Jika anda bisa menyediakan hal-hal di atas, maka segeralah buka bisnis ini dan silakan kembangkan bisnis menguntungkan ini hingga sukses. Kalau hasil kerja bagus dan mampu tepat waktu saat pengerjaannya, saya rasa pelanggan akan datang kembali ke tempat anda. Salah satu hal yang saya kurang suka dari beberapa percetakan adalah ketika mereka menjanjikan hasil percetakan 3 hari, namun dengan berbagai alasan nyatanya bisa mencapai 1 minggu lebih. Hal itu sangat menjengkelkan, apalagi dengan deadline yang dibutuhkan, rasanya saya tidak akan datang ke tempat itu lagi setelah hasil kerjanya tidak tepat waktu.

Untuk menghindari hal-hal seperti itu, ada baiknya dalam usaha ini anda menjanjikan kepada pelanggan sesuai dengan kemampuan anda agar nantinya anda tidak dicap jelek dan dikejar-kejar pelanggan yang menagih janji anda.

Wirausahakan Updated at: 2:37 AM

0 komentar:

Post a Comment