Sambal Spesial, Hal Sepele yang Jadi Pembeda Rumah Makan

Dari pengalaman saya selama ini mencoba beberapa menu makanan di rumah makan di kota saya, kebanyakan memberikan menu utama berupa olahan ayam, ikan, daging, dan sayuran. Menu yang diberikan dari satu rumah makan dengan yang lainnya hampir sama saja, hanya berbeda nama, harga, dan sedikit rasanya saja.


Namun suatu ketika saya datang ke salah satu rumah makan yang baru kali ini saya datangi, tempatnya di dalam gank dan jauh dari keramaian, namun entah kenapa tempat makan itu sangat ramai, bahkan saking ramainya pernah saya datang kesitu eh malah disuruh ngantri (ebuset mau makan aja harus ngantri dulu).

Ternyata menu yang disediakan sama saja dengan warung makan yang lain, ayam goreng ayam bakar dan olahan lain yang sama saja. Bahkan, ayam gorengnya itu menurut saya terlalu sederhana, benar-benar ayam yang digoreng garing, tanpa ada lalaban atau tambahan lainnya. Namun mereka punya aneka macam sambal spesial yang sangat wow menurut saya, pas saya lihat menunya, ada sekitar 30 jenis sambal dengan rasa dan tingkat kepedasan yang berbeda. Dan asal tahu saja, bahkan ada sambal yang harganya lebih mahal dari satu piring ayam goreng yang disediakan, wow sekali.

Kala itu saya memesan sambal terasi (kalau tidak salah), dan pas dicoba ternyata sambalnya mantap banget, nampol pedesanya dan rasa terasinya menyatu dan aduh susah menggambarkan rasanya yang pas dengan lidah saya. Saya menikmati makanan itu dengan lahap, sampai tak sadar nasi, minuman dan sambalnya sudah habis sementara ayamnya masih separo.

Dari pengamatan saya kala makan di tempat itu, ternyata mereka tak fokus dengan menu utama yang umum di tempat lain, mereka malah lebih fokus dengan kualitas sambal yang diberikan. Dan nyatanya hal tersebut pas dengan lidah dan selera orang Indoesia yang senang dengan makanan pedas, ngaku aja lu tong kalau makan pasti nyari-nyari sambel kan?

Rumah makan yang terbilang masih baru itu hanya membutuhkan waktu kurang dari satu tahun untuk terus berkembang dan akhirnya membuka cabang baru, dan dari yang saya lihat tetap saja ramai dengan pengunjung yang setia antri di tempat itu. Mereka seakan tertantang dengan sambal yang ada di sana, dan ada juga yang sering ke situ hanya untuk merasakan sensasi pedas sambal yang tersedia di sana, dicoba semuanya 30 jenis sambalnya.

Ini merupakan salah satu trik bisnis yang dipakai dalam dunia kuliner, yang lain sibuk menyajikan menu utama dengan rasa dan tampilan yang unik, sementara rumah makan yang satu ini malah mengedepankan menu yang sebenarnya adalah menu tambahan, yaitu sambal spesial.

Kalau anda sedang berjuang dalam dunia kuliner, anda bisa saja meniru trik bisnis yang satu ini, atau anda bisa mengadopsinya dan merubahnya sesuai dengan menu makanan yang anda jajakan dalam bisnis kuliner yang anda jalani saat ini. Inovasi dan cita rasa adalah rahasia dalam kesuksesan bisnis kuliner yang harusnya anda tahu.

Wirausahakan Updated at: 12:17 AM

0 komentar:

Post a Comment