Pilihan Ide Bisnis Kreatif untuk Anak Sekolah yang Tidak Ribet

Saya sangat senang melihat anak sekolahan di jaman sekarang sudah tidak terlalu bergantung kepada uang orang tua, karena saya sering melihat banyak anak sekolah yang sukses memulai bisnis mereka. Yah, apresiasi yang besar untuk anak-anak sekolahan yang tidak manja dan mau bekerja keras selagi masih menuntut ilmu.


Banyak teman saya yang masih SMP atau SMA bahkan anak kuliahan yang ingin memulai usaha sampingannya, namun biasanya sih mereka terhambat dengan modal dan tidak mau repot dengan usaha yang mereka jalani, karena biasanya anak sekolah sudah sibuk dengan urusan pelajaran mereka dan tidak mau menambah dengan kegiatan yang ribet.

Kali ini saya akan memberikan pilihan ide bisnis untuk anak sekolah tapi yang tidak ribet, ini mungkin bisa anda pilih dan dijadikan sebagai pemasukan tambahan untuk uang sekolah anda.

1. Jual beli
Jual-beli adalah bisnis, dan bisnis adalah jual-beli, yah itu adalah hal yang tidak bisa dipisahkan. Kalau anda mau berbisnis, maka anda harus melakukan transaksi. Bagi yang punya modal, bisa langsung memulai bisnis ini, bagi yang tidak punya modal bisa memulai dari dropshipper atau reseller.
 
2. Produksi
Saya sering menemui banyak anak SMA yang membuat pin, kaos, aksesoris, hiasan, bahkan tak jarang yang memproduksi makanan untuk dipasarkan. Karya kreatif mereka nyatanya membuat nilai pembeda dan membawa penghasilan tambahan yang tak sedikit jumlahnya.
 
3. Bisnis Online
Ini adalah bisnis yang sedang populer di tahun 2016 ini, bisnis online seakan menjadi pilihan bisnis yang tepat untuk anak sekolah. Selain menambah pengetahuan dalam dunia internet dan teknologi, bisnis ini tentunya tidak terlalu ribet dijalankan. Anda bisa menjadi Internet marketer, penulis, dropship atau reseller produk online, dan lain sebagainya.
 
4. Join Bisnis
Kalau bingung mau bisnis karena tidak ada inspirasi atau modal, kenapa anda tidak join dengan pengusaha yang sudah jalan? Misalnya saja anda punya kenalan penjual pulsa, kenapa anda tidak menawarkan diri menjadi penyambung bisnisnya? Kalau berhasil, maka anda akan mendapatkan usaha yang sudah jalan, modal, dan ilmu yang sudah teruji.
 
5. Merubah hobi jadi penghasilan
Salah satu hal yang menyenangkan adalah ketika hobi anda dibayar, yah temukan apa yang menjadi hobi anda saat ini, dan cobalah untuk mengembangkannya menjadi lahan bisnis di usia dini. Misalnya saja, saat ini banyak anak sekolah yang senang memasak, anda bis mencoba memasarkan masakan anda dan memulai bisnis anda sendiri.

Bisnis bukan harus menunggu anda lulus atau menunggu anda sukses dalam pekerjaan sehingga memiliki modal untuk memulai usaha, bisnis bisa anda jalankan saat ini juga. Kalau anda sudah bisa membedakan yang baik dan buruk, kalau anda sudah tahu ilmu jual-beli, kalau anda sudah tahu bahwa mencari uang itu susah, maka sudah saatnya anda memulai bisnis, walau dari bangku sekolahan sekalipun.

Wirausahakan Updated at: 12:50 AM

0 komentar:

Post a Comment