Mau Usaha Jasa Rental Mobil tapi Tidak Punya Modal? Kreatif Donk!

Saya punya pengalaman saat membutuhkan mobil untuk bepergian jarak jauh dalam waktu kurang lebih 1 hari. Saya belum punya mobil, jadi mau tidak mau harus menyewa ke tempat rental mobil, harganya sekitar 500 ribu (harga teman). Di tempat rental itu, saya melihat ada sekitar 5 mobil yang bisa dipilih, dan saat saya berbincang-bincang dengan pemiliknya, saya kaget dengan perkataannya yang mengaku bahwa usahanya itu awalnya hanya modal puluhan juta saja, padahal harga satu mobil mencapai ratusan juta, kok bisa?


Ternyata modal puluhan juta yang dia punya hanya untuk uang muka (DP) saat mengambil mobil baru dengan sistem kredit, dan pintarnya dia karena menyewakan mobilnya dan siapa yang membayar kredit bulanannya? Para penyewa!

Harga sewa mobil dalam satu hari berkisar antara 500-1juta, ketika dia punya satu mobil dan dalam satu bulan dihitung 20 hari penyewaan saja, maka minimal dia mendapatkan omset sekitar 10juta, untuk bayar kredit 3-5 juta, perawatan sekitar 1juta, dan sisanya dia pakai dan tabung lagi untuk mengembangkan bisnisnya.

Sebenarnya banyak loh orang yang memiliki keinginan untuk membuka usaha rental mobil, selain hasilnya yang besar, kerja yang diperlukan juga tidak terlalu keras karena ini mobil yang bekerja untuk kita dan memberikan penghasilan, investasi dalam bentuk mobil. Namun sayangnya kendala modal membuat mereka mengurungkan niatnya untuk bisa membuka usaha itu, padahal ada caranya untuk bisa memulai usaha rental mobil dengan modal minim atau bahkan tanpa modal uang sekalipun.

Yang pertama sudah saya jelaskan di atas, dengan cara kredit mobil terlebih dahulu. Modalnya hanya untuk uang muka pengambilan mobil, sedangkan biaya kredit dibebankan kepada penghasilan sewa mobil ini. Yang kedua adalah dengan kerja sama, entah dengan pemodal langsung atau dengan para pemilik mobil. Kalau dengan pemodal maka anda akan mendapatkan modal usaha, sedangkan untuk kerja sama dengan para pemilik mobil, maka anda harus menjalin kerja sama dan mendaftar mobil yang bisa disewakan, hasilnya tentu dibagi 2 antara pemilik dan anda, namun ini adalah salah satu jenis usaha yang tanpa modal.

Resiko usaha rental mobil lumayan besar, mulai dari mobil dibawa kabur, mobil rusak, atau kesalah pahaman dalam biaya sewa yang terkadang menjadi masalah. Manajemen yang baik adalah solusi untuk menakan resiko dalam usaha ini.

Anda berminat memulai usaha rental mobil yang menguntungkan? Silakan memulainya, promosikan usaha anda, dan berjuanglah sampai anda mengembangkan usaha itu. Saya memiliki beberapa kenalan pengusaha rental mobil yang cukup sukses, mereka kini tak perlu bekerja terlalu keras di tempat usahanya itu karena sistem usahanya sudah bagus, karyawan yang mengurusi usahanya, mobil yang bekerja, pemiliknya yang dapat untung besar. Jenius!

Wirausahakan Updated at: 10:55 PM

0 komentar:

Post a Comment