Mau Terjun dalam Bisnis Saham? Modal Awal 100 Ribu

Saham menurut Wikipedia adalah satuan nilai atau pembukuan dalam berbagai instrumen finansial yang mengacu pada bagian kepemilikan sebuah perusahaan. Dengan adanya saham, maka akan terjadi kerjasama yang cukup menguntungkan antara pemodal dan perusahaan, dan hal ini adalah salah satu alasan kenapa bisnis saham banyak disukai saat ini, tanpa harus mengeluarkan modal besar, kita masih bisa masuk dalam bagian kepemilikan suatu perusahaan besar dengan membeli sahamnya.

contoh surat saham via wikipedia
Dari pengalaman saya, pernah suatu kali saya ditelpon oleh seseorang yang mengaku bahwa dia dari perusahaan xyz, dia menawarkan kepada saya apakah mau ikut berinvestasi dan menanamkan modal di dalamnya. Setelah saya pahami, ternyata perusahaan itu baru mau berdiri, hmm saya langsung enggan meneruskan pembicaraan ini karena saya tidak terlalu paham dengan hal ini. Dia bilang bahwa dalam beberapa tahun ke depan, saham perusahaannya akan meningkat dan menguntungkan untuk pemegang saham, tapi saya sudah ilfil duluan sih.

Saat ini banyak sekali penawaran bisnis saham, dengan adanya internet maka saham online mudah diakses dari mana saja dan oleh siapa saja. Bahkan kalau anda mau, hanya dengan modal 100 ribu saja sudah bisa memulai bisnis bursa efek ini.

Sistem bisnis ini secara simpelnya begini, anda mendaftar dalam perusahaan saham dan membuat rekening saham, lalu mulai bisnis anda dengan membeli saham yang dijual. Misalnya saja anda membeli saham sebanyak 100 lembar dengan harga 1.000, maka anda cukup mengeluarkan uang 100 ribu saja. Nantinya ada kesempatan anda bisa mendapatkan untung ketika saham perusahaan itu naik, misalnya saja sahamnya jadi 3.000 per lembar, dan anda segera menjualnya, maka anda akan mendapatkan untung kotor 2 juta. Kenapa untung kotor? Karena masih ada biaya ini dan itu dalam bisnis ini.

Kebanyakan orang yang sukses bermain di pasar saham adalah orang-orang yang sudah lama berkecimpung dalam bisnis ini, mereka paham dengan situasi dan prediksinya tepat. Kalau hanya ikut-ikutan dan berharap dapat banyak hanya dengan mengandalkan keberuntungan, sepertinya sama saja dengan bermain judi. Semua bisnis membutuhkan keahlian, apalagi bisnis saham yang memutarkan uang dalam jumlah yang besar.

Kalau anda masih berminat dalam bisnis saham, sialakan saja ketik di mesin pencari dengan kata kunci "saham" nantinya akan banyak situs yang menawarkan jasa bisnis saham dengan modal yang sangat kecil. Namun resiko selalu ada dalam setiap bisnis, anda harus belajar terlebih dahulu dan mengetahu apa itu broker saham, apa itu manajer, apa itu kenaikan, penurunan, dan lain sebagainya. Masih mau?

Wirausahakan Updated at: 10:25 PM

0 komentar:

Post a Comment