Kreatifnya Pedagang Emas Kaki Lima dalam Menjalankan Bisnis

Saya ingat ketika masih kecil dulu, ibu saya mengajak saya ke pasar untuk menjual cincin emasnya karena membutuhkan uang. Sayangnya setelah masuk beberapa toko emas, mereka menolak membelinya karena tidak ada surat sertifikatnya, kalaupun ada yang mau dia kasih harga yang sangat rendah.


Setelah muter-muter di pasar, akhirnya ibu berhenti di pinggir jalan tepatnya di kaki lima. Saya melihat ibu menjual emasnya kepada pedagang emas kaki lima, walau terlihat tidak meyakinkan namun nyatanya mereka sangat pandai dalam bicara dan memiliki beberapa alat yang berhubungan dengan jual-beli emas. Setelah tawar-menawar yang alot selama beberapa saat, akhirnya emas itu terjual dengan harga yang lumayan jika dibandingkan dengan penawaran dari toko tadi.

Kalau saya ingat-ingat, ternyata saat ini tidak banyak pedagang emas kaki lima, entahlah mungkin masyarakat sudah terbiasa jual-beli emas di toko atau mungkin mereka sudah sukses dan mendirikan toko emas sendiri. Tapi menurut saya, mereka adalah orang-orang yang sangat kreatif dalam dunia bisnis, kenapa?

Untuk mendirikan usaha toko emas, dibutuhkan modal yang terbilang cukup besar di kisaran miliaran Rupiah. Syaratnya juga tidak semudah membuka toko baju atau sembako, selain itu perlu pengamanan yang ekstra mengingat banyak kasus kejahatan yang terjadi di toko emas saat ini. Walau kini sudah banyak bisnis emas secara online, toh nyatanya belum terlalu tenar di masyarakat karena menurut beberapa sumber, sistem ini agak ribet dan kurang dipercaya.

Dan para pedagang emas kaki lima ini bisa terjun dalam dunia jual-beli emas dengan modal yang pas-pasan, bahkan bisa dibilang sangat kecil. Tempat jualan yang mereka pakai juga sangat sederhana, biasanya hanya memerlukan meja atau lemari kaca kecil untuk menaruh beberapa peralatan untuk memeriksa emas, timbangan emas, dan lain sebagainya.

Para pedagang emas kaki lima sangat pandai merayu orang, silakan anda coba sendiri tawarkan emas kepada mereka, pasti anda akan mendapat jawaban yang sangat mengagumkan, mereka paham dengan informasi tentang emas dengan sangat detail, mereka juga sangat pandai dalam bicara, gak kalah sama orang-orang pintar di gedung sana lah.

Pedagang emas kaki lima biasanya berani membeli emas perhiasan atau batangan tanpa sertifikat sekalipun, mereka sudah punya jaringan bisnis yang mau menampung emas yang mereka beli di jalan. Biasanya mereka melebur emas yang dibeli dan dijual ke pengusaha emas langganan mereka, atau kadang mereka juga menjual ke pengusaha toko emas yang ada di sekitarnya, yang penting ada untungnya.

Walau terkesan sederhana, namun nyatanya pedagang emas kaki lima ini masih memiliki langganan yang setia menjual emas mereka padanya, dan keuntungan yang mereka dapatkan juga lumayan besar. Salah satu pedagang mengaku, bisa mendapatkan keuntungan hingga 10 juta jika sedang ramai, dan kalau sepi biasanya mereka bisa mendapatkan untung di kisaran 3 juta, besar juga yah.

Saya pikir para pedagang ini adalah contoh kreatif dalam bisnis, mereka tahu modal toko emas sangat besar, namun mereka punya caranya sendiri untuk tetap menjalankan bisnisnya walau dengan modal minim sekalipun. Yah, bisnis memang harus kreatif!

Wirausahakan Updated at: 7:20 AM

0 komentar:

Post a Comment