Mau Buka Toko Sepatu? Yuk Lihat Analisa Bisnisnya Dulu

Sepatu bisa dibilang merupakan alas kaki yang paling populer saat ini, dengan berbagai merk dan kualitas yang semakin berkembang membuat kita malah semakin bingung memilih jenis sepatu yang tepat bagi kita. Memang peluang untuk membuka usaha toko sepatu ini cukup terbuka lebar, namun kalau salah persiapan yang ada malah rugi.

wira usaha
sumber gambar : samuelsaptohadi.blogspot.com

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam usaha toko sepatu diantaranya adalah :
  • Tempat usaha yang strategis, bukalah toko yang berada di pinggir jalan dan ramai oleh lalu lalang orang yang lewat.
  • Jenis produk, misalnya sepatu santai, olahraga, hiking, atau yang lain (usahakan jangan terlalu macamnya, dan lebih spesifik)
  • Kualitas produk yang dipilih, kalau anda mau yang KW silakan pilih yang kira-kira tepat, kalau mau yang ori semisal nike, ardiles, puma, dll juga boleh namun paling tidak anda harus benar-benar tahu tentang sepatu (info tentang sepatu lengkap ).
  • Kuantitas produk yang cukup, dalam hal ini tentunya harus menghitung ukuran dan ketersediaan barang, misalnya saja ukuran paling standard orang indonesia ukuran 40 kita bisa menyediakan hingga 3pcs untuk satu produk.
  • Harga produk yang bisa bersaing, tentu saja ini adalah nilai jual yang bisa kita maksimalkan untuk menggaet calon pembeli.
  • Promosi yang bertubi-tubi, artinya mau tidak mau kita harus mengenalkan usaha sepatu kita dengan gencar agar orang mengenal dan paling tidak mereka tahu bahwa ada toko sepatu yang baru.
Setelah hal-hal penting di atas anda persiapkan, maka selanjutnya adalah proses persiapan dimana anda harus mendapatkan agen sepatu yang tepat (atau anda produksi sendiri), mulai menyediakan tempat usaha entah itu punya sendiri atau menyewa toko, isi dengan berbagai perlengkapan yang diperlukan untuk sebuah toko sepatu. Jika persiapan sudah selesai, maka sudah saatnya mendisplay barang yang ada agar terlihat menarik dan rapi tentunya.

Toko sudah buka, barang sudah ready, tinggal menunggu pembeli datang? Segera promosikan produk anda melalui berbagai media promosi, semisal
  • Media offline : brosur, banner, stiker, spanduk, dan berbagai program nyata yang intinya promosi produk yang anda inginkan.
  • Media oniline : yang gratis misalnya beriklan di bukalapk, toped, olx dll, membuat blog toko online, share di grup FB, twitter, Fanspage, Instagram, dan berbagai media gratis lainnya. Yang gratis misalnya ikut jasa periklanan dari Google, Facebook, SEO dan yang lain yang tentunya akan menghemat waktu anda dan meningkatkan jumlah promo dalam waktu singkat.
Kalau anda sudah melakukan semua persiapan dan promosi, saya yakin dalam waktu singkat toko sepatu anda akan mulai dikenal, yah paling tidak satu dua orang akan mulai menanyakan harganya, jenisnya, kualitasnya, dan tinggal menunggu para pembeli datang ke toko anda. Untuk produk ori, mungkin penjualannya agak kurang namun keuntungannya lebih, sedangkan produk KW biasanya lebih diminati namun keuntungannya juga tipis karena harganya yang memang sudah murah dari sononya.

Banyak sekali saya mendapati toko sepatu yang baru buka, punya banyak produk bagus, namun hanya beberapa waktu sudah tutup kembali dan bangkrut., kenapa? Entahlah, mungkin kurang laris atau kurang sabar dalam usaha. Yang namanya usaha harus sabar dan yakin, maksimalkan para reseller dan dropshipper, ajak mereka untuk menjualkan produk anda dan InshaAllah usaha anda akan cepat berkembang walau keuntungannya menipis.

Wirausahakan Updated at: 1:32 AM

0 komentar:

Post a Comment