Analisa Usaha Es Batu Balok & Kristal yang Menguntungkan

Es batu (ice cube) merupakan salah satu jenis bahan makanan yang saat ini sangat dibutuhkan, entah itu di desa atau di kota, mulai dari rumah, pedagang pinggir jalan, rumah makan, restoran, atau bahkan berbagai pabrik besar juga membutuhkan es batu dalam jumlah yang besar setiap harinya. Indonesia yang memang masuk dalam negara tropis memang kerap mengalami musim yang panas, dan rasanya es dan minuman dingin lain memang menjadi minuman favorit untuk menghilangkan dahaga.

Peluang bisnis terbuka lebar untuk anda dari produksi es batu, kalau anda bisa mempelajari dan tahu seluk beluk tentang bisnis ini maka anda akan menyukai bisnis yang cukup mudah dan prospek kedepannya cukup baik. Berikut akan saya tuliskan analisa usaha es batu dari yang balok (tradisional) dan yang kristal (modern) serta keuntungannya.

Analisa usaha es batu balok
Es batu dengan bentuk balok ada yang berbentuk kecil dan sedang dengan mengikuti ukuran plastik pembungkusnya, namun ada juga yang memang dicetak dengan bentuk yang besar, biasanya digunakan untuk mendinginkan ikan atau daging di dalam kapal atau mobil.

Untuk harga es batu berbentuk balok biasanya cukup murah, di tempat saya harganya berkisar antara 1ribu untuk satu bungkus es batu ukuran plastik setengah kilogram. Sedangkan untuk ukuran 1kg maka harganya sekitar 1.500-2000 tergantung yang jual juga. Sedangkan untuk ukuran yang besar biasanya dihargai sekitar 10ribu.


Untuk membuat es balok ini terbilang cukup mudah, untuk yang ukuran kecil rumahan bisa menggunakan freezer, sedangkan untuk yang balok ukuran besar membutuhkan mesin khusus dan tempat yang cukup besar.

Kelebihan dalam pembuatan es batu balok ini ada pada kemudahan dan kesimpelannya, bentuk tak terlalu menjadi masalah yang penting kualitas es batu ini baik. Kekurangannya tentu pada pemakaiannya yang cukup repot karena harus memecahnya kembali menjadi bongkahan.

Analisa usaha es batu kristal
Kini es batu berevolusi menjadi bentuk yang lebih menarik dan tentunya lebih diminati untuk sektor kuliner dan industri, bentuk es batu kristal yang menarik perhatian dan mudah digunakan sangat diminati oleh berbagai kalangan di masa kini. Terbukti dari beberapa kali saya membeli es di pinggir jalan, kebanyakan penjualnya memakai es batu kristal dan tentu saja menambah nilai jualnya.

Harga es batu kristal biasanya dalam bentuk per pak, satu pak sekitar 10kg dan dihargai dengan nilai sekitar Rp 10.000, 00 bahkan ada yang menjual hingga Rp 20.000, 00. Harga yang cukup mahal untuk kapasitas 10kg saja, namun dengan bentuk yang lebih bagus dan kualitas yang lebih baik membuat pelanggan lebih memilih jenis ini.

Untuk membuat es batu kristal membutuhkan mesin es batu kristal khusus yang diproduksi dari luar negri (korea kalau tidak salah), harganya bervariasi tergantung kapasitas produksinya, untuk yang sekitar 0,5 ton harganya masih di kisaran 30juta, namun untuk yang produksi 1-4 ton harganya bisa mencapai 400juta.

Kelebihan es batu kristal tentu saja dari segi bentuk dan kualitas yang lebih baik, pangsa pasar yang lebih luas dan tentu saja pelanggan yang membutuhkan kualitas. Target pasar untuk es batu kristal diantaranya adalah penjual minuman pinggir jalan, rumah makan, KFC, McD (dan sejenisnya), serta berbagai usaha lain yang membutuhkan es batu setiap harinya. Mereka berani membayar mahal untuk mendapatkan kualitas es batu yang lebih baik dan simple saat digunakan.


Itulah analisa usaha es batu yang menguntungkan, jika anda saat ini tidak memiliki modal puluuhan bahkan ratusan juta untuk memulai usaha es batu kristal, ada baiknya anda mencoba usaha es batu balok terlebih dahulu dengan membeli freezer yang lebih murah, namun jika anda masih ingin mencoba usaha es batu kristal anda bisa memulainya dengan menjadi reseller, caranya dengan menghubungi pabrik pembuatan es batu kristal dan mendaftarka diri untuk menjadi resellernya terlebih dahulu.

Wirausahakan Updated at: 9:40 PM

11 komentar:

  1. Bagi yg berminat utk menjadi reseller/agen es batu crystal, kami "Callysta Ice Tube" siap melayani anda!!
    Kami sudah memiliki izin resmi dari uji laboratorium dengan kode L 002649/92/122/AM/VII/2017.
    Siap kirim area Bojonegoro, Tuban, dan Cepu!! Harga agen Rp.3500/pack 5kg 😊 kami juga menyediakan lemari es loh buat para agen 😉



    Hubungi Afif : 081357955533

    ReplyDelete
    Replies
    1. daerah jakarta timur bisa ga bos

      Delete
    2. Kirim ke jakarta utara bisa tidak bisa wa ane ke 087824358232

      Delete
    3. daerah tuban bisa mas Afif??

      Delete
    4. untuk di padang sumatera barat bisa gak pak kerjasamanya

      Delete
  2. Modal untuk memulai usaha es bat cristal berapa

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan target penjualan, pelajari dulu harga dan berbagai teknik bisnisnya

      Delete