Usaha Pembibitan Tanaman, Cocok di Pedesaan & Keuntungan Berlipat

Kalau anda sedang mencari usaha yang tepat dijalankan di sebuah desa atau kampung yang masih memiliki lahan luas dan sumber daya alam yang melimpah, maka pembibitan tanaman merupakan salah satu usaha yang tepat untuk menjadi pilihan bagi anda.

Usaha yang satu ini tidaklah membutuhkan biaya besar, perawatan bibit tanaman juga tidak memerlukan penanganan yang terlalu sulit, yang pasti adalah penyediaan tempat yang tepat, mengerti berbagai aspek tentang pembibitan tanaman, dan juga mau bekerja keras dalam merawat bibit pohon ini.

Saya pernah mendengar kisah dari salah satu tetangga yang sukses di usaha pembibitan tanaman ini, dia sering nongkrong di luar kota hingga berminggu-minggu hanya untuk mengais biji tanaman yang memang susah ditemukan di daerahnya. Memang terlihat seperti pemulung saat mengais biji tanaman, namun kalau sudah menjadi bibit dan laku dijual, maka yang ngatain pemulung bakalan melongo. Harga satu bibitnya bisa mencapai 50ribu, dan dia bisa menumbuhkan hingga ribuat bibit dari biji yang dia pungut di jalanan, hitung deh kalau 1ribu bibit dikalikan 50ribu, sudah 50juta.

Usaha yang satu ini tidak memerlukan waktu yang lama untuk mulai menikmati hasilnya, jangka waktu dari benih yang tumbuh menjadi bibit biasanya berkisar antara 1-6 bulan tergantung jenis tanaman yang dipakai. Masalah pemasaran tidak sulit, banyak agen yang akan datang ke tempat anda untuk membeli bibit tanaman anda, atau kalau ingin menjual lebih mahal anda bisa mengirimkan ke luar kota dimana harganya bisa 2x lipat.

Untuk memulai usaha pembibitan tanaman ini diperlukan lahan kosong yang cukup luas, makanya saya katakan lebih tepat dijalankan di pedesaan. Perlengkapan yang dibutuhkan diantaranya plastik dan tanah untuk membuat pot tanaman, lalu beberapa perlengkapan lainnya, obat tanaman, pupuk, dan lain sebagainya. Biaya yang dibutuhkan tidaklah terlalu besar, namun keuntungannya berlipat ganda.

 
sumber gambar : pusatbibit.wordpress.com

Bingung mau usaha di desa? Coba deh buat pembibitan tanaman, pilih jenis tanaman yang anda inginkan, lalu persiapkan modal dan tempatnya, mulai deh lakukan pekerjaan yang siap memberikan penghasilan untuk anda.

Wirausahakan Updated at: 9:37 PM

0 komentar:

Post a Comment