Gagal Jadi Pemain Bola Profesional, Pria ini Malah Sukses Dalam Bisnisnya

Apa yang paling diidamkan oleh seorang yang memiliki hobi dalam dunia sepakbola? Tentunya berkarir menjadi pemain bola profesional, mendapatkan penghasilan dari hobinya, mendapatkan pengalaman bertanding dengan pemain berkelas lain, dan tentu saja bermain untuk sebuah klub sepakbola yang diidolakan. Namun nyatanya tidak mudah menjadi seorang pemain bola profesional, banyak faktor yang membuat seorang pemain bertalenta tidak bisa menjadi pemain pro.

Seperti seorang pria yang merupakan tetangga jauh saya, sedari kecil dia adalah anak yang sangat hobi bermain bola, hampir segala skil sudah dia kuasai, ilmu tentang bermain bola juga sudah dia pelajari, namun ternyata takdir tidak mendukungnya menjadi seorang pemain sepakbola profesional yang merumput di salah satu klub. Karena hal itu, dia sempat kecewa dan berhenti bermain bola, dia frustasi karena tidak bisa menembus ke dalam klub.

Namun setiap kejadian memiliki alasan baik yang tersembunyi tanpa diketahui, seperti nasib tetangga saya ini yang tidak bisa menjadi pemain bola profesional. Dari kegagalannya itu, dia malah menemukan ide bisnis yang tepat dengan hobinya, beberapa lama setelah dia kecewa karena gagal, dia bangkit dan mulai membuka bisnisnya sendiri sembari melupakan impiannya merumput dengan klub kebanggaannya.

Tetangga saya melihat sebuah peluang bisnis dari hobi sepakbolanya, dia membuka sebuah sekolah sepakbola bagi anak-anak kecil. Awalnya sekolah bola miliknya hanya berisi para anak-anak dari desanya sendiri, namun setelah beberapa lama berjalan akhirnya banyak anak dari daerah lain yang masuk dan mendaftar menjadi murid di sekolah sepakbola itu. Terakhir kala saya datang ke sekolah sepakbola itu, muridnya sudah mencapai ratusan anak, dan ada beberapa senior yang sukses menjadi pemain profesional dan mendapatkan penghasilan dari hobinya itu.

Pelajaran dasar dari dunia sepakbola, link untuk masuk kualifikasi pemain profesional, pengalaman bertanding dengan anggota sekolah bola, itulah beberapa hal yang membuat sekolah bola itu ramai dan disukai anggotanya. Tetangga saya tidak mematok biaya yang mahal, dia hanya menarik iuran setiap latihan beberapa ribu saja, namun dengan banyaknya siswa yang belajar, maka dalam satu bulan penghasilan dari bisnis sekolah bolanya itu hampir menyamai gaji seorang pemain bola pro.


Sebuah kegagalan adalah pemicu bagi mereka yang tetap berdiri di jalur yang tepat dan tak goyah dengan keadaan, namun kegagalan adalah sebuah akhir bagi mereka para pecundang yang merasa dunia ini terlalu singkat untuk terus mencoba.

Wirausahakan Updated at: 12:04 AM

0 komentar:

Post a Comment