Tips Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal & Keahlian

Salah satu bisnis yang keuntungannya berlipat ganda adalah bisnis properti, dan bisnis ini adalah bisnis yang dipilih oleh beberapa orang saja. Kenapa yang lain tidak berani mencoba bisnis properti? Alasannya karena mereka tidak memiliki modal, tidak punya keahlian, dan tidak punya relasi, bukankah itu adalah sebuah alasan yang klasik?!

Padahal sebenarnya kalau kita bertanya dan belajar kepada orang yang sudah sukses dalam bisnis properti, mereka pasti akan menjelaskan bagaimana awal mulanya berkecimpung dalam bisnis makelar rumah ini. Saya kira mereka akan memberikan tips memulai bisnis properti yang standar seperti di bawah ini :

Belajar tentang properti
Segala jenis informasi baik dari kondisi, harga, kelayakan, dan lain sebagainya tentang properti bisa dipelajari oleh semua orang, dan cara belajar yang paling baik adalah dengan mengikuti seorang pembimbing yang sudah memiliki pengalaman. Berapa lama kita belajar tergantung kemampuan kita menyerap informasi, bisa sebentar bisa juga lama, namun orang yang sukses tak pernah berhenti belajar.

Memulai langkah kecil
Setelah sedikit paham dengan dunia properti, segera temukan penjual yang akan melepas rumahnya, dengan pengawasan dari pembimbing anda, mulailah transaksi pertama anda. Ajukan proposal kepada penjual, tawarkan jasa promosi anda, jika penjual menyetujui untuk bekerja sama dengan anda, maka segeralah pelajari rumah itu dan catat, lalu tugas selanjutnya adalah dengan mempromosikannya melalui orang terdekat di lingkungan anda, media internet, koran, selebaran, dan lain sebagainya.

Menyikapi Kegagalan dan Keberhasilan
Semua orang akan merasakan kegagalan, dan kegagalan di bisnis properti biasanya dimulai dari kerjasama dengan penjual yang tidak berhasil, promosi yang gagal dan tidak bisa menjualkan rumah, keuntungan yang hilang dan berganti dengan kerugian, bahkan tidak menutup kemungkinan akan berurusan dengan hukum ketika ada salah satu pihak yang merasa ditugikan. Untuk menyikapi kegagalan, jadilah orang yang mau belajar, jadikan kegagalan itu sebagai catatan yang harus segera diperbaiki.

Ketika keberhasilan kita dapatkan, jadikan keberhasilan itu sebagai pemicu semangat, namun jangan berlebihan dan jangan sombong. Ada orang sukses yang pernah berkata "99% kegagalan, 1% keberuntungan", Apa maksudnya? Bukan tidak mungkin keberhasilan itu hanya keberuntungan saja, dan bukan tidak mungkin keberhasilan itu adalah awal kegagalan berikutnya, kalau kita tidak bisa menyikapinya dengan bijak.

Bangun Bisnis Profesional Anda
Jika bisnis ini mulai berjalan dengan anda sendiri yang bekerja, maka segera kumpulkan uang hasil dari usaha ini, lalu mulailah ambil beberapa orang untuk membantu anda, cari tempat usaha yang tepat, buatlah nama usaha anda (baca : usaha harus memiliki nama).

Kebanyakan pengusaha yang saya lihat tidak bisa berkembang, mereka terlalu puas dengan hasil dan langsung menikmatinya ketimbang membangun kerajaan bisnis mereka secara profesional.

Kapan Bisnis Dikatakan Berhasil & Sukses?
Bisnis properti anda akan dikatakan berhasil dan sukses ketika anda tidak perlu terlalu ikut campur di dalamnya, dan keuntungan terus mengalir ke kantong anda.


Itulah sedikit tips memulai bisnis properti, semua itu awalnya tanpa modal karena modal utama anda adalah niat. Lalu benar tanpa keahlian, karena semua orang sukses awalnya bodoh, bayi saja harus belajar merangkak dulu sebelum bisa jalan. Semua ada tahapnya, nikmati tahap demi tahap dalam usaha.

Wirausahakan Updated at: 5:03 AM

0 komentar:

Post a Comment