Mau jadi Pengusaha Sukses? Ikuti 8 Prinsip Pengusaha ini

Sebuah bangunan yang kokoh tentunya memiliki pondasi yang kuat, begitu juga dengan para pengusaha sukses yang ada di dunia, pasti mereka memiliki pondasi yang mereka jaga terus, pondasi para pengusaha adalah prinsip yang mereka terapkan dalam perjalanan di dunia usaha. Nah, saya akan memberikan 8 prinsip pengusaha sukses yang saya dapatkan dari ustad Yusuf Mansur.

Aamanna
Yakin hanya ALLAH SWT yang maha berkehendak, seorang pengusaha wajib memiliki prinsip yakin dalam dirinya, hal ini akan membuatnya bertahan dalam keadaan apapun yang nantinya akan dia alami, andaikata sejak awal kita tidak yakin, maka selanjutnya kita hanya akan terombang-ambing oleh keadaan. Ingatlah semua, Allah maha kaya, Allah maha berkehendak, jika kita mau berusaha tentunya kita akan menemukan jalan.
Faghfirlana
Minta ampunan kepada Allah SWT atas dosa masa lalu yang kerap menghalangi pertolongan-Nya. Saya yakin kita semua memiliki dosa, dan saya yakin ada salah satu atau salah banyak dosa yang kadang terlupa, nah dosa itu mungkin saja adalah penghalang rejeki kita, maka segeralah memohon ampunan kepada Allah Swt agar rejeki kita lancar dan cepat menjadi seorang pengusaha yang sukses.

Waqina ‘adzabannaar
Menjaga diri dari neraka. Inilah prinsip yang membangun komitmen selalu bersih, jujur, dan mencari hanya rejeki yang halal. Bukan suatu rahasia lagi saat ini banyak sekali orang yang hanya mencari rejeki tanpa mau memahami mana yang halal dan mana yang haram, jadi ketika anda benar-benar ingin menjadi seorang pengusaha yang sukses, anda wajib berusaha menjauhkan diri dari hal-hal yang akan membawa ke dalam api neraka (na'udzubillah).

Ash-Shobiriina
SABAR. Baik dalam amaliyah, menahan diri dari maksiat atau ketika mengelola nafsu, manusia akan dihadapkan dengan segala macam masalah untuk menguji kesabarannya. Jadi ingatlah sejak awal dalam dunia usaha itu tidak ada yang namanya jalan lurus dan lancar, pasti suatu saat ada halangan yang menimpa anda, saat itu anda wajib sabar.

Ash-Shodiqiina
Lurus dan jujur dan selalu baik hati, pikiran maupun tindakan. Sambungkan pikiran baik anda dengan kelakuan yang baik pula, jika anda bisa melakukannya saya yakin kehidupan anda akan mudah, rejeki akan datang dan masalah cepat menghilang. Tanyakan pada diri anda sendiri secara adil, sudahkan anda menjadi seorang yang baik pikiran dan perilakunya?

Al-Qonitiina
TAAT selalu pada perintah Allah adalah prioritas di atas segala aktivitas, ada pepatah yang berbunyi "kerja itu hanya selingan untuk menunggu waktu sholat", dan hal itu cobalah anda terapkan. Masalah dunia sebaiknya kita nomor duakan, yang kita pentingkan adalah masalah akhirat, kewajiban kita kepada Allah, jadi mulailah memperbaiki ibadah.

Al-Munfiqiina
Menafkahkan harta di jalan Allah, baik dalam keadaan lapang maupun sempit. Intinya adalah sodaqoh, ketika seorang manusia mau bersedekah di jalan Allah, niscaya dia akan mendapatkan gantinya yang berlipat-lipat jumlahnya. Dalam blog ini saya sudah pernah menuliskan kisah-kisah saya dan beberapa kisah lain tentang keajaiban sedekah, silakan anda cari sendiri.

Mustaghfiriina bil ashhaar
Beristighfar di waktu sahur, berdiri hidupkan malam dengan tahajud. Anda tahu perbedaan kekasih Allah? Mereka senantiasa beraktifitas di pertengahan malam, mereka adalah orang-orang yang takut tidur terlelap, mereka lebih memilih untuk beribadah di kala manusia lain terlelap tidur, dan mereka adalah orang-orang yang dicintai oleh Allah Swt. Coba anda lihat salah satu orang sukses di sekitar anda, apakah mereka memiliki mata yang terlihat mengantuk? Apakah kulit mereka kering? Muka mereka nampak kusam? Bibir mereka pecah-pecah? Itu beberapa tanda bahwa mereka yang sukses masih menyisakan malamnya untuk Allah, mereka bekerja di siang hari dan beribadah di malam hari.
Saya menuliskan prinsip ini bukan berarti saya sudah menjadi seorang sukses yang menjalankan prinsip ini, saya masih terus berusaha menjalankan prinsip ini, saya masih terus berusaha untuk sukses, jadi ayo kita bersama-sama menuju kesuksesan dunia tanpa meninggalkan akhirat kita. Saya pribadi yakin, ketika kita berjalan di jalan yang diridhai Allah maka apa yang kita minta akan cepat terkabul, dan saya yakin kalau kita hanya mengejar dunia saja maka kita akan dipermainkan dengan dunia yang kita kejar, silakan cermati saja kehidapan anda selama ini.

Wirausahakan Updated at: 11:45 PM

0 komentar:

Post a Comment