Usaha Bersama? Perhatikan Hal Berikut!

Salah satu cara yang bagus untuk memulai usaha adalah dengan mengajak orang lain untuk bersama-sama membangun usaha tersebut, banyak keuntungan yang bisa didapat ketika kita memutuskan untuk memulai usaha bersama, diantaranya adalah :
  • Permasalahan modal yang bisa teratasi dengan mudah, dengan adanya tambahan modal dari orang lain, maka akan membuat usaha tersebut semakin mantap dan meringankan beban kita dalam memikirkan modal.
  • Kerjasama yang baik akan membuat usaha semakin beres, karena ada sokongan ide, pemikiran, tenaga, dan semangat dari pihak kedua.
  • Mendapatkan teman berbagi saat ada suatu permasalahan, jadi saat ada sesuatu hal yang terasa sulit kita bisa dengan mudah dan gamblang membahasnya dan mencari solusi yang terbaik.
  • Karena sukses harus mengajak orang lain!
Namun disamping keuntungan-keuntungan yang didapatkan dengan menjalankan usaha bersama, ada juga permasalahan yang terkadang tidak terfikirkan sebelum memulai usaha tersebut. Contohnya saja dari usaha toko baju yang kemarin saya kerjakan, dimana ada 3 pemodal yang memiliki usaha tersebut. Awal memulainya mereka masih kompak dalam menjalankan usaha, kemudian beberapa bulan kemudian satu per satu pemodal semakin pasif dan terkesan lepas tangan, usaha yang kurang maju dibiarkan begitu saja tanpa dicarikan solusinya, saya pikir bukan tidak mungkin beberapa saat kemudian salah satu pemodal akan mengundurkan diri. Itu hanya salah satu contohnya saja, karena saya sudah beberapa kali melihat usaha bersama yang berakhir dengan hilangnya uang dan tentu saja hilangnya jalinan pertemanan karena masalah yang timbul dari usaha bersama tersebut, Sebenarnya ada beberapa pokok penting yang harusnya diperhatikan di awal memulai usaha, diantaranya adalah :
  • Pemimpin! Walaupun sebuah usaha dijalankan oleh beberapa pemodal, hal yang paling penting menurut saya adalah adanya seorang pemimpin yang bertanggung jawab, jadi ketika ada salah satu pemodal yang tidak konsisten, maka pemimpin wajib tegas. Malah kalau bisa, mending pemimpin tersebut hanya mendapatkan modalnya saja, masalah menjalankan usaha jangan dibebankan kepada pemodal yang lain, tentu dengan pembagian hasil yang jelas. Saya pikir dengan begitu malah lebih enak dan jelas.
  • Pembagian hasil harus dipertimbangkan besarnya modal dan kerja masing-masing pemodal, hal ini harus ditulis dengan jelas sedari awal, jadi bisa menjadi pedoman selanjutnya.
  • Keterbukaan adalah salah satu hal penting yang wajib dilakukan saat membuka usaha bersama, usahakan setiap masalah atau peluang yang ada bisa disharing dengan jelas dan gamblang sehingga tidak menmbulkan kecurigaan.
  • Pembukuan yang jelas, jangan hanya dengan perkiraan saja, catat semua stok, belanja, pejualan, target, dan keuangan dari sebuah bisnis, jangan ada sesuatu yang disembunyikan karena masing-masing memiliki hak untuk tahu.
  • Kemampuan bekerjasama, hal yang standard dan mudah, namun sebenarnya berbeda jalinan pertemanan di kehidupan biasa dengan kerja sama di dalam sebuah usaha.
  • Profesional, artinya kita benar-benar membuka usaha, bukan hal yang dicoba-coba atau main-main.
  • Target, ini adalah hal yang sepele namun dikesampingkan, semua orang memiliki target, dan dalam usaha bersama tentunya tidak terlepas dari target jangka panjang dan pendek, dengan adanya target maka akan ada usaha untuk mewujudkannya.
Itulah beberapa keuntungan dan hal-hal yang harus diperhatikan dalam membangun usaha bersama, siapapun orang yang anda ajak menjalankan usaha bersama, berusahalah dengan profesional dan sungguh-sungguh, jadikan itu adalah usaha yang menyenangkan dan semakin mengeratkan pertemanan atau persaudaraan, sukseslah bersama orang disekitar kita.

Wirausahakan Updated at: 8:34 PM

0 komentar:

Post a Comment