Strategi dalam Bisnis Musiman

Bisnis musiman adalah bisnis dadakan yang tercipta karena suatu hal yang populer secara mendadak, atau faktor alam yang datang sehingga menciptakan sebuah peluang bisnis yang sangat bagus untuk kita menekuninya, namun dalam bisnis musiman ini terkadang banyak sekali orang-orang yang terlambat bergabung dan bukannya mendapatkan untung besar, namun malah rugi. Saya ambil contoh saja bisnis batu akik yang kemarin booming, saat itu hampir semua orang ingin mendapatkan keuntungan dari penjualan batu akik, mereka beramai-ramai mencari dan menjual batu akik, namun saat ini hampir sudah tak terdengar kabarnya, harga jualnya juga sudah sangat jatuh, yang tadinya laku 1 juta, saat ini dijual 100 ribu saja sudah susah karena peminatnya sudah sangat berkurang, sehingga mereka yang masih memiliki banyak stok batu akik akhirnya mulai gulung tikar dan mengalami kerugian.

Seperti bisnis lainnya, dalam bisnis musiman sebenarnya juga memiliki strategi khusus yang harus kita pahami agar kita tidak masuk dalam golongan orang yang rugi dan hanya menjadi korban keramaian bisnis musiman, disini saya akan sedikit memberikan strategi bisnis musiman yang bisa anda pelajari, strategi itu adalah :

Tepat Waktu
Jika anda mulai menerjuni sebuah bisnis musiman dimana harganya sedang tinggi, maka anda sudah terlambat karena ketika anda membangun bisnis anda, maka usaha tersebut sudah mulai menurun dan tak menutup kemungkinan sudah selesai. Yang harus kita perlukan adalah tepat waktu dalam mengikuti bisnis ini, kalau sedang populer maka bergeraklah, dan saat ada sinyal mulai sepi segeralah mengurangi keikutsertaan anda.
Update
Ini yang harus anda lakukan jika ingin untung, update harga dan kebutuhan yang ada, jangan sampai menjual dengan harga yang murah dan jangan sampai membeli barang dengan harga yang tinggi, dan saat menjual malah harganya sudah hancur seperti batu akik yang saya tuliskan diatas.
Bisa Memprediksi
Kemampuan memprediksi kapan ramainya dan kapan selesainya musim bisnis tersebut adalah milik para pengusaha yang sudah berpengalaman, kalau kita kurang bisa memprediksi maka sebaiknya kita mengikuti mereka yang memang sudah memiliki prediksi, kita bisa memakai mereka menjadi acuan dalam bergerak dalam bisnis musiman ini.

Siap Modal
Modal tentunya adalah hal yang penting dalam bisnis musiman, ketika harga sedang naik jangan sampai anda terlambat mendapatkan untung hanya karena modal anda kurang dan akhirnya anda hanya pegang kepala dan berkata "andaikan saya memiliki modal yang lebih banyak". Sebenarnya banyak sekali sumber modal yang bisa kita dapatkan, anda bisa membacanya disini.

Cepat Beradaptasi 
Ini hanya sebuah saran saja, terkadang bisnis musiman yang populer bukanlah bisnis yang kita kuasai, contohnya perubahan bisnis burung menjadi bisnis batu akik adalah dua bisnis yang berbeda, maka yang kita butuhkan adalah adaptasi dalam bisnis tersebut agar tidak tersesat.
Itulah beberapa strategi untuk menghadapi bisnis musiman, dapatkan keuntungan berlimpah saat bisnis musiman berlangsung dan bersiaplah saat sudah mulai sepi, semua bisnis memiliki strategi yang harus kita pahami dan pelajari. Sukses itu perlu berfikir, bukan hanya bergerak saja!

Wirausahakan Updated at: 9:47 PM

0 komentar:

Post a Comment