Sistem Pemasaran Titip Jual (Konsinyasi)

Pernahkah anda melihat seorang sales yang membawa kerupuk atau kue ke warung dan mendapatkan uang bayaran? Itu adalah salah satu penjual yang menggunakan sistem pemasaran titip jual atau konsinyasi, sistem bisnis yang efektif dan memang digunakan oleh banyak pengusaha.

Sistem bisnis ini bisa dibilang lumayan mudah, kita hanya perlu mencari warung atau toko dan membuat kesepakatan kerjasama dengan maksud menitipkan barang dagangan kita di warung atau toko tersebut, jika sudah deal maka kita hanya perlu memasok barang dagangannya, menunggu beberapa hari, dan kembali untuk mengambil bayaran dan mengganti barang dagangan yang sudah lama (biasanya kalau kerupuk atau kue hanya bertahan 3-7 hari saja). Sistem bisnis ini adalah sistem bisnis yang menguntungkan kedua belah pihak, bagi penjual yang menitipkan barang dagangannya, maka dia hanya perlu menitipkannya saja dan pihak warunglah yang akan memasarkan produknya, sedangkan bagi pemilik warung atau toko, mereka untung karena bisa menjual barang dagangan tanpa modal dan mendapatkan hasil keuntungan dari hasil penjualannya tersebut, kalaupun barang rusak atau tidak laku, tidak menjadi tanggung jawab si pemiliki warung atau toko. Saat ini banyak sekali barang dagangan yang dipasarkan dengan sistem konsinyasi, yang sering kita temui misalnya kerupuk, snack, kue kering, dan jajanan lainnya yang menarik perhatian dan memiliki nilai jual yang cepat. Tidak menutup kemungkinan juga ada pihak perusahaan yang menggunakan sistem titip jual ini.
titip jual (konsinyasi)

Sebenarnya sistem pemasaran seperti ini sudah lama ada dan eksis, namun terkadang kita tidak menyadarinya karena biasanya kita selalu berfikir bagaimana menjual sebuah produk kepada pelanggan dengan cepat, tanpa kita menyadari bahwa kita bisa memanfaatkan pihak ke 3 sebagai perantara untuk memasarkan produk kita. Ini yang disebut bisnis, untuk sukses kita harus melibatkan orang lain, bukannya kalau ada masalah baru melibatkan orang lain.

Walaupun terlihat mudah dan menguntungkan, kita juga harus berhati-hati saat menjalankan sistem bisnis ini, jangan lupa membuat catatan barang yang dititipkan, karena banyak pemilik warung yang kadang lupa atau nakal dalam menghitung barang dagangan titipan, jadi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terlebih dahulu. Selain itu, terkadang juga ada pemiliki toko yang pelit, menunda-nunda pembayaran barang titipan, padahal barang tersebut sudah laku terjual (menjengkelkan sekali), jika kita menemukan pemilik toko seperti ini, alangkah baiknya segera kita tinggalkan kerjasamanya karena akan merugikan kita.

Untuk target pemasaran, kita bisa membagi-bagi setiap daerah, misalnya kita melakukan penitipan barang dagangan setiap satu minggu sekali, maka kita harus mencari target toko atau warung dalam satu minggu, misalnya dalam satu hari kita ingin mengunjungi 30 toko, maka paling tidak kita memiliki 210 toko langganan agar usaha kita berjalan terus setiap hari. Target seperti itu menurut saya sangat mungkin, mengingat dalam satu desa saja paling tidak ada sekitar 15-30 toko, jadi mungkin kita hanya perlu memasarkan barang dagangan kita dalam wilayah 7-8 desa saja. Jika ingin berkembang maka mau tidak mau kita harus memiliki karyawan lain untuk memasarkan produk kita. Saya pernah menemui sebuah usaha penitipan kue kering, yang memiliki hampir 20 sales yang setiap hari berkeliling menitipkan barang dagangannya, hebat bener ini usaha.
Ayo mulai pasarkan produk kita dengan sistem konsinyasi, kita titip dagangan dan biarkan mereka yang menjualnya untuk kita, mereka senang kitapun juga senang.

Wirausahakan Updated at: 3:50 AM

183 komentar:

  1. Mantap sekali gan infonya,, (Y) :)

    bit.ly/pulsa-murahku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau tanya.. Kalo tape ketan hijau prospek yg bAgus titipnya kemana? Atau pemasaranya kemana?

      Delete
    2. Kalau saya boleh saran, jual ke org yg punya gawe/mantenan

      Delete
  2. terus kira2 si yang punya warung dapat untung berapa yaa ?
    apakah 100 rupiah per pcs produk ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kasih contoh kue kering yang harganya 1ribu
      produsen kasih harga 650-700 Rupiah,
      sales kasih ke warung setoran 800-850 Rupiah
      jadi pihak warung dapat untung 150-200 Rupiah per bungkus, sedangkan sales hanya mendapatkan untung sekitar 150 Rupiah (bahkan bisa lebih kecil).
      Tapi sales menang quantity gan, dalam satu hari dia bisa abisin ratusan bungkus kue dari warung langganannya, jadi kalau dikumpulkan ya tetap banyak juga hasilnya.

      Delete
    2. Gan, jd ketika kita ingin menjadi produsen, baiknya cari sales atw warung.? Yg baik u/ pemula dan bagi tips dungs u/ mendapatkan sales / cara nego nitip ke warung

      Delete
    3. kalau masih pemula ada baiknya nyoba sendiri biar tahu prakteknya, kalau langsung sales kadang pada ogah2ah apalagi produknya belum laku.
      untuk mendapat jaringan bisnis ya mau gak mau terus melakukan promosi berkali2, misal yah salah satu sales yang sering ke toko saya sudah 3 kali ditolak tapi masih konsisten promosi dan berkunjung, akhirnya di kunjungan ke4 saya ambil produknya karena lama-lama tertarik.

      Delete
    4. wah berarti ada kemungkinan di tolak pas kita nitip ya,

      Delete
    5. Assalamualaikum
      Mas,sy baruau rencana jual donat seribuan,tp memekai jasa seles. Mana yg lebih bagus di gaji per pcs atau per bulan.
      Dan apakah mnyak kendaran yg seles pakai kita yg tanggung?
      Target saya para penjual khusus jajanan pasar,dan sarapan pagi.
      Jadi seles cuma bekerja pada pagi hari.
      Mohon pencerahan nya

      Delete
    6. bagaimana ya caranya kasih hrga klo kita nitip di warung dgn hrga seribuan

      Delete
    7. Lebih baik gaji perbiji kalo awal lagsung perbulan pendptan sehari kita kan gatau,nanti stelah lama,dan bnyak laku ubah sistemnya ubah tiap bulan gajiannya

      Delete
  3. Gan mau nanya nih
    Aku kasih contoh, misal ane jual roti trus titip di warung A, 1 Minggu kemudian ane balik lagi ke warung A, trus itu yg punya warung bilang ane nggak nitipin roti kewarungnya. cara ngatasin pemilik toko yg nakal kayak gitu gimana ya?
    Apakah harus pakai tanda bukti?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah gawat itu gan,
      klo kasusnya kayak gitu ntar lama-lama bisa rugi agannya.
      ada baiknya agan pakai nota aja, jadi tiap agan nitip ada buktinya, kalau bisa malah minta tanda tangan sama pemilik warungnya.
      kudu hati-hati sekarang gan, gak semua orang bisa dipercaya

      Delete
    2. setelah nitip sebelum pergi minta nama pemilik warung, no hp dan jumlah barang yang dititipkan kang... catat juga tanggal pas nitipnya. jangan asal clolo atau nyelonong pergi aja. bisa repot sampean.

      Delete
  4. Thank info nya ... Serius ini bermanfaat buat saya

    ReplyDelete
  5. Mau nanya nih. Sya nitipin dagangan X ke warung. Dari saya ada harga 10.000 dan 5.000 . Yg 10rban ada 5 biji, yg 5rban ada 5 biji. Total 10 biji. Nah klo tu dagangan laku semua, pemilik warung, saya kasih 15.000. Karena kalo yg harga 10rban itu, pemilik warung dpt 2.000, yg lima ribuan dapet 1.000. Kemahalan engga ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau produknya khusus (dalam arti bukan produk yang banyak ditemui), saya rasa harga berapapun tidak masalah.
      namun jika produk yang banyak ditemui dan ternyata di tempat lain lebih murah, maka bisa kemahalan dan takutnya pelanggan anda mencari yang lain yang lebih murah.

      Delete
  6. saya mau nanya gan ? kalau saya punya produk gorengan/cemilan mentah yang ingin di pasarkan di tempat sarapan dan tukang gorengan , saya jual 800 untuk d jual pedagang 1000 dengan produk makanan mentah/belum di goreng, apakah harga jual saya cukup?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemahalan gan
      kalau harga 800 itu biasanya udah siap makan
      kalau masih mentah itungannya murah, paling harga 500 aja, itupun belum tentu pada mau soalnya repot harus digoreng dulu. Ada baiknya agan kalau mau jual mentah ngincernya ke pasar, kalau nitip ke pedagang kuliner biasanya siap saji.
      tapi kalau mau mencobanya tidak apa-apa, namanya juga usaha gan.

      Delete
    2. Gan saya mencoba menitipkan selai pisang kenapa slalu dapat penolakan di warung2 ya alasannya udah kepenuhan,apa semua warung seperti itu gan ?? Ngga semua baik ??

      Delete
  7. Gan mau tanya. Kalo misalnya ga laku. Tanggung jawab sales atau kita sebagai produsen?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya sih tanggung jawab sales gan, tapi ada juga yang tanggung jawab produsen. Kalau agan sebagai produsen usahakan jangan menanggung produk yang gak laku, bahaya buat bisnis.

      Delete
  8. asslamualaikum. saya baru jualan sistem.gtu.. gan.. saya bkin kue pukis . dri.saya 800 .. yg jual 200. d jual.1000' .. klo sisa kue nya di balikin.ke saya..pertanyaannya... spy gk balik banyak.. kue.nya.harus.gmn ya gan? soalnya.baru 2 hari.nitipnya.di abang2 kue.. baru 1 tempat... nkasi tlong d bantu.ya..gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikum salam,
      wah udah mulai bisnisnya ya gan? moga sukses yah!
      masalah produk yang kembali karena tidak laku memang menjadi masalah dalam bisnis kuliner seperti ini, namun itulah bisnis (ada resikonya).

      Saran saya agar tidak banyak kue yang kembali sehingga menimbulkan kerugian, maka agan harus membuat kue yang menarik, enak, kalau bisa tahan lama, dan jangan lupa inovasi produk agar tetap menarik di mata pembeli. Jangan membuat kue yang itu-itu saja karena lama-lama pembeli akan bosan (pengalaman pribadi).

      Delete
    2. saya mau nanya,bagi mana sih mengemas produk supaya bisa menarik pembeli?thanks

      Delete
    3. dari pengalaman saya pribadi, pengemasan produk yang rapi dan bersih jadi pilihan terbaik. Masalah mau ditambah hiasan untuk menarik perhatian jadi poin berikutnya.

      Delete
  9. Waktu ngasih notanya kapan ya.. Seumpama nota 3 rangkap, gmana tuh cara penggunaannya?? Trimaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. nota untuk pemilik warung? Kalo aku belum pernah dapet tapi kayaknya lebih aman juga kalo pake nota

      Delete
    2. hanya sekedar membantu..Nota merah buat debitur(warung) putih buat kreditur(sales)dibuat nagih disaat sudah jatuh tempo..yg kuning buat duplikasi sales..

      Delete
  10. Mas, saya mau tanya soal bagi hasil. Saya mau titip sepatu ke distro. Bagaiman bagusnya bagi hasilnya? Persenan utk toko, biaya tetap per bulan utk biaya titip spatu sya, atau saya ksi hrga modal dan terserah toko mau jual berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pilihan terakhir lebih bagus, jadi agan gak usah banyak pikiran lagi yang penting ada setoran kalo barangnya laku, penjual mah terserah mau kasih harga berapa

      Delete
    2. Misalnya si penjual buka atau kasi harga terlalu mahal dari harga sewajarnya..kan repot barang bisa ga laku..

      Delete
    3. satu banding sekian yang kayak gitu gan,
      secara naluri penjual, mereka juga ingin dagangannya laku meski bukan dagangannya sendiri. kan kalau laku juga mereka dapet untung, misal gak laku juga dari lubuk hatinya tetap merasa ada yang kurang, meski gak menanggung resiko karena barang titipan.

      Delete
  11. Assalamualaikum gan mau nanya
    Saya ada rencana buat nitip nasgor diwarung dekat sekolahan
    Rencananya sih saya mau jual dg harga 4500 dan pemilik warung menjual dg harga 5000, kira2 saya naroh haeganya kemahalan ga ya gan?
    Dan untuk anak sd/smp kira2 nasgor saya cukup menarik/tdk?

    Btw saya mahasiswi smt 1 mau nyoba usaha sampingan 😊

    Terimakasih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. harganya masih ok kok gan, kayaknya warung juga mau karena ada keuntungan yang lumayan tanpa modal yang besar. Semoga sukses bisnisnya ya bos

      Delete
    2. Maaf sekedar saran...warung untung 500 terlalu sedikit..yg pas sekitar 1000-1500..harga nasgor 5000 klo sekolah tersebut seklah elit macam alazhar ga masalah..tp klo sekolah menengah kebawah agak mahal...biasanya 3500-4000

      Delete
  12. Assalamualaikum

    Saya mau nanya saya udh 1 bulan jualan soyadrink yaitu susu kacang kedelai tapi banyak varian rasanya saya baru mau mulai titip ke warung karna selama ini saya jualan online sama pakai go food , harga soyadrink 12 rb/botol kira2 kalo dititipin kewarung kita mahalin lg apa gimana ya buat kasih profit ke yg punya tokonya.. trimakasi mohon bantuannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam

      selamat atas bisnisnya, semoga lancar dan sukses.
      Kalau mau nitip di warung ada 2 pilihan, yang pertama kurangi harganya untuk keuntungan pemilik warung (kalau keuntungan masih lumayan) sedang yang kedua tambah harganya jika keuntungan sudah pas-pasan.

      Delete
  13. mohon saran gan...sy mau jual produk..pakai sales..tuk titip di warung / toko...cara mengotrol agar sales tidak nakal gimana pak...
    sering denger..dapat bayar lunas dr toko...tp ke kita kurang..atau sales yg bawa kabur setoran..ato sales yg kabur bawa dagangan....tolong pencerahhanya pak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sales nakal nilep uang dr warung, biasanya disiasati dengan nota agar dia tidak bisa memanipulasi data,
      sedangkan untuk sales kabur bisa meniru sistem pro perusahaan dimana setiap sales dimintai jaminan yang berharga seperti bpkb atau ktp.
      permasalahan seperti ini memang sering terjadi, waspada ya gan karena banyak orang jahat dan biasanya orang dekat kita sendiri.

      Delete
    2. Hal tersebut Sering terjadi dan anda pasti bakal mengalaminya...saran saya sales gaji dibesarin tp klo ada tunggakan sales yg nanggung..

      Delete
  14. Assalamualaikum, saya menjual semacam kue khas daerah Sulsel, dan selama ini saya nitipnya masih di lingkungan pasar tradisional, sekarang saya mau mencoba ke toko oleh2 yg lumayan besar, sebetulnya saya kurang pede apakah saya terlalu terburu-buru mengambil keputusan atau langkah saya ini sudah benar ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam
      InshaAllah langkah agan sudah benar,
      Selama masih bisa diusahakan dan di jalan yang benar, maju terus!
      Masalah gagal atau berhasil mah urusan belakangan aja, yang penting nyoba dulu

      Delete
  15. asssalamualkum agan kalau jual kue dari produksi pabrik gimana tuh cara pemasaranya.,soalnya sy Reseller mau jual kue nitip di warung-warung dapet keuntunganya kecil apa besar ya .soalnya sy pemula ni mau usaha ky gtu .mohon bimbinganya agan

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumsalam
      pengalaman saya ambil cemilan dari pabriknya langsung bisa untung lumyan besar karena harganya murah, namun saya harus menambah modal untuk kemasannya.
      masalah untung mah belakangan dulu gan, nyoba dulu aja biar tau. Tapi bisnis seperti ini lumayan besar untungnya kalau dijalankan dengan baik, buktinya ada banyak yang jalan terus dan salesnya nambah.

      Delete
  16. saran saya kalo mau buka usaha , lebih baik usahan non makanan , itu kalo ga mau banyak rugi.! kalo dari porduk makanan /minuman bisa kedeluarsa bos,!saya juga usaha mangfaatin limbah plastik saya olah jadi peralatan dapur,dan bersukurlah saya karena sampah bisa sampai expor ke luar negri :) ,utuk selanjutnya kembali kepada pilihan masing masing :) jika ituh memang pilihan usaha dari makanan /minuman sebaiknya melalui proses packing snak sperti kerupuk atw kripik & di isi nitrogen tujuanya menjaga makanan tetap awet bahkan bisa sampe 1 tahun lebih ,ataw kalo mau bisnis minuman belilah mesin cup selaer buat mengolah minuman seperti minuman gelas plastik ,conto "ale ale "

    "SEGALA USAHA HARUS BERANI MELAWAN RESIKO" itu penjelasan dari saya ,mudah " bisa membantu

    ReplyDelete
  17. Gan, mau tanya sekalian minta tips, saya baru mulai usaha snack dg harga
    Dr saya 800, pemilik toko menjual dg harga 1000, dg sistem titip diwarung, masalahnya baru mulai menawarkan ke warung2 mereka sudah menolak, dg berbagai alasan, terus bagaimana supaya pemilik warung mau dititipn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat atas bisnisnya yang udah jalan gan, semoga semakin lancar dan sukses.
      penolakan itu hal biasa gan, jangan putus asa tetap semangat nyari langganan. Kalau ada 10 warung tapi yang nolak 9, siapa tahu yang 1 itulah pembuka jalan rejeki agan.
      pokoknya hajar terus jangan baper ditolak, selagi masih dalam konteks mencari rejeki di jalan yang benar jangan sampai takut gagal.

      Delete
  18. Permisi Gan, mau tanya kalo saya mau titip produk Herbal di Apotik2 gitu bagus nya pakai nota ya, lalu haruskah saya pakai brosur juga atau tidak ya,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. perlu pakai nota dan brosur biar lebih profesional gan

      Delete
  19. Gan sy baru mulai usaha jual beras kemasan 10kg dengan sistem tempo,berapa % keuntungan idealnya perkemasan yang sy jual.mohon pencerahannya gan...thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo masalah persentase tergantung agan mau niat jual lgsg ke pembeli atau ada niat jadi distributor, misal langsung ke pembeli agan cek dulu harga pasar dan usahakan tak terlalu jauh, begitu pula jika ingin jadi distributor (tapi untungnya jelas minim soalnya fokus ke quantity)

      Delete
  20. Thanks mr sun... oh iya aku juga lagi mau mulai bisnis seperti ini. Menurut mister sun. Kenapa snack yang dijual seribuan itu mereka menjualnya 800. Menurut anda... berapa sih kita bias ambil keuntungan (untuk produksi dan keuntungan? 200 perak? Atau malah 400 perak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. snack itu untungnya kecil bos, maksimalkan jumlahnya.
      setahu saya, dari distributor kisaran 600-700, di penjual grosir kisaran 800 sampai penjual yg lgsg ke pembeli. kecil banget untungnya, cuma jumlah yang terjual banyak hingga bisa nutup untungnya

      Delete
    2. Mr Sun, mau tanya kalau kita jual snack harga 1500 dan 2000 an tuk dititipkan di warung. Idealnya kita jual ke warungnya brapa ya? Agar dijual ke customer dg harga 1500 dan 2000. Makasih

      Delete
    3. untuk snack harga 1500-2000, dari pengalaman saya biasanya masuk ke warung di kisaran 1200-1800, tergantung kualitas, respon pembeli dan modal awal dari produk tersebut

      Delete
  21. Assalamualaikum, selamat malam mas mbak
    Saya mahasiswa semester 4 mau buka usaha sampingan usaha saya jualan di kampus namanya kantin kejujuran, mau nanya ada yang tau nggak makanan atau snack yang bagus untuk dijual atau yang banyak di minati sama mahasiswa apa aja, dan mau nanya ada nggak yang mau nitip snakc atau makan dan kue di usaha saya kalau ada nanti cp di WA saya 085205204781
    Terimakasih sebelumnya
    Wasslam

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikum salam
      keren nih mahasiswi nyambi jualan, moga sukses!
      kalo masalah jenis snack yang diminati, coba lakukan penelitian dulu karena tiap wilayah beda. Di tempat saya (Jawa), kebanyakan mahasiswa suka dengan makanan berat seperti nasi, cemilan gorengan, minuman yang standar dan tentu saja murah.
      kalau mau nyari yang mau nitip jajanan jangan kyak gitu mba, mending lgsg aja nyari sales atau agen yang biasa jualan secara konsinyasi biar bisa jelas dalam kerjasamanya.

      Delete
  22. Slmt mlm gan,
    Saya mau mnt kira kira solusinya,
    Saya ngisi deposit pulsa ke warung warung dan saya markup 400 per transaksi,lumayan ya markup nya,karena warung kan tanpa modal,
    Perwarung saya isi deposit pulsa 500.000,
    Dan saya ambil setoran perminggu sesuai deposit yang terjual,
    Yang menjadi kendala kadang ada beberapa warung setoran nya agak macet,
    Contoh habis 400.000 tapi cuman setor 200.000 dengan alasan uang nya masih di luar karena ada yg belum bayar,
    Kira kira solusinya gimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sudah pernah mencoba cara ini dan memang lama-lama bermasalah gan hingga saya sempat ribut dengan beberapa teman karena uang setoran yang macet parah.
      saat ini saya sudah tak meneruskannya meski untuk saudara sekalipun, saran saya lebih baik ada uang ada barang saja biar mereka gak seenaknya sama agan

      Delete
    2. Cara mendepositkannya gimana?

      Delete
  23. Siang pak. Mau tanya kalo usaha ambil cemilan langsung dr pabriknya terus kita kemas sendiri, itu nanti ijin PIRT nya gmn pak? Kalo kemasan tanpa PIRT bisa masuk ke toko2 ngga ya? Trmks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo masalah perijinan, saya kurang paham gan

      Delete
  24. Selamat pagi pak, apa beda cara jual titip di Warung (konsinyasi)
    dibanding dengan cara jual membuka lapak sendiri dengan mengangkat 1 orang pegawai di kaki Lima...tolong pencerahannya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. konsinyasi = kita menjemput bola
      lapak sendiri = kita menunggu bola
      mungkin sederhananya seperti itu pak bos

      Delete
  25. Gan,
    Sy baru rilis usaha kecil2an minuman botol, klo sy titip diwarung hrga 7000 dan siwarung bisa jual 8000, itu sudah cukup memuaskan blm utg 1000 bagi sipemilik warung?
    Makasih gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut saya sudah cukup besar gan, soalnya biasanya pemilik warung dapet untung kisaran 10% dari penjualan.

      Delete
  26. Assalamu'alaikum. Mr sun saya mau nanya nih. Nah kebetulan sya baru memulai usaha online dalam bidang alat sekolah. Baju. Bordir dan lain". Nah kalau kita titip barang trus ada yg pesan online dg kita. Kita ambilkan lagi barang di toko tempat kita titip itu. Kira" bagi hasilnya gmn ya mr?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikum salam
      selamat atas bisnisnya yang mulai berkembang yah gan,
      bagi hasil sama toko hanya ketika mereka bisa menjualkan produk titipan itu, kalau kita yang jual ya mereka gak dapet bagi hasilnya.
      Nah, biar gak ada masalah ke depannya (karena udah nitip tapi diambil lagi) maka perlu ada penjelasan dan perjanjian bahwa agan bisa mengambil barang titipan itu sewaktu-waktu karena agan juga jualan online. Intinya ada penjelasan dari awal agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

      Delete
  27. Asalamualaikum mr sun. Saat ini saya berjualan jamur krispi biasanya d bawa suami ke kantornya saya jual 5000.Tapi sya mau nambah nitip ke warug sya jual 4700 jadi ibu warung nya ambil 300rp. Kemahalan gk ya?? Mohon pendapatnya trimakasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemahalan kayaknya bos, kalau harga jual 5rb setidaknya pemilik warung dapetnya 500-1rb

      Delete
  28. Assalamua'alaikum Mr Sun, saya baru mau mulai usaha rumahan, tapi sy masih ragu karena modal yg tidak mencukupi, rencana usaha sy ingin menjual baju dewasa, kaos anak, obat herbal, susu almond,kue kering atau kue lupis, bagaimana menurut agan usaha apa yg terbaik untuk saya tekuni? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikum salam
      usaha rumahan sebaiknya diikuti dengan promosi online yang gencar,
      masalah modal InshaAllah ada jalannya kalau sudah jalan,
      saran : dagangan jangan beda-beda macemnya, misal pakaian jangan dicampur dengan makanan karena bisa jadi masalah di kemudian hari mengingat modalnya yang pas-pasan.

      Delete
  29. Apakah disini ada yg mau saya titipin gorengan dari saya cuma 700 biar dijual 1000,kalo sisa resiko saya? Kalo ada yg mau wa saya.081226072099.kusus Jakarta.

    ReplyDelete
  30. Assalamualaikum. Minta pandangan nya dong MR.Sun. Saya mempunyai 1 barang tapi banyak jenis, Misal A1, A2, A3, A4 dan B1, B1, B3, B4 dan seterusnya...
    Harga per type mulai 2000-5000-7500-8500 tempat penitipan nya toko, kira-kira berapa persen ya saya kasih ketoko ? Dan berapa sih minimal dan maksimal persen yang kita kasih ke toko, terimaksih 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran saya kalau nitip barang ambil untungnya yang kira2 bisa dibagi berdua dengan tokonya aja, untuk berapa persen tergantung agannya. Biasanya kalau harga 5ribu, pemilik warung bisa mendapatkan untung kisaran 500-1000, silakan agan kalkulasikan saja dengan harganya.

      Delete
  31. misi numpang tanya mr sun, di kantor saya kan kantin kecil yg menu makanannya itu2 aja, terus terang saya bosen dan saya pengen titip jual kaya nasi kucing/ nasi kuning/ ketoprak gitu, karena kebanyakan orang kantor carinya yang deket dan mungkin juga bosen juga karena menu di kantin kantor gitu2 aja (lauk dan sayur di masak sendiri, dan hampir tiap hari menunya itu2 saja)
    nah yg jadi pikiran saya kalo misal saya nitip jual makanan berat kaya yg saya sebutkan diatas itu kira2 gimana ya mister? saya takut kalo misal dagangan kantin itu malah jadi ga laku/menurun penjualannya gara2 saya datengin makanan berat siap makan, terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut saya itu adalah peluang bisnis bos, silakan deal2an dulu sama pemilik warung yang penting saling menguntungkan satu sama lain.
      InshaAllah gak ada masalah kalau sama2 untung

      Delete
  32. Scrol comment dari atas sampe bawah. Ternyata bloggernya aktif. Ikut nanya ah.. Hihii
    Jadi saya kan mau buka usaha repacking. Sistem konsinyasi. Tapi masih belum memahami nota"an. Kayak faktur, nota tagih, nota retur. Mungkin bisa dijelaskan, dan gimana juga yang harus dilakukan dengan nota" tersebut. Terima kasih, semoga semakin sukses untuk anda

    ReplyDelete
    Replies
    1. aktif kok gan pelan2, bagi waktu sama yang lain hehehee
      mohon maaf kalo masalah nota, jujur saja saya masih nol banget jadi moga aja ada yang bisa membantu ya gan

      Delete
  33. Misi gan, saya mau nanya, saya rencana mau bikin jajanan, saya rencana mau jual 1800 ke warung warung, misalkan warung ke 1,2,3 setuju dengan harganya, terus tiba tiba warung ke 4 minta 1700 gmn y ?
    Mohon pencerahan ny

    ReplyDelete
    Replies
    1. agan bosnya, agan yang nentuin harga dan agan harus punya sikap untuk menolak tawaran dari orang lain meski dia yang paling banyak memberikan keuntungan.
      kecuali agan punya program untuk rekan bisnis yang bisa dapet target dan mendapat harga khusus yang lebih murah, itu sudah beda lagi namun harus adil yang artinya program itu berlaku untuk semuanya.

      Delete
  34. Gan mau nanya nih
    Saya jalan di bidang Sepatu sandal
    Klo sistem pembayaran giro
    Dan cek giro itu kosong itu gmna penyelesaianya

    ReplyDelete
  35. Assalamualaikum gan tips agar pemilik warung mau menerima barang titipan kita gimana gan apakah pemilik warung harus diberi bonus diberikan gadiha atau diberi pelet hehe(guyon)

    ReplyDelete
    Replies
    1. caranya dengan bersahabat dengan pemilik warungnya.
      Saya punya pengalaman ketika menolak barang titipan di warung, namun karena ia terus datang dan ramah untuk berkawan, akhirnya saya gak enak dan lama-lama saya menerima barang titipannya.
      Jangan jadi orang asing karena mereka bisa mudah menolak, jadilah sahabatnya sehingga mereka merasa tidak enak.

      Delete
  36. Mo tanya gan, klo mau titip snack atau jajanan ke warung grosir, untuk pertamakali, kira-kira berapa pack ya, 3 5, atau 10? Warung grosir nya rame pembeli, isi /pk 20, atau 10 pcs, harga 1 pcs nya 600 dari saya jdi dia bisa jual 800. Mohon saran...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo stok lumayan, gak masalah nitip banyak, apalagi warung grosir, prospeknya lebih bagus bos

      Delete
  37. Misi gan mau nanya...
    Ane nititp snack diwarung hrga jual 2ribuan...
    Dari ane 1800 si warung dpet untung 200 per pcs.. Warung 1, 2 & 3 gx masalah dengan harga segitu.. Tiba2 warung ke 4 bandingin sama produk lain yg ngasih untung 500.. ane tolak gan karena tidak nutup buat modal juga boro2 untung😩
    Ane ngikutin sistem peritungan dgang aja gan wrung untung 10%..
    Kira2 udh bner blom gan sikap teges ane.. Ane mkir klo ekng wrung 4 gx stju soal hrganya ane yakin masih ada yg mau nerima.. Tohhh mereka tiggal pjang produk ajaa tanpa susah payah buatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bos masalahnya kadang kayak gitu, saingan harga sama yang lain. Kadang ada yang nekat ngasih untung gede cuma buat nyari pelanggan aja dulu, ntar kalo udah jalan juga harga di naikin.
      kalo warung 4 gak bisa diajak kerjasama ya tinggal aja gan, lagian agan udah modalin mereka dengan numpangin barang dagangan tanpa modal loh. bener gak tuh? harusnya mereka yang bersyukur udah dikasih tambahan barang dagangan tanpa modal dan dapet untung pula.

      Delete
  38. assalamualaikum mau nanya pak saya mau jual titip pisang coklat harganya 2000 itu warungya untungnya brapa ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikum salam, biasanya untuk harga 1000, warung dapat 100-300, kalo 2ribu mungkin kisaran 300-500 bisa.

      Delete
  39. Gan saya mau nitip gulali harumanis harga nya 1000 ke saya 800 yg punya toko dapat 200. Itu kemahalan atau tidak ya. Atau itu udah pas segitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut saya sudah pas bos, sama2 untung kalo segitu. sukses terus bos

      Delete
  40. Assalamualaikum gan ..kalo misalkan nitip donat di warung 1nya 2000 tp pemilik warung dapet untungnya tuh dari lebihan donat sy ,misalkan sy nyetor 12 donat yang 10 untuk sy yang 2 untuk pemilik warung itu kira kira masuk ngga? Kalo misalkan ngga masuk gitu itu baeknya gmn? Mks

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumsalam, maaf baru bales soalnya baru buka laptop.
      sistem seperti itu juga bisa digunakan, intinya pemilik warung tetep dapat jatah entah dari perbedaan uang atau beda jumlah barang dagangannya. yang penting sama2 nerima aja masalah kerjasamanya.

      Delete
  41. assalamualaikum gan, mau nanya jg nih, sy sdg mencoba usaha kripik jamur kuping, rencana mau dititip ke swalayan & toko snack, misalkan sy jual 13rb/pcs dg berat 100g, gmn sistem bagi hasil dg pemilik swalayan/toko ? trimakasih

    ReplyDelete
  42. wa'alaikum salam bos,
    selamat atas bisnisnya semoga lancar dan sukses.

    untuk harga, anda bisa menurunkan harga khusus untuk pelanggan atau anda juga bisa nge-up harga biar gak mengurangi keuntungan. Misal niatnya jual 13 ribu, maka bisa juga dinaikkan ke angka 15ribu dengan harga pelanggan sekitar 13-14ribu.

    ReplyDelete
  43. Mr Sun saya sudah menyimak berbagai jawaban anda atas pertanyaan2 diatas,menarik dan anda luar biasa membantu sesama. Saya lagi mencoba usaha minuman kecil2an,kendala saya adalah umur bahan yang cuma 1 hari. Ingin mencoba konsinyasi tapi bingung dengan 3 hal:
    1. Umur bahan yg singkat(kandungan susu)
    2. Produk saya kelas middle(biasanya saya jual ke pembeli rentang harga 10-20rb,bagaimana pantasnya saya menitipkan ke depot? Apakah saya kasih harga 10rb lalu terserah depotnya mau markup brp ATAU saya kasih harga 8rb lalu tentuin harga jual 10rb? Saya di stand kecil menggunakan harga 10rb.
    3. Bagaimana urutan menitipkannya(dr nota/perjanjian,sistem ambil taruhnya)

    Kalau berkenan boleh saya bertukar ilmu dengan Mr Sun? Bisa contact saya di WA: 087779999741. Tuhan memberkati semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku masih pemula gan, cuma sebisanya aja kalo bisa ya aku jawab kalo gak bisa ya gimana lagi hehee.

      kalo produk yang durasinya singkat kayak punya agan, kayaknya emang rada susah buat dikonsinyasi karena resiko barang gak laku yang kemudian menyebabkan kerugian semakin besar.

      kalo saya saranin malah sebaiknya jangan konsinyasi, tapi kayaknya agan bisa mengembangkan jaringan dengan membuka stand baru atau kerjasama dengan orang lain, tentunya dengan tetap mempertahankan nama produk agan.

      salah satu contoh yang bisa dipertimbangkan adalah bubur ayam, dimana salah satu pengusaha bubur ayam di tempat saya bisa sukses dengan bekerjasama untuk bisa menyebarkan produknya yang durasinya singkat juga. saat ini dia punya banyak cabang dan namanya semakin populer, udah bagi2 rejeki ditambah bisnisnya semakin maju.

      Delete
  44. Aku konsinyasi parfum spray di counter2 hp, alhamdulillah lancar. Dan saya ingin mengembangkan di supermarket mcm alfa mart, indo mart. Gimana caranya ya ? Sebab biasanya market yg sudah terkenal tak mahu terima product kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat atas bisnisnya bos, moga tambah sukses.
      kayaknya bisa kok, soalnya aku sering liat ada barang konsinyasi di minimarket gitu, mungkin bisa langsung ke pengelolanya atau minta informasi sama pegawainya dulu.

      Delete
  45. Saya menyimak dari atas sampek bawah...cuma kata Terimakasih yang bisa saya ucapkan pada Mr Sun dan kawan2 atas berbagi ilmunya. Semoga kehidupannya diberkahi.

    Mr sun, saya mau tanya...saya kan punya produk camialan, niatnya mau saya beri label harga 6000, saya nitip ke tokonya 5000.

    Untuk awalan saya yang nyelesin, tapi nanti kalo udah lama ya saya pakek jasa seles saya fokus ke produksi masal. nah untuk selesnya sebaiknya saya kasih harga berapa ya Mr ?

    Dan untuk pemilik toko saya kasih harga segitu (5000) itu udah menarik dan menyenangkan buat dia kan ? atau malah kebanyakan.

    Sebelumnya saya udah yakin sih kalo produk saya itu bagus. Karena saya buatnya gak asal-asalan, penuh perhitungan,menggabungkan cara2 terbaik dalam memproduksinya dan puluhan kali eksperimen sehingga ketemu formulanya.

    Terima kasih. Mohon bimbingannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih juga atas do'anya bos,
      semoga bisnisnya lancar jaya.

      Menurut saya pemilik toko sudah mendapatkan yang pas dengan perbedaan 1ribu itu, tapi untuk sales sepertinya perlu dipertimbangkan lagi. Apakah mereka mendapat gaji bulanan untuk melakukan pekerjaannya tanpa mengganggu masalah harga, atau mereka mendapatkan bagiannya sendiri dengan perbedaan harga. menurut saya, jika mendapatkan bagian sendiri maka bosnya harus merubah harga, entah jadi 6.500 atau mengurangi setoran toko, tapi saya lebih menyarankan untuk menambah harga jadi 6.500 dan sales dapat 500, bos gak perlu kehilangan uang untuk salesnya dan semua mendapat bagian.
      semoga membantu.

      Delete
    2. Begitu ya Mr....okelah. terimakasih banyak sensei 🙏 saya jadi paham.

      Delete
  46. Hai mr sun
    Boleh promosi kah siapa tau ada pelapak atau owner2 warkop
    Saya jualan nasi bungkus dri saya 7rb bisa dijual 8rb (samain ama gofood saya)
    Daerah kemang jakarta selatan
    Siapa tau bisa dititipin bisa hubungi saya
    Insya allah puas dengan nasi bungkus saya
    Nasi, lauk (bisa ayam / telor / ati ampela), tumis sayur, orek tempe, sambel. Saya jual 7rb, warung jual 8rb. Jika ada bersedia dititipin mohon diinfo trima kasih salam sukses

    ReplyDelete
  47. Assalamualaikum mr.sun

    Saya mau tanya mister, kalau mau nitip kripik ke warung2 kopi, pemilik warung bayar di awal atau bayar di ahir sejumlah produk yg laku saja dan produk tidak laku kita ambil.?
    saya masih belum tahu umum nya bagaimana.
    terimakasih banyak atas waktunya mister, semoga mister panjang umur dan lancar rejeki.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikum salam bos

      pembayaran di akhir, karena jika di depan maka sulit sekali mencari relasi bisnis, kecuali produk yang sudah terkenal dan memang dibutuhkan banget. nitip dulu, nanti yang laku dibayar, yang gak laku diganti, seperti itu sistemnya. resikonya adalah barang yang tidak laku harus kembali kepada kita.

      Terimakasih atas do'anya, semoga bos juga panjang umur, lancar rejeki dan bisnisnya sukses, aamiin.

      Delete
  48. Assalamualaikum Mrs Sun
    Mw tny nih, sy pemula usaha titip jual kue kering ke wrg wrg, sblmnya sy dh mnjalani sndiri, skr sy brencana pakai jasa sales , bgmn cara menggaji sales trsebut, apakh gaji bulanan ataukah sesuai omset dagangan
    Mhn bimbingannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikum salam bos,
      selamat atas bisnisnya dan semoga lancar jaya + tambah sukses.

      saya lebih menyarankan untuk memberikan gaji sesuai capaian si sales karena secara tidak langsung, si sales juga akan terpacu untuk ikut mencari langganan lain. Jika gaji bulanan maka ia akan bekerja seperlunya saja. Namun semua tetap ada resikonya, jadi jika ingin menggaji sales sesuai capaian penjualannya, ada baiknya anda membuat data yang jelas antara anda, sales dan pemilik warung.

      Delete
  49. Assalamu'alaikum .. Ikut baca dari atas, trimakasih sdh berbagi ilmunya..
    Mau ikut tanya nih, saya baru mulai usaha bikin kue basah, dari saya 1800, dan di warung di jual 2000. Seandainya ada yg mau pesan langsung ke saya, baiknya dikasih harga 1800 atau 2000 (sama kayak harga jual di warung)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikum salam ...
      selamat atas bisnis kuenya, semoga lancar dan sukses

      yang mau pesen langsung konsumen atau mau dijual lagi?
      kalo konsumen, sebaiknya dikasih harga yang beda dengan warung, soalnya harga bersama warung itu berlanjut, sedangkan konsumen tetaplah konsumen, harganya juga beda.

      Misal ke warung 1800, ke konsumen yang pesen langsung dalam jumlah banyak, bisa 1.850. dibedain dikit.

      Delete
  50. Oh begitu. . Trimakasih atas pencerahannya..😊

    ReplyDelete
  51. Assalamualaikum. Mau tanya saya baru mau mulai bisnis kerupuk makaroni.niatnya saya mau titip k warung, misal saya kasih 45pcs utk saya 40pcs dan utk warung 5pcs dg harga jual 1000. Kira2 pantes gak ya? Dan warung mau gak ya.tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. pantes kok bos, aku juga sering nemu sales yang ngasih sistem bagi hasil seperti itu. cuma bosnya juga harus mempertimbangkan barang yang tidak laku, apakah masuk ke bosnya lagi atau ditanggung sama pemilik warung.

      Delete
  52. Assalamualaikum, mau tanya dong gan aku kan pemula nih di bisnis bawang goreng botolan biasanya dijual ketemen2 aja nah sekarang mau coba titip ke toko gimana ya caranya supaya toko itu mau nerima barang kita?
    Dan toko apa aja ya yg cocok untuk bawang goreng?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat atas bisnisnya dan semoga bisa berkembang pesat.

      Jika mau menitipkan barang dagangan berupa bawang goreng kemasan botol mungkin bisa ke minimarket, warung makan, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kuliner.

      Jika ingin mengisi rumah makan yang rada gede, mungkin mereka akan meminta kemasan plastik dalam jumlah yang lumayan banyak karena kemasan botol masih jarang.

      Semoga jawabannya bisa membantu

      Delete
  53. Assalamu'alaikum mr.
    Saya mau mulai jadi sales nitip ke warung warung,, cara berbicara ke pemilik warungnya dengan sopan dan meyakinkan, gimana contohnya kak mr ? Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku kasih contoh sesuai pengalaman aja yah bos, kalau ada kurangnya silakan ditambah sendiri sesuai selera (kayak resep makanan aje wk)

      "permisi pak/bu, jualan lancar? ... langsung aja ya pak/bu, maksud kedatangan saya kesini mau silaturahmi, sekalian mau nawarin produk titipan."

      nah bosnya tinggal liat reaksi si pemilik warung, kalau welcome langsung aja kasih peraturannya dan produknya. Tapi kalau kurang berminat, bosnya kasih tau dulu kelebihan, keuntungan dan sistem kerjasamanya yang secara garis besar akan menguntungkan pemilik warung. nah misal gak mau juga, tinggal bilang "ya udah gpp bu, itung2 silaturahmi yah, katanya banyak kenalan jadi banyak rejeki. besok2 kalo aku mampir kesini lagi buat sekedar kunjungan boleh kan?"

      kira2 gitu bos, jadi pait-paitnya kalau ditolak tetep aja kunjungi hingga 3-5 kali dengan dalih silaturahmi, InshaAllah kunjungan ke 3 biasanya mau dititipi kok. Yang penting datangnya bersahabat, jangan langsung to the poin mau nitip produk gitu.

      Delete
  54. Assalamualaikum gan
    permisi, saya pembaca dari awal sampe ke komen komen, karena semua yg di bahas memang sangat bermanfaat sekali
    terimakasih banyak ya

    saya berencana untuk menjual produk yg bisa di bilang murah juga bisa di bilang mahal, kurang lebih 32rb dan stock 20pcs (yg akan dititipkan)
    saya berencana untuk menitipkan barang ke
    sales/toko yg ramai dikunjungi (penempatan produk saya ke sales/ toko untuk dijual, bisa dibilang sudah sesuai dengan harga yg akan saya jual)
    klo saran agan, lebih baik saya kasih harga dengan yg saya inginkan dan terserah mereka mau jual berapapun mereka mau
    yg penting sales/toko setor ke saya sesuai dengan yg sudah saya perhitungkan, atau gimana?

    dan satu pernyataan lagi, jika sales tidak bertanggungjawab dengan produk yg saya titipkan, walaupun sudah dibuatnya nota, apa yg harus saya lakukan gan?
    bagaimana cara saya meminta pertanggungjawaban dari si sales/toko itu?
    saya takut untuk rugi karena modal total yg saya titipkan itu cukup besar

    maaf, mohon pencerahannya
    terimakasih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumsalam bosque
      makasih udah mampir ke blog sederhana ini,
      model setoran seperti yang anda utarakan di atas bisa membuat harga tidak stabil, sales bisa seenaknya sendiri menjual produknya.
      Pertanggung jawaban sales tergantung bagaimana perjanjian awalnya bos, kalo makanan perjanjiannya hanya di bungkus saja dan kalo basi sales tidak menanggungnya.
      Silakan direncanakan lagi dulu biar matang dan meminimalisir kerugian, mengingat modalnya yang lumayan juga.

      Delete
    2. untuk produk yg akan saya titipkan itu tahan lama ko gan
      yg saya takutkan hanya ketidaktanggungjawaban dari pihak sales/toko tersebut

      kalau boleh minta saran agan, bagaimana cara membuat perjanjian jika ada hal yg tidak diinginkan terjadi sehingga saya mengalami kerugian
      saran aja gan hehe

      Delete
    3. perjanjiannya bisa disederhanakan aja bos, jadi gak terlalu formal dan malah membuat calon penyalur merasa terbebani. Ya diajak ngobrol santai aja, terus kasih penjelasan kalo misal ada perjanjian kerjasama. Gimana yah ngomongnya, rada susah ku jelasin hehee

      ya intinya dari awal bos, harus dijelaskan sistem kerjasama yang saling menguntungkan itu dan resiko kerugiannya.

      Delete
  55. Assalamu'alaikum Mr
    Saya berencana titip jual keripik tempe ke warung-warung, kalau saya kasih harga 2000 bagian untuk warung baiknya berapa ya? Terima kasih Mr

    ReplyDelete
    Replies
    1. jatah buat warung dibawah 500 rupiah, diatas 200, silakan dipas-pasin sama keuntungan juga

      Delete
  56. ternyata masi aktif ya mr sun saya jg mau komen saya jg ada rencana dalam waktu dekat mau di jl kan. usaha krupuk mlarat yg ada bumbunya produksi sendiri tapi ukuran kerupuk.y kecil. Ukuran kemasana 500gram harga jual pasaran 15.000 saya mau jual 10.000 agar tokoh bisa jual 15.000 saya gak ngambil untung banyak dari saya cuma 10.000 kira2 kemahalan gak ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aktif terus, tapi kadang ada kesibukan di kehidupan nyata jadi jarang update.
      kayaknya harga jualnya kemahalan bos, kalau boleh saran mending dikurangi perbedaan harganya jangan 5ribu

      Delete
  57. Wah blogger nya aktif😄 maaf ya aku mau nanya bg,aku mau buka bisnis jualan titip ke warung tapi jenis aksesoris wanita seperti ikat rambut ,harga yg kukasi 1500 dengan harga jual 2000an,kira kira satu renteng itu pemilik warung bisa dapat untung 25 rb perpapannya,menurut abg pabg pas kah dengan keuntungan sebesar itu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk aksesoris, harga segitu sudah pas dan sesuai karena dari pengalaman memang gak jauh-jauh dari perbandingan harga seperti yang bosnya tulis.
      Semoga bisnisnya lancar jaya dan sukses, aamiin

      Delete
  58. Mr Sun, Blog ini sudah lebih dua tahun, namun setiap komentar Anda respon dengan sebaik baiknya. Semoga amal baik mr tidak sia sia. Trima kasih, saya sdh mantap akan usaha konsinyasi krupuk di warung. Mohon Doa smg lancar dan sukses.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas apresiasinya, niat awal saya menulis di blog ini adalah untuk berbagi informasi dalam dunia usaha, jika bermanfaat maka saya juga ikut senang.
      Semoga bisnisnya lancar bos, jangan lupa masukin ke warung makan karena lebih mantap ketimbang di warung kelontong

      Delete
  59. gan mau tanya yah bang, saya nitip in es krim ke warung trus kata pemilik warung komisi es krim beda sama makanan lain karena ada beban listrik dan pemilik warung minta komisi 30%.
    menurut abang gimana.? mohon pencerahan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bos, pemilik memang berhak mengajukan keberatan seperti itu, namun bisa dimusyawarahkan dengan pemilik toko.
      mungkin bisa minta pengurangan komisi atau jika memang tidak bisa maka agan yang menyiasati dengan menambah harga, menambah promo atau yang lain asalkan tidak merugi

      Delete
  60. Gan bagi tipsnya dong..cara menawarkan barang ketoko toko.. biar bisa dtrima hee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku pernah bagiin tipsnya, tapi lupa di postingan mana hehehee
      intinya kita berteman dulu sama pemilik tokonya, mungkin bisa dengan kunjungan terus, beli dagangannya, ikut ngopi dll, kalau udah deket kan pemilik tokonya bakalan gak enak kalau kita mau nitipin barang.

      Delete
  61. Gan kalo saya mau jual piscok tapi 1 mika isinya 2. Harga dari saya 2.200 buat yg jaga kantin nya 300. Jd dijual 2.500, pantes ga mnurut agan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah pantes banget bos, semoga bisnisnya sukses

      Delete
  62. Mr Sun sebenarnya dikisaran berapa persen sebaiknya kasih untung untuk pemilik toko yang kita titipi jika saya punya produk bagus dan laku keras karena rasanya enak dan harganya terjangkau.

    Misalkan ni barang tersebut saya bandrol 2000 rupiah untuk konsumen. karena sistem titip jual. Nah berapakah selayaknya saya beri harga ke pada pemilik tokonya. Rencananya saya mau kasih 1600. Apakah itu kebanyakan ?

    Saya sengaja mengsetting untuk penjualan lebih banyak dengan laba yang sedikit. Sehingga produk saya diminati dan laku keras.

    Terimakasih Mr Sun atas tanggapannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk menentukan persentase yang tepat, tentu agan sendiri yang lebih paham dengan kodisi dagangannya. Saya hanya memberikan informasi dan sedikit arahan yang semoga bisa bermanfaat.
      Jika harga jual 2ribu, menurut saya memberikan harga ke warung sebesar 1.600 masih terlalu sedikit karena warung untung 400 sedangkan produknya laku keras. Jika memberikan harga 1.700 atau 1.800 juga sepertinya masih wajar.
      warungnya nggak modal, kita yang menanggung resiko, jadi jangan terlalu memanjakan warungnya.

      semoga bisnisnya sukses dan semakin berkembang ...

      Delete
  63. Saya niatnya pengen usaha nitipin mainan anak yg hrga serba 1000 & serba 2000 ke warung-warung gan.. Kalo yg serba 1000 saya ksh hrga 750 dan srba 2000 sya ksh hrga 1500 ke warung. Gmna gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nominalnya masuk gan, tapi pengalaman ada yang nitip produk sejenis yang bukan makanan, kadang jarang dicek ke warung (bisa sampai sebulanan baru ada kunjungan) dan hal itu terkadang jadi masalah.

      saran aja si gan, kalau bisa ada jadwal kunjungan yang tidak terlalu jauh, entah seminggu atau dua minggu sekali asal terus terpantau.

      Delete
    2. Iya setuju gan, saya jg niatnya gitu dua minggu sekali kunjungannya... Mksh sarannya gan, cepet jg bales komennya gan..hehe

      Delete
    3. Kalau boleh tau masalahnya apa aja ya gan misal kunjungan sampai sebulanan?

      Delete
    4. aku jalanin blog ini udah lama dan InshaAllah bakal aktif terus karena tujuannya pengin berbagi informasi sekaligus sharing2 bareng temen2 yang emang pengin berwirausaha, jadi bisa cepet responnya hee

      itu yang sampe bulanan ada, entah karena sibuk atau emang males, terus ada juga yang gak diambil lagi sama sekali karena usahanya ditinggal gitu aja.

      Delete
    5. Perlu pakai nota untuk pemilik warung atau cukup dicatat aja dibuku ya gan?misal dicatat nama pemilik warung,jumlah barang titipin,tanggal titip..

      Delete
    6. sebaiknya tetap memakai nota agar aman ke depannya

      Delete
  64. Hallo gan saya mau tanya nih, saya punya bisnis baju wanita yang saya produksi sendiri. Saat ini saya masih berjualan di social media saja, tapi penjualan kurang baik. Saya ingin kerjasama pakai sistem konsinyasi dengan toko atau distro, tapi saya kekurangan informasi untuk mencari toko atau distro yang mau diajak kerjasama dengan sistem konsinyasi. Mungkin agan bisa kasih tips untuk saya mencari partner gimana yaa gan? thank you gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetangga saya pernah mencoba sistem konsinyasi baju distro.
      dia ngambil di bandung, lalu keliling kota buat nyari distro/toko dan menitipkan dagangannya itu.
      dulunya sih jalan & katanya lumayan sukses, kalau sekarang nggak denger kabarnya jadi nggak tau perkembangannya.

      Saranku, selain di medsos, bisa juga main di marketplace, website pribadi dan tentu saja offline. Apalagi produk agan ini buatan sendiri, tentunya punya keunggulan khusus dong jika dibandingkan dengan penjual lain.

      Delete
  65. Nanya bang
    Kalau kita ngasih target ke sales misal dalam sebulan wajib menjual 1000 bungkus cemilan, kalau sales bisa menjual 5% ke atas di atas target kita kasih bonus penjualan, tp kalau ada tunggakan/setoran macet dr warung/toko 100% tanggung jawab sales(harus ganti) apakah wajar atau terlalu membebani sales?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sistem beban produk yang tidak laku ditanggung sales mirip seperti sistem konsinyasi kerupuk dan kue kering. Saya terkadang mendengar curhatan sales yang terpaksa membuang banyak dagangannya karena tidak laku dan sudah tidak bisa dimakan lagi.
      Terkadang kita memang harus cari untung, namun jangan lupa juga agar tidak membebani orang lain.
      Saranku (cuma saran aja), mungkin jika ingin mengganti sistem produk yang tidak laku tidak perlu diganti sales, bisa mengalihkan bonus penjualan untuk menanggulangi masalah produk yang tidak laku dan basi itu.

      Delete
  66. Saya mau nanya , saya mau jual stik kentang , harga jualnya 1000 , dan sang penjual 200 perak , karena penjualnya jualan di kantin , kira kira saya buatnya berapa ya , karena kalo sedikit , untungnya cuma sedikit

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberapa trik mengakali hasil konsinyasi yang minim,
      dari pengalaman bersama beberapa pelaku sistem bisnis ini,
      ada yang kemudian menambah produk lain yang untungnya lebih banyak, ada yang mengurangi takaran produk dan lain sebagainya.
      Tapi saya lebih menyarankan untuk memperbanyak produknya, apalagi stik biasanya bertahan lama dan lagipula penjualannya bagus.

      Delete
  67. Assalamialaikum mr. Saya mau mulai usaha keripik dengan sistem titp diwarung, harga saya kasih 8000 ke warung, dan di jual dengan harga 10.000, kira2 kemahalan ga ya?

    ReplyDelete
  68. Hi Mr. Sun,
    Saya sudah baca semua tanya jawabnya.. Terima kasih infonya.. Saya baru mau mulai konsinyasi ke kantin sekolah jadi tambah ilmu dan semangat. Saya jg mau tanya.. Klo untuk isi ulang air minum biasa cara gaji karyawan kurirnya gimana y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk air minum galon, saya pernah ngobrol sama salah satu pengusaha yang menjalankan bisnis ini.
      Sistem gajinya bisa dibicarakan sejak awal, bisa hitungan per bulan, bisa juga hitungan per satu kali antar pesanan.

      Delete
  69. asallamu'allaikum bang aku mau tanya ini aku baru pemula gimana cara mememasarkan produknya kerupuk seblak bantat dan rencananya aku mau masokin warung-warung ke pasar itu aku masih bingung kalau ngirim barang emangnya harus pakai nota dan aku emang harus ngecek setiap minggunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumsalam
      betul gan, kalo mau memakai sistem konsinyasi ya harus rajin2 memeriksa rekan bisnisnya dan nota itu penting banget

      Delete
  70. Gan.. Mau nanya dong saya ada rencana mau jual produk makaroni yang dibungkusin 500 an atau ada juga yang 1000an per bungkusnya. Target pasar aku mau tawarin ke warung grosir / agen snack. Nah saya bingung nentuin harga jualnya. Misal 1 pack isi 10 psc untuk konsumen harga per pcs nya 1000. saya pantasnya kasih harga ke warung grosir berapa ya?? Dan sistemnya langsung bayar atau konsinyasi gan? Mohon prnjelasanya gan. Makasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika harga jualnya 1ribu, masuk ke warungnya di kisaran 700-900 aja gan.
      Kalo warungnya mau bayar langsung ya gak usah nitip, tapi jarang juga si yang mau bayar langsung.

      Delete
  71. Gan saya mau tanya .

    Bisa ga kalo sistem titip itu kita yg nentuin harga jual nya .

    Misal dari saya ingin jual dgn hrga 3000. Dan si pemilik warung menjual dgn hrga 3500 agar produk kita bisa laku gtu gan .?
    Kalo misal bisa . Enaknya ngmng ke pemilik warungnya gmn ya ? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. caranya dengan memasang harga di kemasannya biar pemilik warung tidak nakal menaikkan harga jualnya. Kita juga bisa membicarakannya dari awal, tapi terkadang ada warung yang nakal dan gak peduli yang penting dapet untung banyak

      Delete
  72. Gan tanya nih ... Selama ini barang saya jual di depot per pcs 10ribu...
    Kemudian bnyak yg mau kerja sama konsinyasi.. saya membuat minimal pengambilan yaitu 100ribu tapi dengan segitu mereka mendapat 12pcs.. apabila ada barang titip yg mereka jual tidak laku apakah akan merugikan mereka ? (Karena mereka juga menjual dgn harga 10ribu per pcs)...

    ReplyDelete
    Replies
    1. barang rusak atau tidak laku seharusnya dibahas sedari awal kerjasama. Apakah mau ditanggung sama pemilik, ditanggung sales atau ditanggung bersama.
      Kalau agan yang menanggung barang yang tidak laku dan rusak, maka harus ada penambahan harga untuk mengantisipasinya. Jika ditanggung oleh sales, maka agan sebaiknya memberikan sedikit keringanan agar mereka tidak rugi kalau misal barangnya rusak atau tidak laku.
      masalah untung rugi, namanya orang dagang pasti ada aja yang ngalamin hal seperti itu

      Delete
  73. Halo mr.sun..

    artikel yg sangat bermanfaat.

    Mau nanya ni mr.
    Saya baru mulai usaha dgn sistem konsinyasi, produk saya gorengan. Yang saya rasakan kendala sistem ini ada pada penolakan dr warung.
    Ada satu yg saya heran, pernah salah satu warung menolak dgn alasan tidak enak dgn yg sudah lama nitip, padahal produk saya berbeda dr yg lain.

    Yg jadi pertanyaan saya, apa umumnya warung ada rasa tidak enak dgn yg sudah lama nitip ya?

    saya ingin tahu sistem konsinyasi dr sisi pemilik warung. Barangkali mr sun ada pengalaman yg bisa dibagi.
    Terimakasiiih..

    ReplyDelete
  74. tidak enaknya itu gini kali bos, misal ada yang udah nitip keripik dan bosnya mau nitip gorengan. si pemilik warung takut kalau2 keripiknya kalah laris sama gorengan yang agan titipkan, mengingat hubungan dengan sales sebelumnya udah lumayan dekat. Saya juga pernah mengalami kasus yang sama.
    bukan masalah berarti kok gan. kalau ditolak, dekati terus, bilang aja kunjungan atau gimana gitu, ntar juga lama2 mau kok.
    tetap semangat, jangan takut ditolak.

    ReplyDelete
  75. Sebelumnya terima kasih untuk artikelnya.

    Selanjutnya saya ingin bertanya. Kan saya baru aja memulai berjualan minuman kopi. Kira-kira kalo mau dititipkan ke warung-warung, apa saja yang harus diperhatikan? (selain dari rasanya)

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat atas usahanya, semoga lancar jaya dan sukses selalu.

      seperti judul di atas, yang utama adalah sistemnya.
      jika ingin menjalankan usaha jenis ini, maka kita harus mempelajari sistem konsinyasi yang baik dan benar agar kerjasama yang terjalin bisa saling menguntungkan.

      Delete
  76. Selamat mlm gan
    mohon saran dan suport nya
    sy karyawan bln ini sy niat berhenti kerja ingin buka usaha kripik usus kulit dan ceker ayam
    Sy sudah coba beberapa resp dan ok ...sy bisa buat yg enak dan murah ( menurut tetangga karna tiap sy coba selalu sy bagikan )
    Peralatan sudah lengkap
    Pemasok bahan baku sudah siap (karna memang sulit bahan baku nya )
    modal untuk jalan 1 bln sudah siap ( hanya 1 bln )
    pemasaran sudah di rencanakan ( konsinyasi )
    Ini sy survey dan kumpulkan hampir 6 bln
    tapi kadang sy ga punya keberanian untuk memulai
    yg menhantui sy adalah "JIKA INI GAGAL SY MAU NGAPAIN " karna umur sudah mulai tua ( ga mungkin lagi ngelamr ke pabrik ) dan beban keluarga masih ada yg sekolah ........trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. rencana tidak semulus yang dibayangkan
      2. mulailah perlahan, jangan langsung nekat keluar kerja dan menggantungkan hanya dari usaha
      3. kebutuhan modal akan membengkak saat berjalan
      4. jangan takut ditolak ketika menawarkan produk
      5. ((jika ini gagal sy mau ngapain )) itu masih jika, belum terjadi dan belum dimulai juga

      semoga usahanya bisa berjalan gan ...

      Delete
  77. Gan saya kan nitip froduk di warung harga Rp1800/bungkus trus di jual sama warung Rp2500 apa saya salah ngasih dengan harga 1800?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung perjanjian awalnya, kalau jualnya segitu seharusnya setoran di kisaran 2rb aja

      Delete
  78. Permisi gan..
    Mohon sarannya,
    Gini gan, saya kan ada rencana mo usaha jual titip mknan ringan ke warung2, misalkan produk saya itu di jual oleh warung 1000an, kira2 saya ngasih harga ke pemilik warung itu brp ya?? 750, 800 atau berapa?!
    Trima kasih.

    ReplyDelete
  79. Kak, kalau mau mencari kontak sales yang menitipkan barang ke toko - toko gimana ya Kak?
    terimaksih

    ReplyDelete
  80. Mau tanya, saya ada rencana titip jual jus beku ke toko". Harganya 7000. Klo ke pemilik toko saya kasi 500 wajar atau kurang? Terus saya sistemnya jus itu dalam bentuk beku, disimpan dalam termos. Waktu antar jam 8 pagi, jam 5 sore sudah saya ambil. Misal jus saya tidak laku, apakah saya juga harus membayar ke pemilik toko itu?

    ReplyDelete
  81. Kemungkinan warung mau terima titipan kita gmn gan ? Saya takut di tolak

    ReplyDelete
  82. Gan mau tanya kalau titip es lilin diwarung berapa ya kira kira saya ambil untung dan pemilik warung berapa ambil untung ?

    ReplyDelete