Benarkah Dagang Adalah Pekerjaan Rendah?






Misalkan anda sebagai seorang pria muda yang sedang ngapel di rumah pacar dan tiba-tiba orang tua sang pacar ikut nimbrung dan menanyakan "kerja di mana mas?" dan anda adalah seorang pedagang yang masih merangkak, contohnya saja penjual keliling atau pedagang kaki lima, lalu apa jawaban anda?

Sebagai seorang pedagang saya pernah mengalami hal tersebut, tapi bukan dari orang tua sang kekasih, tapi biasanya teman kuliah, atau teman lama yang sudah terlihat sukses dan mapan dengan pekerjaannya, saat itu saya dengan bangga menjawab bahwa saya adalah seorang pedagang kaki lima. Mungkin sebagian akan memiliki pandangan yang seakan kasihan dan memandang sebelah mata kepada saya, tapi sebagian lainnya juga ingin mengikuti jejak saya sebagai seorang pedagang. Pendapat mereka tidak terlalu penting untuk saya, toh saya yang menjalani sendiri, saya menikmatinya dan saya harus bangga.

Saya juga memiliki seorang teman, dia berprofesi sebagai pedagang dan ketika ditanya orang maka dia tidak mau menjawab, kalaupun menjawab pasti dia bilang sedang nyari kerja di sini dan di situ, sungguh jawaban yang memalukan. Dia mungkin malu dengan peerjaannya, akan tetapi dengan jawabannya tersebut malah membuatnya terlihat memalukan.

Jika ada yang bertanya Benarkah dagang adalah pekerjaan rendah? Maka jawabannya, dagang bukan pekerjaan rendahan, dagang adalah seni yang sangat bagus, dagang didukung oleh pemerintah dan dicontohkan oleh Rasull Saw. Apa karena seragam dinas lebih rapi dari pada para pedagang sehingga dagang dianggap rendah? Mungkin orang yang berfikir dan menganggap dagang adalah pekerjaan rendah masih belum pintar dan menyadari, padahal semua orang juga berdagang. Maka sebagai seorang pedagang kita harus bangga dan percaya diri, ini pekerjaan mulia dan halal tentunya.

Wirausahakan Updated at: 9:22 PM

0 komentar:

Post a Comment