Apa yang Dibutuhkan Untuk Memulai Usaha?



Memulai usaha adalah awal dari perjalanan nyata dalam dunia wirausaha, saat memulai kita sudah keluar dari zona berfikir dan menuju ke zona bergerak, saat yang bisa dibilang sangat sangat berat. Biasanya untuk para pemula seperti saya, zona ini adalah tolak ukur untuk sebuah niat dalam rangka berjalan di dunia wirausaha, lalu apa yang dibutuhkan untuk memulai usaha?

Berfikir, sebelum memulai usaha kita harus berfikir jenis usaha apa yang akan kita jalani, berapa modal yang dibutuhkan, dan informasi apa saja yang diperlukan. Tentu saja dalam tahap berfikir hampir 90% orang akan berfikir tentang kesuksesan yang nantinya akan didapat, itu manusiawi. Tapi jangan terlalu lama berfikir, karena nantinya lelah dulu dan malas untuk mulai bertindak.

Mempersiapkan diri, sesudah banyak berfikir, maka saatnya mempersiapkan diri, sadarilah saat akan memulai usaha, bahwa tidak akan semudah yang difikirkan, kegagalan dan resiko lainnya adalah lawan yang harus dihadapi, jangan terlalu berharap cepat sukses, ada baiknya membaca dan mengetahui informasi orang sukses agar menjadi pemicu untuk kita meniru jalan yang mereka pilih, akan tetapi jangan terlalu terpaku dengan kesuksesan mereka, dalam perjalanan mereka yang sukses pasti juga menghadapi hadangan yang sama, bahkan lebih sulit dari orang lain yang memilih jaan wirausaha, jika sudah siap segera bertindak.

Mencari seorang pembimbing, ini sebenarnya adalah hal wajib jika ingin memulai usaha, carilah seorang pembimbing yang sudah dulu melakukannya, dekati mereka dan minta ilmu serta saran dari mereka, dengarkan kisah perjalanan mereka, tentu saja mereka akan bercerita saat susah juga, itu adalah sesuatu yang sangat berharga nantinya jika sudah memulai usaha, jika sudah menemukan seorang yang membimbing, maka saatnya mulai bertindak.

Berdo'a, salah satu faktor X dalam hidup ini adalah sebuah do'a, faktanya semua do'a dikabulkan oleh Allah Swt, jadi apa alasan kita tidak berdo'a? Karena kadang kita lupa, atau menyepelekannya, padahal Allah yang menentukan jalan hidup kita, jangan lupa berdo'a sebelum bertindak.

Sedikit persiapan sebelum memulai usaha, semoga ada hal yang bermanfaat bagi pembaca.

Wirausahakan Updated at: 12:51 AM

0 komentar:

Post a Comment