Memulai Usaha Tanpa Modal? Tidak Mungkin!


Sambil nungguin si abang pulang, ngetik dulu biar tambah rame...
Pernahkah anda membaca promosi sebuah seminar, atau melihat iklan di media, atau bahkan anda berfikir "bisakah memulai usaha tanpa modal?" Jawabannya TIDAK MUNGKIN BISA!

Bagaimana mungkin anda akan memulai usaha tapi tidak ingin mengeluarkan modal, lalu dengan apa usaha anda akan berjalan? Disini saya akan mengulas sedikit pengertian tentang modal, jadi menurut saya modal bukan selalu berbentuk uang atau barang, keinginan anda, niat anda, otak anda, semangat anda, semua itu adalah modal. Jadi sangat tidak mungkin memulai usaha tanpa modal, karena dari niat anda saja, itu adalah sebuah modal usaha, modal awal yang sangat baik, dan semua orang memiliki modal itu, hanya karena belum terlalu faham maka kadang kala kita terpenjarakan dengan kata modal, dan mengartikannya dengan uang.

Setiap usaha yang dibangun selalu membutuhkan modal, baik itu berupa modal nyata yang berupa uang, tempat usaha, atau barang, dan juga modal dari diri anda sendir. Semua orang memiliki modal, akan tetapi hanya sedikit yang menyadarinya, kenapa harus mengeluhkan keadaan ekonomi dan menganggap anda tidak mempunyai modal untuk memulai usaha?, kenapa aset terbesar anda yang dianugerahkan Tuhan tidak anda syukuri terlebih dahulu?

Mungkin bagi sebagian orang pernah mencari tahu di internet, dengan menuliskan kata kunci "usaha tanpa modal", dan apa yang ditemukan? Sebenarnya tidak ada usaha tanpa modal, jika pun ada mungkin lebih tepatnya usaha tanpa uang atau usaha tanpa modal uang.

Sebait kalimat manis kadang menipu akal sehat kita, contohnya saja ada sebuah seminar dengan tema yang jelas dan diperbesar bertuliskan "Ikuti seminar, usaha omset jutaan tanpa modal", kemudian anda tertarik mengikutinya, lalu menanyakan kepada panitia bagaimana caranya mengikuti seminar tersebut? Kemudian pihak panitia memberitahukan bahwa biaya pendaftaran sebesar Rp 100.000, 00, lalu anda membayar dan mengikuti seminar tersebut, anda pulang dan kenyataannya anda sudah mengeluarkan modal Rp 100.000, 00, ditambah biaya transport menuju tempat seminar, ditambah biaya makan, dan lain-lain untuk mengikuti seminar dengan tema usaha tanpa modal, kan aneh. Yang aneh bukan seminarnya, tapi anda yang aneh. Bagaimana mungkin anda mengikuti kalimat manis tersebut, dan tanpa sadar anda sudah meninggalkan inti dari kalimat tersebut dengan membayar seminar.

Perlu ditanamkan di dalam diri anda, bahwasanya di dunia ini tidak ada yang gratis, selalu ada keuntungan tersembunyi dari sesuatu yang gratis. Maka jadilah orang yang mau mengeluarkan modal, karena anda akan dihargai orang lain, anda bukan benalu, dan anda tentu akan belajar dari proses mengeluarkan modal tersebut, ada harga yang harus selalu dibayar saat anda menginginkan sesuatu, tentunya ada yang harus dikorbankan juga.

Gali modal besar dalam diri, hilangkan pikiran untuk gratisan dengan berharap memulai usaha tanpa modal, semua butuh modal, maka keluarkan modal anda.

Wirausahakan Updated at: 5:27 AM

0 komentar:

Post a Comment