Kita yang Menjalani, Orang Lain yang Komentar






Kita yang menjalani, orang lain yang ngomentarin! Seperti itulah hukumnya jika kita hidup di dunia ini, apapun yang akan kita alami pasti dikomentari tetangga, keluarga, sahabat, bahkan lebih parahnya lagi orang yang tidak tahu apa-apa ikut mengomentarinya juga, itu adalah sesuatu yang sangat amat wajar karena kita adalah makhluk sosial yang hidup dengan orang lain, mereka terkadang kepo kepada kita.

Setiap orang memiliki komentar yang positif dan juga komentara negatif, komentar positif adalah komentar yang bermaksud sebagai saran dan kritik yang sebenarnya membangun untuk kita, sedangkan saran negatif adalah sebuah balutan cibiran atau hinaan untuk menjatuhkan kita, itu hak mereka dan kewajiban kita untuk menyaringnya mana yang baik dan mana yang cuma omong kosong saja.

Jika saat ini kita sedang menjalankan usaha yang baru dan masih berjuang untuk berjalan rasanya memang berat dan melelahkan, entah sampai kapan menunggu hasilnya terlihat untuk bisa dinikmati. Dalam perjalanan tersebut, terkadang ada saja orang iseng yang mengomentari dengan nada sinis untuk menghina dan menjatuhkan kita, rasanya tambah jatuh aja tuh semangat karena omongan mereka yang gak bertanggung jawab sama sekali, mereka akan semakin senang jika kita terus terlihat gagal dan akhirnya menyerah, mereka menang! Akan tetapi masih ada juga orang baik yang selalu mendukung kita dengan komentar yang baik dan berguna, setiap kata yang keluar dari mulutnya entah kata yang manis ataupun pahit semuanya seperti oasis di gurun pasir, kata-katanya seperti menghargai perjuangan kita, dan merekalah orang baik yang akan selalu kita ingat nantinya, kata-kata mereka seperti harta yang berharga.

Tidak hanya saat berjuang, jikapun kita sedang dalam level yang berhasil, mereka juga tak hentinya akan berkomentar juga. Bagi orang-orang dengan mulut negatif, mereka akan menjatuhkan kita lagi dengan komentar yang menganggap kita sombong atau kita memakai cara curang, hebat bener dari mulai udah mau dijatuhin giliran berhasil tinggal iri hati. Berbeda dengan mereka yang memiliki mulut positif, mereka tentunya akan ikut senang dengan apa yang kita peroleh dengan perjuangan kita, mereka merasa bangga dengan hasil yang kita peroleh, dan mereka juga senang jika kata-kata yang dulu pernah diucapkan berguna bagi kita dalam perjuangan usaha tersebut.

Komentar orang lain adalah hak mereka, dan kewajiban kita untuk menyaringnya, jadi tidak usah marah jika ada komentar buruk yang bermaksud menjatuhkan, cukup senyumin aja dan buktikan dengan sebuah pencapaian yang keren, bagi yang memberikan komentar baik dan membangun maka dekatilah mereka, jadikan motivasi agar kita semakin berjuang mencapai tujuan, tutup telinga untuk suara sumbang dan buka telinga untuk nada indah nan merdu.

Wirausahakan Updated at: 9:06 PM

0 komentar:

Post a Comment