Modal 1 Jutaan, Inilah 10 Peluang Bisnis Bulan Ramadhan 2019 yang Bisa Kamu Coba

Tinggal hitungan hari lagi kita memasuki bulan suci Ramadhan di tahun 2019 ini dan pada bulan puasa kali ini kita harus mulai menyiapkan diri, entah itu untuk persiapan puasa, ibadah dan tentu saja mencari rejeki yang halal dan berkah di bulan puasa. Mumpung belum masuk bulan puasa, ada baiknya kita mempersiapkan diri untuk mencari jenis usaha yang tepat dan menghasilkan.


Tujuan utama artikel ini saya tulis adalah untuk memberikan ide bisnis yang tepat untuk bisnis dadakan di bulan puasa. Namun, target panjangnya bukan hanya di bulan puasa saja dan semoga bisa bertahan lama dan menjadi bisnis yang berkembang di bulan-bulan berikutnya setelah lebaran Idul Fitri.

Mau buka usaha tapi gak punya modal banyak? Tenang saja! Kalian bisa mencoba beberapa peluang bisnis yang bisa dijalankan dengan modal minim dibawah 1 jutaan berikut ini :

1. Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner yang saya maksud disini bukanlah bisnis makanan untuk orang-orang yang hendak membatalkan puasa seperti warung bertirai di pojok gang. Sebaiknya kalian yang menjalankan bisnis kuliner menghindari praktek seperti ini.

Bisnis kuliner katanya bakalan lesu saat memasuki bulan puasa? Ah enggak juga. Tinggal pinter-pinternya mencari peluang yang tepat saja kok.

Kalian bisa menyediakan paket makan sahur dan berbuka puasa, jualan takjil, jualan es segar, jualan cemilan, dan berbagai jenis kuliner lain yang khas buat orang-orang yang sedang menjalankan ibadah puasa.

2. Bisnis Online

Modal pas-pasan tapi pengin buka bisnis di bulan puasa? Jadi reseller atau dropshipper aja bos. Tinggal kerjasama dengan penjual di marketplace, lalu promosikan dagangannya di media online, sama tetangga dan teman-teman. Ketika ada yang memesan produk jualannya, tinggal pesen sama penjual di marketplace dan beres deh, kita dapat untung dengan modal yang gak terlalu besar.

3. Bisnis Pakaian

Bisnis pakaian akan memasuki masa panen di waktu akhir bulan puasa karena kebanyakan orang akan menghabiskan uangnya dengan berbelanja pakaian baru guna menyambut momen hari raya Idul Fitri. Nah, sudah saatnya mencari produk pakaian yang keren, bagus, awet dan murah. Jualin deh sama tetangga, temen-temen dan siapa saja yang bisa dijadikan sasaran penjualanmu.

Berbisnis pakaian tidak harus buka lapak dengan modal gede, cukup ambil sample sedikit saja, tambahi dengan foto yang lain, kalau ada yang minat tinggal beliin. Beres kan? Bisnis bisa jalan, untung juga nambah, modal gak membebani.

4. Bisnis Parcel

Menjelang lebaran juga banyak sekali orang yang membutuhkan parsel dan paket oleh-oleh. Ada baiknya mempersiapkan diri untuk membuka bisnis yang satu ini. Modalnya adalah kreatifitas kita untuk membuat parsel dan paket oleh-oleh yang menarik.

5. Bisnis Rental Mobil

Siapa bilang mau buka jasa rental mobil harus punya mobil dulu? Tinggal kerjasama aja sama para pemilik mobil yang nganggur. Jadi perantara jasa rental mobil biar dapat untung besar. Tapi tetap waspada, persiapkan bisnis ini dengan baik dan aman agar jalannya bisnis benar-benar menguntungkan dan tidak membuat petaka karena terjadi penipuan.

6. Bisnis Jasa Penitipan

Punya ruang agak luas di rumah? Sulap jadi tempat penitipan aja. Entah itu penitipan kendaraan, hewan peliharaan atau bahkan barang berharga sekalipun. Yang penting bisa membuat orang bisa percaya dengan bisnisnya maka menjalankan bisnis ini terbilang cukup mudah dengan modal yang minim.

7. Bisnis Kue Kering

Seperti halnya parsel, kue kering jadi salah satu yang paling dicari saat menjelang lebaran. Biasanya orang-orang akan memenuhi lemari dan mejanya dengan kue kering sebagai suguhan untuk para tamu di hari raya.

8. Bisnis Perlengkapan Pengendara

Ini salah satu bisnis yang jarang terpikirkan saat masuk bulan puasa dan menjelang lebaran. Sebenarnya pemudik yang menggunakan motor masih sangat banyak dan kebanyakan dari mereka akan melengkapi diri dengan perlengkapan keamaan demi keselamatan saat mudik. Nah kalian bisa menjual produk yang tepat seperti helm, jas hujan, sepatu, jaket, sarung tangan, masker dan lain sebagainya.

Kalau gak punya modal, kerjasama saja dengan penjual yang ada, kalian jadi reseller atau dropshipper aja biar gak kebanyakan modalnya.

9. Bisnis Mainan

Di saat berpuasa, biasanya anak kecil sangat senang bermain dan membeli mainan baru agar mereka bisa menahan lapar dengan baik. Nah, bisnis mainan juga pas buat puasa tahun ini, apalagi sasaran konsumennya adalah anak-anak, kalau mereka sudah suka pasti bakalan nangis kudu dibeli.

Selain mainan untuk saat berpuasa, mainan bagus untuk momen lebaran juga laku keras loh karena tak jarang orang tua membelikan hadiah untuk anak-anaknya yang berhasil berpuasa.

10. Bisnis Buah Dadakan

Buah apa yang tepat untuk momen puasa tahun ini? Sepertinya buah seperti semangka, melon, kurma, jeruk, mangga, buah naga dan jenis lain yang terlihat segar pasti disukai dan dibeli saat bulan puasa. Jualan di pinggir jalan atau keliling biar banyak yang beli dagangannya.

Itulah beberapa peluang usaha yang tepat dijalankan di bulan puasa kali ini. Tidak perlu modal besar, cukup dengan modal kecil saja sudah bisa menjalankan bisnis dadakan di bulan puasa.

Wirausahakan Updated at: 1:39 AM

0 komentar:

Post a Comment