Nawarin Barang Dagangan Kok Kayak Gitu!

Jadi pedagang itu berat, bener kadang masih disalahin, apalagi sengaja salah, bisa jadi sasaran kemarahan pembeli yang maha benar. Pernah mengalami hal seperti itu? Saya yakin para pedagang pernah mengalami keadaan seperti itu ketika menghadapi pembeli yang kurang enak buat diajak bertransaksi.



Nah kali ini aku mau cerita pengalaman saat berdagang, tapi bukan urusan sama pembeli aja.

Ceritanya temen lagi main di lapak dan duduk manis di belakang layar, maksudnya di belakang etalase. Terus ada pembeli datang, liat-liat barang dan aku tunjukkin satu per satu dan ku jelaskan apa adanya. Si pembeli kelihatan bingung memilih barang hingga ia meminta aku buat ngasih rekomendasi barang yang bagus.

Singkat cerita si pembeli nurut sama aku dan membeli produknya, ia terlihat senang dengan pilihan yang ku rekomendasikan. Aku juga ikut senang daganganku laku. Tapi ternyata temenku memperhatikan prosesi penjualan yang aku lakukan dan setelah si pembeli pergi, ia malah agak memprotes caraku jualan.

Temen : kamu yah, jualan kok kayak gitu.
Aku : Kayak gitu gimana bro?
Temen : yang namanya jualan yang kamu mengunggulkan produk yang kamu jual, terus kamu gak usah bilang kelemahannya. Ini mah, kamu tunjukkin mana kelemahan dan kelebihannya sekalian, pembelinya jadi bingung kan?
Aku : Lah emang harusnya kayak gitu kan? Pembeli harus tahu kelebihan dan kekuarangan barang yang mau dibeli.
Temen : kalo kayak gitu ya bisa-bisa gak laku daganganmu.
Aku : masalah mau beli apa enggaknya kan urusan pembeli, tugasku ya cuma nawarin dan ngasih tahu kondisi barangnya.
Temen : ya gak usah jujur-jujur amat dong, pake trik dikit.
Aku : lah buat apa aku jualan kalo gak bisa jujur? Kalo terpaku sama duit, maka orang gak akan bisa berdaulat atas dirinya sendiri.
Temen : lah terserah.

Yah kira-kira seperti itu percakapannya, intinya dia gak mau aku jualan terlalu jujur dan penginnya aku agak ngetrik dikit biar pembeli yakin dengan daganganku, tentunya dengan cara yang menurutku kurang baik.

Bagiku, pembeli harus mendapatkan haknya untuk mengetahui kualitas produk, mengetahui kelebihan dan kekurangannya juga. Itu baru adil! Kalo pembeli merasa ditipu karena penjelasan yang kurang, tentunya reputasi kita sebagai penjual juga akan menurun, bukan?!

Aku si bukan orang yang baik pake banget, apalagi orang yang suci. Tapi setidaknya sebagai seorang pedagang, aku berusaha untuk bisa berniaga dengan cara yang baik. Karena nyatanya Rasulullah SAW sudah memperingatkan kepada para pedagang agar tidak curang.

Wirausahakan Updated at: 8:42 PM

0 komentar:

Post a Comment