Masih Semangat Berwirausaha Setelah Libur Panjang Lebaran?

Moment puasa Ramadan dan Idul Fitri tahun 2017 menjadi salah satu hal yang cukup menakjubkan untuk saya dan usaha yang saya jalankan. Jujur saja saya sedang mengalami masalah dalam beberapa bisnis saya yang membuat saya cukup pusing, namun saya tidak menggubrisnya karena saya ingin fokus ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

sumber : hallobogor.com

Bukan hanya saya saja, ternyata beberapa teman pengusaha yang saya temui mengeluhkan hal yang sama dengan apa yang saya alami. Sebagian dari mereka mengatakan bahwa dagangannya sepi pembeli, omsetnya berkurang dan tentu saja pendapatan usahanya turun drastis.

Sebenarnya moment puasa dan lebaran menjadi berkah bagi sebagian pedagang dan menjadi ujian bagi yang lainnya. Misalnya saja para pedagang makanan yang harus memutar otak saat bulan puasa karena tidak enak jualan makanan siang hari, sementara pedagang pakaian dan aksesoris lebaran bersiap-siap panen raya karena banyak pembeli yang mebutuhkan produk mereka.

Selepas lebaran, sebagian besar masyarakat memilih untuk berlibur dan berwisata ke berbagai tempat untuk menenangkan diri dan menyegarkan pikiran mereka. Saya sendiri mendatangi air terjun dan bukit asri untuk menenangkan pikiran yang tegang selama sebulan penuh.

Nah selepas puasa, lebaran, dan liburan, ternyata semangat untuk mengais rejeki yang halal masih saja belum bisa kembali seperti sedia kala. Dagang masih ogah-ogahan dan target belum disetel kembali yang menyebabkan semangat untuk sukses belum pada tempat yang seharusnya.

Saat ini saja saya masih jarang buka toko tepat waktu, stok barang masih ala kadarnya, pembeli yang menanyakan produk masih belum saya respon dengan baik. Pikiran masih ingin liburan menghabiskan uang, padahal uang di dompet sudah menipis wkwk.

Untuk memulai semangat baru setelah lama mengendurkan perjuangan duniawi memang cukup berat, namun demi sebuah kesuksesan mau tidak mau kita harus memulai semangat baru dalam dunia wirausaha.

Blog ini juga mengalami kemunduran karena saya kurang rajin menulis seperti sebelumnya, banyak sekali kesibukan di dunia nyata yang membuat saya belum bisa berbagi informasi dan tips usaha di sini. Semoga ke depannya saya bisa membagi waktu dengan baik antara usaha di dunia nyata dan mengisi blog ini dengan artikel yang lebih bermanfaat lagi.

Wirausahakan Updated at: 11:01 PM

0 komentar:

Post a Comment