10 Hal yang Dilakukan Para Pengusaha Sukses Saat Menghabiskan Waktu Luangnya

Kadang banyak orang yang mengira bahwa para pengusaha sukses banyak memiliki waktu luang untuk bersantai dan bermalas-malasan. Namun nyatanya mereka tak melihat aktivitas mereka dengan matanya sendiri, karena percaya atau tidak, kebanyakan orang sukses menghabiskan waktunya untuk sesuatu yang sangat berharga yang mungkin saja itu adalah hal yang membosankan untuk kita semua.


Lalu seperti apa para pengusaha sukses menghabiskan waktu luangnya di masa liburan atau ketika dia tidak berada di lingkungan bisnisnya? Berikut adalah kegiatan positif yang dilakukan para pengusaha sukses yang sebaiknya kita tiru :

1. Olahraga dan kesehatan
Banyak sekali orang sukses yang menggunakan waktu luangnya untuk hal yang sangat positif, salah satunya adalah dengan olahraga demi kesehatan dirinya sendiri. Biasanya mereka melakukan berbagai jenis olahraga seperti sepakbola, futsal, tenis, badminton, basket, atau yang sudah kaya raya biasanya main golf atau berpetualang.

2. Menyatu dengan alam
Tak jarang para pengusaha sukses menggunakan akhir pekan mereka untuk berkemah di hutan atau sekedar menginap di vila. Hal ini mereka lakukan untuk mencari kedamaian dan rileks setelah lelah dengan berbagai tekanan bisnis yang selama ini mereka rasakan. Alam merupakan salah satu sumber energi murni yang sangat berpengaruh dengan tubuh dan pikiran.

3. Menambah ilmu pengetahuan
Beberapa orang sukses selalu memposisikan dirinya sebagai seorang yang haus akan ilmu, mereka rela menghabiskan waktu luangnya hanya untuk mempelajari hal baru atau memperkaya ilmu pengetahuan mereka. Meski menjenuhkan, namun hasilnya luar biasa untuk mereka yang sudah merasakannya.

4. Ibadah khusus
Untuk umat Islam biasanya mereka melakukan umroh atau haji, tak sedikit pula yang ziarah ke makam-makam ulama. Saya juga punya kenalan seorang pengusaha yang beda keyakinan, dia selalu menyisakan waktu luangnya pergi ke luar negeri mengunjungi tempat ibadahnya sendiri.

5. Silaturahmi dengan orang di sekitar
Tidak ada salahnya jika sesekali anda nongkrong dengan tetangga, membahas berbagai hal yang positif dan biarkan waktu luang anda menjadi salah satu hal yang bisa mempererat tali silaturahmi, karena hal itu bisa menambah rezeki dan memperpanjang umur.

6. Mencari pengalaman dan Inspirasi baru
Ada seorang pengusaha sukses yang menggunakan waktu luangnya hanya untuk pergi ke luar kota dan menemui orang sukses lainnya, dia hanya ingin mendapat pengalaman baru dari orang baru untuk memberikannya inspirasi bisnis.

7. Melupakan sejenak bisnisnya
Kalau yang ini saya rasa kebanyakan orang juga melakukannya, kadang dengan liburan kadang dengan belanja, dan kadang dengan hal lain yang intinya bisa sedikit lupa dengan berbagai masalah di dalam bisnisnya. Kadang manusia memang aneh yah, sebagian orang berjuang untuk tidak lupa, namun sebagian malah menghabiskan banyak waktu dan uang hanya untuk bisa melupakan hal yang dia jalani tiap harinya.

8. Memanjakan diri sendiri
Berendam, pijat, refleksi, yoga, dan lain sebagainya biasanya menjadi salah satu hal yang paling mujarab untuk memanjakan tubuh dan pikiran yang sangat lelah dengan berbagai aktivitas. Pilihlah yang benar-benar anda sukai agar tubuh dan pikiran anda bisa istirahat barang sejenak.

9. Waktu berkualitas dengan keluarga
Mengajak keluarga jalan-jalan memang suatu hal yang banyak diidamkan oleh kepala keluarga, namun kadang karena kesibukan, tidak ada waktu untuk mereka yang anda sayangi. Alangkah baiknya sesekali anda mengajak keluarga berlibur, atau sekedar menghabiskan waktu di rumah khusus untuk mereka, inilah yang namanya quality time with familly.

10. Mengembangkan bisnisnya
Biasanya dilakukan oleh para pengusaha yang masih berjuang, mereka rela menghabiskan waktu luangnya untuk mencoba hal baru, mengembangkan bisnisnya, menambah relasi dan jaringan bisnis, atau bahkan membuka cabang baru di tempat lainnya.

Wirausahakan Updated at: 1:25 AM

0 komentar:

Post a Comment