10 Cara Sederhana Menghemat Penggunaan Kartu Kredit

Kartu kredit saat ini menjadi salah satu barang yang banyak dimiliki oleh orang Indonesia, dan sayangnya hampir 60% orang yang memakai kartu kredit tidak mempedulikan resiko penggunaannya yang berlebihan, sementara sisanya hanya untuk gaya-gayaan saja dan hanya sekian persen yang benar-benar bisa memanfaatkan penggunaan kartu kredit dengan bijak.


Untuk bisa menggunakan kartu kredit dengan bijak agar menghemat pengeluaran anda, maka ada baiknya anda perhatikan dan lakukan 10 langkah sederhana berikut ini demi menyelamatkan keuangan anda agar tetap stabil :

1. Ingatlah bahwa kartu kredit adalah hutang
Perlu dipahami bahwa penggunaan kartu kredit sebenarnya adalah sebuah pinjaman yang diberikan oleh pihak penerbit kartu kredit anda. Jadi anda harus memperhatikan hal ini agar nantinya anda tidak berlebihan dalam penggunaannya karena anda harus bayar hutang pada akhirnya.

2. Jangan ikuti gaya hidup konsumtif
Kebanyakan orang yang punya kartu kredit akan merasa "gatal" untuk belanja, tidak percaya? Silakan tanya kepada mereka yang sudah lama punya kartu kredit, pastinya mereka selalu ingin belanja ketika melihat diskon dan lain sebagainya. Belum lagi kalau anda sering mengunjungi toko online, wow bisa tekor itu kartu kreditnya.

3. Rencanakan pengeluaran anda
Batasi penggunaan kartu kredit anda dengan cara membuat rencana pengeluaran yang akan anda lakukan tiap bulannya. Meskipun pada akhirnya anda akan tergoda dengan berbagai produk yang ada serta diskonnya, namun jika anda punya rencana belanja yang baik dan ketat, maka itu bisa menjadi sebuah batasan yang baik.

4. Hindari menarik uang tunai dengan kartu kredit
Terdapat bunga yang besar antara 4-5% tiap kali anda menarik uang menggunakan kartu kredit, maka ada baiknya jangan lakukan penarikan uang tunai dengan terus menerus karena hal itu sungguh merugikan untuk anda pribadi.

5. Abaikan tawaran merchant
Merchant memiliki sistem bisnis yang sangat hebat dan halus, bisa saja anda dapat undangan dari mereka dan dapat sesuatu yang gratis, dan akhirnya karena tidak enak maka anda akhirnya membeli produk yang sebenarnya tidak anda butuhkan sama sekali. Hati-hatilah!

6. Kartu kredit itu seperti teknologi
Saya masih ingat perkataan guru saya : "Teknologi itu bisa berguna jika tepat antara pemakainya yang tahu dan teknologi yang berguna, namun akan jadi masalah jika teknologinya eror atau orangnya yang gaptek". Yah mungkin saja penerbit kartu kredit ingin memberikan pinjaman uang kepada anda secara instant, namun kalau anda tidak mengerti sistemnya, maka silakan tanggung tagihannya yang banyak di akhir bulan.

7. Periksa tagihan kartu kredit anda
Hati-hati dengan tagihan kartu kredit anda, karena banyak hal ganjil yang kadang tidak anda harapkan sama sekali, misalnya saja ada biaya tambahan yang anda tidak merasa menggunakannya. Jika hal itu terjadi, segera adukan pada pihak terkait untuk konfirmasinya.

8. Bayar penuh tagihannya
Pembayaran tagihan kartu kredit sebelum jatuh tempo dengan cara melunasinya sekaligus akan membuat anda berhemat dan tidak menambah masalah dengan keuangan anda sendiri. Kalau bisa dibayar cash kenapa harus dikredit?

9. Simpan kartu kredit kalau tidak terlalu penting
Tidak usah menggunakan kartu kredit untuk pamer kepada teman anda, tidak ada keuntungannya anda pamer kartu kredit itu. Hati-hati dalam menyimpannya jangan sampai hilang, kalau tidak terlalu penting sebaiknya simpan saja.

10. Batasi jumlah kartu kredit
Semakin banyak kartu kredit maka semakin banyak biaya yang harus anda keluarkan, hal ini kadang tidak disadari oleh kebanyakan orang. Memang kalau anda punya catatan yang baik dalam pembayaran tagihan kartu kredit, maka anda akan mendapat tawaran kartu kredit lainnya, namun hati-hatilah karena bisa saja itu membuat pengeluaran anda tak stabil. Maksimal hanya 2 kartu saja!

Wirausahakan Updated at: 1:19 AM

0 komentar:

Post a Comment