Hey Bos, Ini 5 Kriteria Pelamar Kerja yang Wajib Anda Tolak

Hey bos, apakah anda sedang mencari pegawai baru untuk ditempatkan di salah satu posisi bisnis anda? Kalau begitu, ada baiknya anda memiliki kriteria yang bagus demi kelangsungan bisnis ke depannya. Salah satunya adalah dengan menghindari jenis calon karyawan yang kurang baik.


Biasanya para pelamar kerja selalu memberikan berbagai hal yang mereka banggakan, misalnya ijazah yang tinggi, pengalaman yang cukup banyak, dan keunggulan lainnya yang dengan itu semua mereka berharap bisa dengan mudah menjadi salah satu bagian dari bisnis anda.

Namun sebaiknya anda lebih berhati-hati dengan para calon karyawan baru anda ini, karena banyak dari mereka yang membawa hal buruk dalam dirinya. Jika dibiarkan masuk ke dalam sistem bisnis anda, bukan tidak mungkin mereka akan menghancurkan bisnis anda ke depannya.

Kali ini saya akan memberikan 5 kriteria pelamar kerja yang buruk dan wajib tidak anda terima dalam usaha anda, berikut adalah kriteria tersebut :

1. Punya kelakuan yang buruk
Bayangkan saja jika ada pelamar kerja yang datangnya terlambat, pakaiannya tidak rapi dan alakadarnya saja, lalu kelakkuannya terlihat seperti tidak serius atau bahkan seperti sedang berada di sebuah pasar, tentu anda akan jengkel melihatnya bukan?

Tipe pelamar kerja seperti ini bukan sekedar mitos loh bos, toh nyatanya ada beberapa kasus yang pernah saya dengar tentang kelakuan buruk para calon pegawai seperti ini.

2. Memiliki sifat buruk dalam dirinya
Saat wawancara kerja, eh dia dengan tanpa bersalah menjelek-jelekkan tempat kerjanya yang lama, dan ini adalah hal yang sangat fatal untuknya, bukan?! Bagaimana jika dia kerja di tempat anda dan keluar lalu ikut menjelek-jelekkan tempat usaha anda? Nyesek bos!

3. Tidak jujur dan terlalu percaya diri
Sebagian karyawan punya sesuatu yang buruk dalam dirinya, namun anda bisa melihatnya lebih dulu saat wawancara kerja. Biasanya ada beberapa calon pegawai yang punya sikap buruk, dia suka berbohong dan terlalu percaya diri dalam menjelaskan kelebihan dirinya.

Lebih parahnya, orang seperti ini adalah beberapa orang yang punya emosi tinggi dan tak segan dengan siapa yang dihadapinya, lebih baik anda mencoret pelamar kerja seperti ini.

4. Terlalu fokus pada gaji
Teman saya pernah terkena jebakan saat mendaftar kerja, kala itu dia ditanyai perihal berapa nominal gaji yang dia inginkan, dan dia menjawab dengan seenaknya sendiri meminta gaji yang terlampau tinggi, alhasil dia tidak diterima. Gaji adalah sesuatu yang cukup tabu di awal saat mau mencari kerja, hati-hati dalam membahas masalah yang satu ini.

5. Tidak mengetahui informasi tempat kerjanya
Misalnya yah bos, ada pelamar datang ke tempat kerja anda, nah pas ditanya tentang tempat bisnis atau perusahaan anda, eh dia gak tau sama sekali tentang bisnis anda. Gimana tuh?

Calon pegawai seperti ini adalah tipe yang acuh dan tak mau tahu, fokus mereka hanya mencari kerja dan dapat gaji yang seusai, susah deh kalau diajak kerja sama.

Wirausahakan Updated at: 8:07 PM

0 komentar:

Post a Comment