Ranking Terbaru 10 Klub Sepakbola Terkaya Di Dunia

Sepakbola merupakan olahraga paling populer di dunia ini, olahraga yang dimainkan di lapangan hijau ini menjadi salah satu magnet yang sangat kuat di dunia ini. Disebut sebagai salah satu olahraga yang paling merakyat di dunia, sepakbola selalu memiliki cerita untuk semua pelakunya, mulai dari para pemain, pelatih, pemilik klub, dan tentu saja supporter yang setia mendukung tim kesayangan mereka kala bertanding.


Di jaman modern saat ini, sepakbola bukan hanya sekedar mencari gelar juara saja, karena nyatanya faktor bisnis menjadi salah satu tujuan utama bagi sebagian besar klub sepakbola di dunia ini. Uang telah membuat banyak pemain bintang berpindah klub, uang telah membuat banyak pemilik klub menjual klub-nya, dan uang telah membuat banyak orang kaya raya karena sepakbola.

Bagi sebagian orang di dunia ini pasti mengenal EPL (atau BPL), yah liga inggris merupakan salah satu liga paling populer di dunia. Banyak sekali pelatih top dan pemain bintang di EPL, hal ini menjadi salah satu magnet kuat untuk menjadikan liga inggris menarik perhatian dunia. Namun ternyata pengusaha klub terkaya bukan dari EPL, melainkan dari Spanyol. Adalah Real Madrid yang menjadi klub terkaya di dunia saat ini, tim bertabur bintang yang satu ini memang terbilang sangat fenomenal sejak dulu, punya banyak gelar dan punya finansial yang kuat membuat mereka bisa merajai sepakbola dunia.

Siapa saja 10 klub terkaya saat ini? Berikut adalah ranking terbaru menurut forbes :

10. Tottenham ($ 1 M)
Klub EPL yang satu ini mungkin sedang dalam trend yang baik, mereka berhasil menembus papan atas klasemen liga dan tentunya membuat banyak sponsor yang memberikan pundi-pundi kekayaan kepada mereka. Ditambah dengan hak siar dan harga tiket yang naik, tim asal London ini menjadi tim sepakbola terkaya di dunia no 10.

9. Juventus ($ 1,3 M)
Satu-satunya klub Italia yang masih tegak berdiri melawan kemunduran Serie-A, Si Nyonya Tua punya finansial keuangan yang sangat kuat sehingga mereka tetap mampu bersaing di liga lokal maupun di pentas eropa. Banyak pemain bintang yang membela Juve, hal ini karena keuangan tim sangat baik dan siap untuk mendanai segala kebutuhan mereka.

8. Liverpool ($ 1,5 M)
Di posisi ke-8 ada Liverpool, tim EPL yang disebut legenda ini sedang mencoba meraih kejayaan mereka lagi baik di pentas eropa maupun di liga lokal. Meski Liverpool loyo dalam perebutan juara, namun nyatanya mereka punya fans yang sangat fanatik di seluruh dunia, hal ini membuat Liverpool tetap punya kekuatan dalam kompetisi.

7. Chelsea ($ 1,6 M)
Kedatangan Roman Abramovich, pengusaha minyak asal Rusia yang membeli Chelsea benar-benar merubah nasib si biru ini. Tim yang dulu hanya berada di papan tengah EPL ini perlahan memuncaki EPL dan membangun klub dengan aliran dana yang sangat besar. Chelsea mendatangkan banyak pemain top, pelatih top, meraih juara lokal, gelar UCL pertama, dan menunjukkan pada dunia siapa mereka. Hal ini membuat tim asal London ini kemudian bisa bersaing dengan tim-tim besar asal Inggris dan mereka mulai merangkak menjadi salah satu klub terkaya di dunia.

6. Manchester City ($ 1,9 M)
Hampir sama seperti Chelse, kedatangan syeh Mansyur, juragan minyak Arab, yang membeli The Citizens membuat tim ini bangkit dan mulai menunjukkan tajinya. Bahkan kedigdayaan tim sekotanya, MU, berhasil mereka saingi akhir-akhir ini. Dengan dana yang berlimpah, City bisa membeli banyak pemain top eropa dengan mudah, mereka juga bisa mendatangkan banyak pelatih hebat untuk menukangi tim ini, terbukti City bisa menjadi juara EPL dan bisa bersaing di pentas eropa.

5. Arsenal ($ 2 M)
Arsenal punya manajemen klub yang sangat baik, mereka bisa menyeimbangkan kebutuhan tim dan keuntungan pemilik klub. Sosok Arsene Wenger sebagai pelatih Arsenal berhasil membuat banyak perubahan pada tim ini, dia suka membeli pemain muda dengan harga murah dan menjualnya dengan mahal, hal ini mungkin membuat tim tidak stabil namun keuangan tim terus membaik.

4. Bayer Munich ($ 2,6 M)
Raksasa Jerman yang satu ini memang sulit dikalahkan oleh tim lain dari Bundes liga, mereka punya banyak gelar, banyak pemain bintang, punya pelatih hebat, dan tentu saja kekayaan yang siap menyokong tim untuk bisa bersaing dalam berbagai pentas yang mereka ikuti. Rasanya agak membosankan melihat liga Jerman karena kekuasaan Munchen yang terasa sulit dikalahkan tim lain.

3. Manchester United ($ 3,3 M)
Mundurnya Sir Alex Ferguson dari kursi kepelatihan membuat setan merah meredup prestasinya, namun hal ini tidak berlaku untuk keuangan mereka. Meski kerap tidak bermain di eropa, toh nyatanya MU masih mendapatkan banyak uang dari hak siar, sponsor, dan berbagai pemasukan lainnya. MU masih menjadi klub terkaya di EPL dan klub terkaya di dunia no 3, MU masih bersaing dengan Madrid dan Barcelona dalam perebutan nomor 1.

2. Barcelona ($ 3,5 M)
Tim yang terkenal dengan tiki-taka ini semakin kaya raya, hal ini sesuai dengan kinerja mereka di liga dan di pentas liga Champions yang sering mereka juarai. Barca punya fans dengan jumlah yang sangat banyak di dunia, mereka punya sponsor dengan kontrak yang besar, dan berbagai aksesoris tim bisa laku dengan mudah, hal ini membuat keuangan Barca terus meningkat dan membuat mereka menguntit Madrid di posisi pertama.

1. Real Madrid ($ 3,6 M)
Selama hampir 11 tahun berturut-turut Madrid memimpin sebagai tim terkaya di dunia ini, mereka punya segalanya dan bisa melakukan segalanya dengan uang mereka. Pemain bintang bertaburan, pelatih top bergantian, penonton membanjiri stadion, sponsor berdatangan, hak siar laris manis, dan berbagai pemasukan besar yang membuat mereka menjadi tim yang paling kaya raya di dunia ini. Bisnis yang kuat di dalam tim dibarengi dengan prestasi yang baik di lapangan hijau, hal inilah yang membuat mereka menjadi jawara dan belum terkalahkan baik di liga lokal maupun di pentas internasional.

Wirausahakan Updated at: 6:21 AM

0 komentar:

Post a Comment