Inilah Alasan Kenapa Bisnis Anda Sepi Pada Akhir & Awal Tahun

Beberapa waktu yang lalu ketika saya sedang makan di salah satu warung, ada salah seorang sales produk minuman yang menawari pemilik warung untuk mengorder produknya, namun entah kenapa pemilik warung enggan memesan produk dalam jumlah banyak yang akhirnya membuat sang sales agak kecewa. Kemudian sang pemilik warung mengatakan bahwa jualannya sedang sepi pembeli, biasanya dia bisa menghabiskan puluhan produk dalam 1 minggu, namun saat ini penjualannya benar-benar sepi dan menurun drastis.


Pemilik warung itu bahkan bertanya kepada saya "mas jualan lagi sepi yah?", saya jawab aja "faktor mau pergantian tahun kali bu", dan mereka tertawa. Saya bingung, apanya yang lucu dari jawaban saya coba? Usut punya usut ternyata tidak semua pengusaha tahu mengenai efek pergantian tahun ini, mereka masih berfikir bahwa penjualan yang sepi karena faktor lain seperti persaingan usaha, daya beli masyarakat yang menurun, dan hal-hal yang sulit dibahas seperti hal-hal gaib.

Tahukah anda bahwa di akhir tahun tepatnya bulan Desember hingga awal tahun antara bulan Januari hingga Februari bahkan Maret akan terjadi penurunan penjualan produk? Hal ini terjadi karena banyak hal dan ini adalah sebuah kejadian umum setiap tahunnya yang terjadi. Beberapa hal yang menyebabkan sepinya penjualan pada akhir & awal tahun diantaranya adalah :
  1. Konsumen menghabiskan uang mereka di kisaran bulan Oktober-Desember, ini merupakan sebuah penelitian yang dilakukan oleh pakar ekonomi. Banyak orang yang memilih belanja pada akhir tahun karena banyak diskon dan produk cuci gudang, jadi jangan heran kalau pada awal tahun pelanggan anda enggan membeli produk anda, uang mereka belum kumpul lagi gan.
  2. Perusahaan besar mengetahui poin nomor 1, mereka kemudian membuat sebuah promosi yang seakan menghabiskan stok produknya pada akhir tahun, dan mereka tidak buru-buru menyediakan produk baru karena kadang ada perubahan besar di awal tahun.
  3. Banyak perusahaan besar yang membukukan laporan bisnis mereka, sehingga terkadang mereka tidak terlalu aktif dalam bisnis di lapangan. Saat seperti ini banyak perusahaan yang menghitung laba dan laporan bisnis tahunan mereka. Mau tidak mau, yang di bawah juga pasti akan terimbas karena hal ini bukan?
  4. Akhir tahun dan awal tahun banyak digunakan orang untuk berlibur, jadi kalau anda ingin tetap meningkatkan penjualan ada baiknya anda mengikuti trend liburan, misalnya membuka stand di tempat wisata.
  5. Munculnya produk-produk baru yang menyebabkan pelanggan meliriknya dan melupakan produk lama dalam daftar keinginan mereka. Bisa ditebak smartphone apa yang akan muncul di awal tahun 2017 nanti? Tentunya kita akan penasaran dan ingin membelinya, lalu smartphone buruan kita di akhir tahun tentu terlupakan. Untuk menyiasati hal ini, ada baiknya jangan sampai ketinggalan update produk.
Itulah beberapa alasan yang menyebabkan penjualan anda sepi dan menurun pada akhir dan awal tahun, jangan panik juragan, ini hanya siklus ekonomi dunia. Bersabarlah hingga bulan Maret atau April, InshaAllah bisnis akan lancar kembali seperti biasanya.

Wirausahakan Updated at: 11:55 PM

1 komentar: