Mengintip Peluang Bisnis Kuliner Khas Eropa di Tanah Air

Pernah suatu ketika saya jalan-jalan di salah satu mall, dan saya nyasar ke food court yang ada di lantai 3, wah mantap banget tampilannya, sudah mirip pasar kuliner saja namun dengan display tempat yang begitu nyaman dan terkesan mewah. Saya iseng mencoba makan di situ, dan harganya membuat makanannya tidak enak sama sekali, bisa 3 kali lipat dari harga standar yang biasa saya dapati.


Namun dari berbagai makanan yang dimahalkan, nyatanya ada satu-dua makanan yang harganya memang mahal jika dibandingkan dengan makanan lokal. Sebut saja Pizza, Pasta, Spaghetti, Burger, Hotdog, dan lain sebagainya yang merupakan makanan asli dari luar negeri (lebih ke Eropa sono sih). Selain nama-nama kuliner itu, sebenarnya masih ada beberapa lainnya, namun saya sulit mengejanya dan memang tidak tahu (maklum anak kampung).

Setelah saya mencoba makanan di sana, saya turun ke bawah dan hendak ke parkiran, dan ternyata di emperan mall ada juga yang menjual pizza dan burger, waktu saya lihat memang benar harganya tidak terlampau jauh dengan yang ada di atas tadi. Saya pikir memang harganya segitu, jadi mau di atas atau di bawah sama saja mahalnya.

Bagi sebagian besar orang, biasanya mereka belum terlalu mengenal dan tahu tentang makanan khas eropa itu, saya sendiri saja tahu makanan ini dari tv dan internet, dan hanya beberapa kali saja mencobanya. Lidah saya kurang begitu menerima makanan ini, namun entah kenapa meski rasanya kurang cocok, saya masih saja mau membelinya. Mungkin dari faktor gengsi yah, secara itu adalah makanan khas para bule yang kalau di lihat di tv rasanya enak gitu.

Bisnis kuliner khas eropa saat ini banyak sekali tersebar di Indonesia, sebagian besar masih dikuasai nama besar yang membuka cabang franchise-nya di hampir seluruh kota besar di Indonesia (ah kalian tahu pasti nama-nama yang memberikan banyak menu seperti ayam, burger, pizza, dll). Mereka biasanya memang membuka cabang dan mengincar orang-orang dari kalangan menengah ke atas, yah harganya yang mahal sudah membuktikannya.

Untungnya masih banyak tangan kreatif yang membuka peluang usaha ini, banyak juga stand-stand sederhana yang menyediakan makanan khas eropa ini, biasanya harga yang mereka tawarkan jauh lebih murah dan rasanya tidak jauh berbeda. Bisnis ini memang masih terkesan sepi, namun nyatanya sudah banyak pelanggan setia yang suka dengan makanan mereka.

Kalau anda ingin mencoba peruntungan di dalam bisnis kuliner eropa, ada baiknya anda bergabung dengan jaringan yang sudah ada dengan sistem bisnis waralaba, karena biasanya mereka merahasiakan resepnya. Namun kalau anda memang jago memasak, ada baiknya anda membuka sendiri bisnis kuliner yang satu ini, yang penting buatlah sesuatu yang berbeda dengan yang lainnya.

Wirausahakan Updated at: 9:19 PM

0 komentar:

Post a Comment